Technology

Rekomendasi Chrome Extension yang Wajib Kamu Install

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Cover_(Chrome).jpg

Meskipun hanya sesekali, hampir semua orang pernah menggunakan Google Chrome untuk berselancar di internet. Berdasarkan data yang dipublikasi oleh Google Chrome Statistics, web browser satu ini mempunyai 2.65 miliar pengguna di seluruh dunia. Dengan adanya serangkaian fitur yang kuat dan pengintegrasian ke Google, tentunya banyak pengguna internet yang menjatuhkan pilihannya pada web browser satu ini.

Selain karena dua faktor tersebut, Google Chrome juga mempunyai satu keunggulan lainnya, yaitu ketersediaannya dalam menggunakan aplikasi extension. Secara umum, aplikasi extension merupakan fitur atau aplikasi mini tambahan yang bisa diunduh untuk mempermudah pekerjaan penggunanya. Chrome extension yang tersedia pun sangat banyak, jumlahnya sampai menyentuh angka ratusan ribu. Nah, untuk mengetahui aplikasi extension apa saja yang bisa digunakan di Google Chrome, simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Baca juga: NewsGuard, Ekstensi pada Browser untuk Identifikasi Hoax

Rekomendasi Chrome extension yang bisa meningkatkan produktivitas kerja

rekomendasi chrome extension
Chrome extension bisa membantumu meningkatkan produktivitas (sumber: Google)

Supaya produktivitas meningkat dan potensi Chrome bisa dimaksimalkan, coba lihat extension berikut ini, yuk!

1. LastPass

Apakah kamu sering kesulitan mengingat kata sandi? Kalau iya, Chrome extension ini bisa kamu install. Dengan LastPass, kamu bisa menyimpan semua password akun dan situs yang pernah kamu akses di Google Chrome. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengingat semua kata sandi yang boleh jadi berbeda-beda itu. Kamu hanya perlu mengingat satu master password utama untuk mengakses LastPass. Jika kamu sudah meng-install extension satu ini, password akan ditampilkan secara otomatis di situs yang kamu buka. Selain itu, kamu juga bisa berbagi kata sandi dengan anggota tim secara aman. LastPass bisa kamu gunakan secara gratis. Akan tetapi, jika kamu perlu layanan tambahan, kamu bisa berlangganan paket premium atau enterprise.

2. Momentum


Momentum, salah satu Chrome extension yang bisa membantumu (sumber: Google)

Momentum adalah Chrome extension yang membantumu meningkatkan produktivitas dengan cara menjagamu tetap fokus. Ketika membuka tab baru, kamu akan melihat gambar-gambar menenangkan dan quotes inspiratif yang bisa membuatmu semakin semangat ketika menyelesaikan pekerjaan. Selain membantu pikiran lebih rileks, Momentum juga menampilkan to-do-list yang bisa diintegrasikan dengan extension lainnya, seperti Trello dan Google Task. Kamu juga bisa melihat main focus untuk satu hari supaya target harianmu bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Singkatnya, dengan Momentum, pekerjaanmu bisa lebih tertata dan kamu bisa lebih fokus karena tampilan visualnya yang menenangkan.

3. Todoist

Chrome extension satu ini sebenarnya adalah salah satu project management tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur jadwal, mencatat detail pekerjaan, dan membuat daftar tugas. Dengan bantuan Todoist, kamu tidak akan melupakan daftar kegiatan atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan dalam satu hari. Selain menyajikan to-do-list, kamu juga bisa membagikan workload ke anggota tim hanya dengan menambahkan anggota atau membagikan tautan. Kamu pun bisa mempersonalisasikan task-mu sesuai keinginan karena di Todoist tersedia beberapa tema, filter, dan label yang bisa kamu pakai. Tidak hanya itu, extension satu ini juga bisa dihubungkan dengan email atau Google Calendar sehingga workflow-mu bisa lebih terjaga.

