Technology

Adobe Reader Adalah: Fitur, Fungsi dan Kegunaannya Beserta 3 Kelebihan-Kekurangannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Pengertian_Adobe_Reader__Fungsi_dan_Kegunaannya_Hingga_Kelebihan-Kekurangannya.png

Adobe Reader adalah salah satu aplikasi yang diproduksi oleh Adobe. Simak pengertian, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Apa itu Adobe Reader?


Adobe Reader adalah aplikasi untuk membaca dokumen PDF - Adobe

Adobe Reader adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan Adobe dengan fungsi membaca, mencetak, dan menandatangani dokumen dengan format Portable Document Format atau lebih dikenal dengan nama PDF.

Adobe Reader sebetulnya bukan satu-satunya perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuka dokumen PDF, tersedia juga aplikasi lain, tetapi Adobe Reader adalah aplikasi pembaca dokumen PDF yang paling populer dan dipilih oleh banyak pengguna.

Adobe Reader tersedia dalam versi software yang dapat dijalankan di perangkat Windows dan macOS. Kini tersedia pula aplikasi Adobe Reader yang dapat digunakan di ponsel pintar berbasis Android dan iOS.

File PDF adalah sebuah dokumen yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang umumnya berisi teks serta berbagai gambar. File PDF sendiri dapat berisi satu dokumen saja atau gabungan dari beberapa dokumen sekaligus.

Untuk menggabungkan file PDF menggunakan Adobe Reader, ikuti langkah berikut ini:

  • Install software Adobe Reader di komputer kamu, kemudian buka Adobe Reader setelah selesai ter-install.
  • Klik Tab Tools yang berada di pojok kiri jendela software.
  • Klik opsi Combine Files untuk menggabungkan file PDF.
  • Setelah itu, klik opsi Add Files untuk menambahkan file PDF yang ingin kamu gabungkan.
  • Jika file yang ingin kamu tambahkan sudah dipilih, klik Combine maka dokumen PDF yang ingin kamu gabungkan sudah selesai disatukan.
  • Simpan dokumen baru tersebut dengan memilih menu File dan klik Save As.

Baca juga: 7 Cara menggabungkan file PDF menjadi satu

Adobe Acrobat Reader memiliki beberapa fitur, seperti:

  • Highlight adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan warna pada kata yang dirasa penting dalam dokumen PDF seperti layaknya sebuah stabilo.
  • Sticky Notes adalah fitur yang berfungsi untuk menambah catatan-catatan kecil di dalam dokumen PDF.
  • Industry-Leading Security adalah fitur yang memberikan proteksi data dan software komputer dari kode asing dengan Protected Mode in Reader.
  • Kualitas tinggi pada layar ponsel, yaitu kualitas dokumen PDF yang tetap bagus dan tidak pecah walaupun diakses melalui ponsel. 
  • Portofolio PDF adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk melihat kumpulan dokumen PDF yang umumnya berupa konten portofolio yang berisi gambar, teks, hingga video. 
  • Pengisian formulir adalah fitur yang memudahkan kamu untuk mengisi dokumen secara langsung melalui komputer seperti saat kamu mengisi formulir cetak. Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah mengisi, menandai, menyimpan dan mengirim formulir secara elektronik berdasarkan formulir yang telah diaktifkan Reader dengan Adobe LiveCycle® ES2 or Adobe Acrobat® software.
  • Comment tool adalah fitur untuk menambahkan komentar atau catatan dengan bantuan Sticky Notes dan Highlighter tool.
  • Flash technology adalah fitur yang membantu kamu melakukan interaksi antar pengguna yang disediakan oleh Adobe Flash® technology.
  • Akses menyeluruh adalah fitur yang memungkinkan kamu melihat data PDF dalam berbagai tipe konten mulai dari gambar, video, hingga data multimedia lainnya.
  • Tools operasi adalah pengatur operasi Reader menggunakan Adobe Customization Wizard, IBM Tivoli, Microsoft System Centre Configuration Manager (SCCM), Microsoft System Center Updates Publisher (SCUP), dan Windows Group Policy Object.
  • Fitur keamanan dari Adobe Reader dibekali oleh JavaScript.
  • Layanan online adalah fitur yang membantu kamu mengakses layanan online melalui Acrobat.com secara langsung dari Reader X. Layanan ini menampilkan informasi seperti cara membuat data PDF, cara berbagi dokumen PDF secara aman hingga cara berbagi layar Reader.

