Published on

Technology

7 Web untuk Cek Grammar Bahasa Inggris Online dan Gratis

Yohanna Valerie Immanuella

Cover_(4)_(1).jpg

Bahasa Inggris sudah menjadi sesuatu yang mainstream dan sering digunakan untuk berkomunikasi, termasuk di dunia kerja. Bahasa Inggris digunakan untuk berbagai keperluan, seperti urusan administrasi, korespondensi melalui email, sampai penulisan CV. Tingginya penggunaan bahasa Inggris membuat kita harus beradaptasi dan belajar menguasai bahasa internasional tersebut.

Sebagai penutur bahasa Indonesia, wajar saja apabila ada keraguan atau kekhawatiran akan adanya kesalahan grammar sewaktu berbahasa Inggris, terlebih untuk keperluan-keperluan formal. Nah, supaya kamu lebih yakin dan kesalahan dalam grammar bisa diminimalisasi, kamu bisa mencoba rekomendasi website ini. Dengan bantuan ketujuh website pemeriksa grammar ini, kamu bisa mengetahui letak kesalahan dan memeriksa kembali hasil tulisanmu. Yuk, cek rekomendasinya!

1. Grammarly


Website pengecek grammar, Grammarly (sumber: grammarly.com)

Situs web pemeriksa grammar bahasa Inggris satu ini sudah menjadi andalan orang banyak. Selain karena dapat diakses secara gratis, Grammarly juga mempunyai fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Situs satu ini tidak hanya memeriksa kesalahan pengetikan (typo) tapi juga memberitahukan kesalahan tanda baca dan kesesuaian gaya bahasa dengan jenis teks yang ditulis. Grammarly turut memberikan feedback dalam bentuk skor sehingga kamu bisa memperbaiki kembali tulisanmu. Kamu bisa mulai dengan membuat akun jika ingin menggunakan Grammarly. Hal yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah menentukan audiens dan jenis tulisan yang ingin kamu koreksi. Setelah itu, kamu bisa meng-copy paste tulisan yang kamu mau atau langsung mengunggahnya ke Grammarly supaya bisa langsung dikoreksi.

2. Hemingway Editor


Website pengecek grammar, Hemingway (sumber: blog.dundee.ac.uk)

Situs web yang namanya diambil dari penulis kenamaan Amerika, Ernest Hemingway, ini tidak hanya memeriksa kesesuaian grammar tetapi juga memastikan kalimat yang kamu tulis tidak terlalu panjang dan membingungkan. Ketika menggunakan situs web satu ini, kamu biasanya akan menerima rekomendasi adverb atau passive voice supaya kalimatnya lebih bervariasi. Melansir dari Hostinger.com, salah satu tujuan utama Hemingway Editor adalah memfasilitasi penggunanya untuk dapat menyampaikan ide mereka dengan jelas, terlebih bagi penutur pasif bahasa Inggris. Selain menyediakan layanan gratis, Hemingway Editor juga menyediakan layanan berbayar seharga Rp298.000 dengan fasilitas yang lebih lengkap.

3. NounPlus


Website pengecek grammar, Nounplus (sumber: hostinger.com)

Kalau kamu mencari situs web untuk cek grammar bahasa Inggris yang minimalis, gratis, dan sederhana, NounPlus sangat direkomendasikan. Meskipun hasil koreksinya tidak real time seperti dua situs web sebelumnya, NounPlus menyediakan koreksi untuk subjek, predikat, adjektiva, dan memberikan contoh untuk pronunciation sehingga kamu bisa lebih paham. Untuk dapat menggunakan NounPlus, kamu harus mengetik atau meng-copy paste tulisan yang ingin kamu koreksi ke editor box dan klik “check” untuk melihat kesalahan grammar beserta koreksinya. Situs web satu ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi dan bisa digunakan, baik di Android maupun iOS.

Baca juga: 12 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

4. ProWritingAid


Website pengecek grammar, ProWritingAid (sumber: prowritingaid.com)

Selain Grammarly, situs web untuk cek grammar bahasa Inggris satu ini juga cukup populer. Untuk dapat menggunakannya, kamu bisa mencoba free trial selama kurang lebih dua minggu dan melanjutkan dengan paket premium seharga Rp298.000 per bulan. Situs web satu ini tidak hanya memeriksa typo dan ejaan tetapi juga memberitahu apabila ada kata atau frasa yang terlalu sering digunakan. Selain itu, kamu bisa melatih writing skill-mu dengan situs web satu ini karena ProWritingAid juga menyediakan fitur keterbacaan yang bisa menilai tulisanmu.

5. Quillbot


Website pengecek grammar, Quillbot (sumber: quillbot.com)

Berbeda dengan situs web untuk cek grammar lainnya, Quillbot juga dapat digunakan untuk memarafrasakan kalimat. Situs web yang dikembangkan pada tahun 2017 ini mempunyai beberapa fitur yang menarik, seperti pengecekan grammar, editing tools untuk keperluan akademik dan esai, serta plagiarism checker.

6. Microsoft Editor


Website pengecek grammar, Microsoft Editor (sumber: support.microsoft.com)

Microsoft Editor adalah grammar checker yang menjadi bawaan dari Microsoft Office 365. Grammar checker yang bisa diakses secara gratis ini bisa membantumu memeriksa kesalahan pengejaan dan tatanan bahasa. Akan tetapi, jika kamu memerlukan koreksi terhadap struktur kalimat atau alternatif kosakata, kamu perlu membayar subscription. Apabila ingin berlangganan selama satu bulan, biaya yang perlu dibayarkan adalah Rp104.000.

7. SpellCheckPlus


Website pengecek grammar, SpellCheckPlus (sumber: fixthephoto.com)

Situs web satu ini akan tidak hanya memeriksa tulisanmu tetapi juga membantumu memahami seluk-beluk bahasa Inggris. Dengan SpellCheckPlus, kamu bisa memeriksa kesalahan tata bahasa, pengejaan, penggunaan kata yang terlalu berulang, dan kosakata yang tidak cocok digunakan. Untuk dapat menggunakan situs web ini secara gratis, kamu hanya bisa mengoreksi tulisan dengan 2000 karakter. Jika lebih dari itu, kamu diharuskan untuk membayar sekitar Rp298.000.

Baca juga: 10 Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah untuk Pemula

Itu dia rekomendasi website pengecek grammar bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Supaya kemampuan bahasa Inggrismu semakin meningkat, kamu bisa menggunakan situs ini untuk belajar. Cobalah untuk menulis beberapa paragraf dalam sehari dan melakukan pengecekan grammar agar kamu semakin terbiasa dalam menulis. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • hostinger.com
  • becomeawritertoday.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video