Baca juga: Rekomendasi Tools Management Project Terbaik

4. Pocket


Pocket, salah satu Chrome extension yang bisa membantumu (sumber: Google)

Pernahkah kamu menemukan artikel menarik di internet dan ingin membacanya lagi suatu saat nanti? Jika kamu sering mengalaminya, kamu bisa mencoba Chrome extension yang satu ini. Secara garis besar, Pocket membantumu menyimpan artikel, video, gambar, atau tautan yang ingin kamu akses lain waktu. Selain itu, dengan Pocket, kamu bisa memisahkan artikel, video, atau gambar-gambar tersebut berdasarkan kategorinya. Tampilan Pocket juga enak dilihat sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

5. Twitter Print Styles

Kamu pengguna Twitter dan sering menemukan thread lucu atau bermanfaat yang ingin kamu baca lain waktu? Menyimpannya di bookmark dirasa kurang efektif sebab bisa jadi thread tersebut tenggelam karena puluhan cuitan lainnya yang kamu simpan. Untuk mengatasinya, Twitter Print Styles bisa menjadi solusi. Hanya dengan satu kali klik, kamu bisa menyimpan thread sepanjang apa pun ke dalam bentuk PDF yang mudah dibaca. Dengan begitu, bahkan saat offline pun, kamu bisa mengakses utas tersebut.

6. Wordtune


Wordtune, salah satu Chrome extension yang bisa membantumu (sumber: Google)

Menulis atau menyampaikan sesuatu lewat kata-kata memang bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Jika kamu kesulitan dalam menulis, kamu bisa meng-install Chrome extension bernama Wordtune ini. Wordtune merupakan situs berbasis AI (Artificial Intelligence) yang memahami apa yang ingin kamu utarakan. Dengan Wordtune, kamu akan menerima saran pilihan kata, frasa, atau kalimat yang dirasa lebih cocok atau mempunyai nilai emosional sehingga pesanmu dapat tersampaikan dengan lebih baik. Extension dengan warna tema ungu ini bisa digunakan dengan gratis, lho!

Baca juga: 7 Website untuk Cek Grammar Bahasa Inggris, Online dan Gratis

7. Wappalyzer

Wappalyzer akan sangat berguna untukmu jika kamu perlu melakukan riset terhadap kompetitor. Dengan Chrome extension satu ini, kamu bisa mengetahui CMS (Content Management System), payment processor atau sistem keuangan belakang layar, detail perusahaan lengkap dengan kontaknya, dan masih banyak lagi.

8. Awesome Screenshot


Awesome Screenshot, salah satu Chrome extension yang bisa membantumu (sumber: Google)

Chrome extension yang sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna ini sangat membantumu dalam urusan merekam. Jika khawatir tertinggal paparan atau melupakan penjelasan yang penting, kamu bisa merekam layar dan menyimpannya untuk ditonton ulang ketika ada waktu luang. Selain itu, ketika kamu perlu menjelaskan sesuatu ke rekan kerja, kamu juga bisa merekam tampilan layar sehingga penjelasannya semakin mudah dimengerti. Tidak hanya video, kamu juga bisa mengambil tangkapan layar hanya dengan satu kali klik. Hasil screenshot-nya pun bisa kamu anotasi dan bagikan ke rekan kerjamu yang lain. Apabila kamu ingin meng-install extension ini, langsung akses Awesome Screenshot, ya!

9. Auto Highlight

Sedang riset atau membaca artikel dan menemukan bagian penting yang perlu kamu ingat? Daripada ribet mencatat, lebih baik kamu install Auto Highlight. Sesuai namanya, extension satu ini bisa membantumu menandai bagian-bagian penting layaknya menggunakan highlighter pada dokumen fisik. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu meng-install-nya dan mengklik ikon highlighter yang terletak di bagian toolbar ketika menemukan bagian yang ingin kamu tandai.

Baca juga: Mengenal Fitur, Fungsi, dan Kegunaan Adobe Reader

10. Speechify


Speechify, salah satu Chrome extension yang bisa membantumu (sumber: Google)

Ada dokumen meeting yang harus selesai kamu baca dalam beberapa menit? Ada email panjang dari klien yang harus segera kamu pahami maksudnya? Jika tulisan panjang bisa sangat memakan waktu, kamu bisa meng-install Speechify untuk menghematnya. Dengan menggunakan Chrome extension satu ini, teks panjang yang perlu kamu tuntaskan akan dibacakan oleh narator. Selain menerapkan text-to-speech, Speechify juga menyediakan fitur pengaturan suara, kecepatan, dan bisa diakses melalui smartphone. Hebatnya lagi, semua fitur yang tersedia di Speechify bisa diakses secara gratis.

Nah, itulah rekomendasi Chrome extension yang wajib kamu install. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, mayoritas kegiatan atau pekerjaan pasti melibatkan teknologi. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar mencari tahu teknologi atau aplikasi apa saja yang bisa mempermudah pekerjaan.

Selain artikel ini dan artikel lain yang bisa kamu akses di EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • accurate.id
  • merchant.id
  • kompas.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video