Baca juga: 7 Tips Cara Memisahkan File PDF dengan Cepat dan Mudah

Fungsi dan kegunaan Adobe Reader


Salah satu fungsi Adobe Reader adalah untuk melindungi dokumen dari plagiarisme - Adobe

Pada Adobe Acrobat Reader versi gratis, kamu hanya bisa melihat, mencetak, menandatangani, dan mengomentari dokumen PDF. Sementara pada Adobe Acrobat Pro DC, kamu tidak hanya diberikan akses untuk melihat, mengomentari, mencetak, dan menandatangani dokumen PDF. Kamu juga bisa mengedit teks dan gambar, melakukan scanning, tracking, dan convert PDF menjadi file Word, PowerPoint, dan Excel.

Beberapa fungsi dari Adobe Reader adalah sebagai berikut.

1. Membaca dokumen PDF

Fungsi utama dari Adobe Reader adalah untuk membaca dokumen dengan format PDF yang hanya dapat dibuka menggunakan software seperti Adobe Reader.

2. Menulis dokumen PDF

Tidak hanya membaca dokumen, versi terbaru dari Adobe Reader kini memungkinkan kamu untuk dapat menulis langsung pada dokumen PDF dan menyimpannya kembali ke dalam format PDF.

3. Melindungi dokumen dari plagiarisme

Fungsi lain Adobe Reader adalah kemampuannya untuk melindungi hak cipta dokumen dari plagiarisme atau usaha untuk membajak dan meniru dokumen yang berujung kerugian bagi pembuat asli dokumen. Hal ini disebabkan oleh sulitnya pengubahan atau proses edit dokumen PDF mulai dari isi teks hingga tipografi, style, dan desain dari dokumen tersebut. Sehingga jika kamu ingin membagikan dokumen secara luas tanpa mengizinkan adanya proses editing dokumen, kamu dapat menyimpan dokumen dalam format PDF.

Tidak hanya menghindari plagiarisme, format PDF juga membantu dokumen kamu tetap dalam versi yang sama dengan style yang terakhir kamu buat. Contohnya saat kamu ingin mencetak dokumen, sementara kamu harus memindahkan dokumen dari komputer awal tempat kamu mengerjakan dokumen tersebut. Agar style pada dokumen seperti font atau spasi paragraf tidak berubah, simpan dokumen tersebut dalam format PDF.

Baca juga: 10+ Aplikasi edit PDF gratis terbaik dan mudah untuk digunakan

3 Kelebihan dan kekurangan Adobe Reader


Salah satu kekurangan Adobe Reader adalah seringnya update versi terbaru - Adobe

Adobe Reader tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Adobe Reader

Kelebihan Adobe Reader adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi populer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Adobe Reader adalah aplikasi paling populer yang banyak dipakai pengguna untuk membaca dokumen PDF.

2. Aplikasinya ringan dan mudah digunakan

Adobe Reader adalah aplikasi yang mudah digunakan dan ringan saat dioperasikan, sehingga pengguna tidak kesulitan saat ingin membuka dokumen mereka.

3. Aplikasi global

Adobe Reader adalah aplikasi yang global karena memiliki berbagai kegunaan seperti dapat membaca dokumen, menulis, melakukan verifikasi, membuat tanda tangan, mencetak, menyatukan dokumen hingga melakukan kolaborasi dengan pengguna lain.

Baca juga: 11 Rekomendasi aplikasi PDF terbaik dan gratis 2022

Kekurangan Adobe Reader

Kekurangan Adobe Reader adalah sebagai berikut.

1. Hanya dapat digunakan pada sistem operasi tertentu

Walaupun aplikasinya ringan, sayangnya Adobe Reader hanya dapat digunakan untuk komputer dengan sistem operasi terbaru. Sehingga untuk komputer yang memiliki spesifikasi di bawah standar tidak akan bisa meng-install dan menggunakan Adobe Reader.

2. Update versi terbaru

Adobe Reader adalah salah satu aplikasi buatan Adobe yang memiliki update versi terbaru paling sering. Hal ini membuat sebagian pengguna merasa tidak nyaman karena harus terus-menerus memperbarui aplikasi Adobe Reader mereka, yang berarti mereka harus melakukan instalasi berkali-kali.

3. Memakan banyak memori

Kekurangan yang terakhir adalah Adobe Reader termasuk aplikasi yang memakan cukup banyak memori, sehingga untuk komputer dengan spesifikasi rendah mungkin akan kesulitan membuka aplikasi ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen yang Praktis untuk Digunakan

Itu tadi penjelasan mengenai fungsi dari Adobe Reader. Adobe Reader dapat kamu gunakan secara gratis, tetapi untuk mengakses lebih banyak fitur, kamu perlu membeli versi Adobe Acrobat Pro.

Jika kamu saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • nesabamedia.com
  • liputan6.com
  • adobe.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video