Published on

startup

4 Kiat menciptakan inovasi produk untuk bisnismu

Tsalis Annisa

cara-menciptakan-inovasi-produk-EKRUT.jpg

Inovasi merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis atau startup. Sayangnya, menciptakan inovasi produk juga bukan perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk dapat menghasilkannya. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang diperlukan oleh suatu startup agar dapat menghasilkan invoasi baru. 

1. Ciptakan budaya kolaborasi

inovasi produk EKRUT
 
Dorong tim untuk lebih banyak menciptakan kolaborasi - EKRUT

Meski sebagian orang tidak nyaman untuk melakukan kolaborasi, nyatanya  sebuah inovasi dapat datang dari kolaborasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah, lingkungan harus terbuka, tidak menghakimi, dan masing-masing anggota mau mendengarkan pendapat yang lainnya. 

Baca juga: 6 Ide games team building untuk bangun kekompakan tim

2. Susun masukan dengan integritas

inovasi produk EKRUT 
Masukan sangat penting untuk menyusun solusi yang solid - EKRUT

Sementara kita bisa belajar dari kegagalan, ide juga membutuhkan dorongan untuk membuahkan hasil. Masukan sangat penting untuk menyusun solusi yang solid agar dapat mengatasi masalah yang dialami pengguna ataupun perusahaan. 

Masukan ini juga harus terbukti kebenarannya, dan langsung dari sumbernya untuk menghindari informasi yang hilang atau diubah. Hindari berpikir bahwa kamu tahu apa yang diinginkan pengguna tanpa bertanya langsung kepada mereka sebelumnya. 

Jadi, pastikan kamu bertanya langsung kepada pengguna, dan mencatat dengan baik masukan tersebut. 

3. Jangan takut gagal

cara menciptakan inovasi untuk bisnis - EKRUT
Agar dapat menciptakan sebuah inovasi, salah satu kuncinya adalah jangan takut gagal dan terus belajar - EKRUT

Inovasi produk terbaik sekalipun dapat berawal dari sebuah kegagalan atau trial and error. Belajarlah dari beberapa kesalahan yang terjadi untuk menghasilkan sebuah produk yang sangat bagus dan berguna.

Perlu diingat bahwa, dengan tidak takut gagal, umumnya seseorang dapat mengambil risiko yang lebih beesar lagi untuk menghasilkan ide-ide baru. 

Jadi, untuk menghasilkan inovasi terbaik, perusahaan startup perlu menciptakan budaya yang memungkinkan timnya untuk gagal. Di mana mereka tidak akan ditegur karena kesalahan mereka tapi didorong untuk terus belajar dan beradaptasi. 

Baca juga: 6 Langkah validasi ide startup yang penting dilakukan

4. Lakukan riset pasar

inovasi produk EKRUT
 
Dalam menciptakan inovasi produk riset pasar juga diperlukan - EKRUT

Tips menciptakan inovasi produk selanjutnya adalah dengan melakukan riset pasar yang mampu memberikan wawasan penting bagi desain produk. 

Tak hanya itu, riset pasar juga akan membantumu untuk memvalidasi ide produk dan membantumu untuk meminimalisir kegagalan dari sebuah produk. Meskipun kegagalan dalam inovasi itu wajar adanya. 

Lewat riset pasar yang benar juga akan membantumu memfokuskan cakupan produk serta peta jalan produk untuk perbaikan di masa depan. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menciptakan inovasi produk untuk bisnis atau startup. Jangan ragu untuk memulainya dengan tim dan bila bisa libatkan masukan dari pelanggan agar inovasi produkmu lebih bermanfaat bagi mereka.  

inovasi produk EKRUT 
Last update 11 October 2020

Sumber: 

  • forbes.com
  • startupmindset.com
  • crowdspring
 

Tags

Share