Published on

Careers

Apa Itu CHRP? Sertifikasi Wajib Bagi HR Professional

Anisa Sekarningrum

H1_1._Apa_itu_CHRP__Sertifikasi_Wajib_Bagi_HR_Professional.jpg

Pernahkah kamu mendengar mengenai pelatihan CHRP. Pelatihan ini diperuntukkan kepada profesional HR atau orang yang bekerja di bidang sumber daya manusia. Simak penjelasan mengenai definisi, manfaat, biaya serta bagaimana cara mendapatkan sertifikat CHRP berikut ini.

Apa itu CHRP?


CHRP adalah Certified Human Resources Professional - Pexels

Certified Human Resources Professional atau CHRP adalah program yang dibuat dengan standar tinggi guna menjaga kualitas dan mempersiapkan karyawan Sumber Daya Manusia (SDM) memasuki dunia kerja, baik dalam peran administratif yang dominan atau fungsi SDM kecil seperti Asisten Sumber Daya Manusia, Koordinator Kepegawaian, Staf Sumber Daya Manusia. atau Koordinator Sumber Daya Manusia.

Program CHRP ini terdiri dari tiga segmen yang masing-masing memiliki dua modul yang dipelajari selama 6 bulan. Program CHRP diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sertifikasi HR yang dibutuhkan dalam mengelola tugas-tugas dalam lingkup sumber daya manusia.

Peserta program CHRP diharapkan mampu memahami lingkup kerja manajemen SDM, mampu memahami perubahan paradigma mengenai manajemen SDM terbaru, mampu memahami pendekatan baru yang aplikatif dan memiliki keterampilan dasar yang dapat diterapkan dalam bidang manajemen SDM.

Program CHRP disediakan untuk:

  • HR professional di tingkat pemula
  • Karyawan yang tidak memiliki tanpa latar belakang HR
  • Karyawan yang sudah berprofesi sebagai HR namun belum memiliki kualifikasi yang relevan

Baca juga: Mengenal apa itu HRD beserta 4 perbedaanya di startup dan korporat

Manfaat sertifikat CHRP bagi HRD


Salah satu manfaat program CHRP adalah memperluas koneksi dan relasi - Pexels

Sertifikat CHRP memiliki beberapa manfaat untuk bagian HRD. Beberapa manfaat CHRP adalah sebagai berikut.

1. Pembelajaran baru

Sertifikasi CHRP memberikan banyak pembelajaran dan ilmu baru kepada para peserta untuk dapat mempersiapkan karier mereka di masa depan dan melebarkan karier mereka sebagai HR di sebuah perusahaan.

2. Profesional manajemen SDM

Program CHRP bertujuan untuk menciptakan profesional manajemen SDM yang menguasai teori dan praktik untuk menjalankan berbagai peran sebagai seorang profesional di bidang manajemen SDM.

3. Peningkatan performa dan kualitas kerja

Program CHRP ini membantu kandidat meningkatkan pengetahuan mereka seputar bidang pekerjaan. Dengan begitu, peserta dapat meningkatkan performa dan kualitas kerja mereka untuk tim HR. Dalam jangka panjang, investasi sertifikasi CHRP ini dapat mempengaruhi kualitas dan meningkatkan kinerja tim HRD di kemudian hari.

4. Komitmen terhadap pekerjaan

Program CHRP ini dirancang untuk membantu HRD dan peserta untuk mengenal lebih dalam mengenai pengelolaan sumber daya manusia dengan cara pelatihan langsung menjadi staf HR di perusahaan atau organisasi di mana ia ditempatkan. Dengan begitu, peserta dapat lebih berkomitmen dengan pekerjaannya dan kepada tim HRD.

5. Memperluas koneksi dan relasi

Jumlah alumni program CHRP terus meningkat sehingga menjadi bagian dari keluarga alumni program ini akan membantu personal dan tim melebarkan koneksi dan relasi.

Baca juga: Human Resources: Tugas, Tanggung Jawab, dan 5 Skill yang Wajib Dimiliki

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat CHRP


Setelah menyelesaikan semua proses dan ujian, peserta akan mendapatkan sertifikat untuk pelatihan CHRP - Pexels

Untuk mendapatkan sertifikat CHRP, berikut adalah tahapan yang harus dilewati.

1. CHRP Level 1

Untuk kandidat yang menyelesaikan CHRP level 1, mereka akan melakukan latihan di tempat kerja dengan pengawasan oleh lembaga pelatihan atau pihak di mana mereka ditempatkan. Kemudian di akhir, kandidat harus menyerahkan lampiran laporan mengenai tugasnya di tempat kerja ke lembaga pelatihan.

2. CHRP Level 2

Setelah kandidat berhasil menyelesaikan dua level, maka mereka telah memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi dari Pelatihan Sumber Daya Manusia. Setelah lulus uji kompetensi ujian tertulis dan membuat makalah dengan pembimbing, peserta program CHRP akan mendapatkan sertifikat.

Baca juga: Mengenal Talent Acquisition Specialist beserta tugasnya

Biaya mengambil sertifikat CHRP


Biaya program CHRP tergantung dengan lembaga yang menyelenggarakan program - Pexels

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah salah satu universitas pertama/perintis penyelenggaraan pelatihan sertifikasi Manajemen SDM-CHRP dengan pengalaman puluhan tahun sejak Mei 2006 dan jaminan mutu kualitas pelatihan dengan tim pengajar yang didukung oleh 14 fasilitator ahli.

Unika Atma Jaya memiliki program sertifikasi CHRP dengan biaya sebesar Rp18.200.000 yang dapat dibayar dua kali, dengan catatan pembayaran pertama minimal Rp8.200.000. Namun mulai bulan Juni 2020, CHRP Atma Jaya menyelenggarakan program pelatihan dengan sistem online sehingga biaya tersebut kini dipangkas.

Materi pelatihan terdiri dari 3 blok, yaitu Human Capital Management, Hubungan Industrial, dan Remuneration Management, dengan seluruh spektrum Human Resources tercakup di dalam 37 modul. Pelatihan akan dilaksanakan secara intensif selama sekitar 10 minggu termasuk masa ujian.

Selain Unika Atma Jaya, tersedia juga beberapa lembaga program training swasta dengan besaran biaya sertifikasi CHRP, yaitu Rp6.500.000 hingga Rp10.600.000 tergantung lembaga yang dipilih. Kamu mungkin mendapatkan diskon atau potongan biaya jika mendaftar dalam kelompok atau bersama beberapa orang lainnya.

Meskipun materi atau skema pelatihan di beberapa lembaga mungkin berbeda-beda, namun fokus utama dari pelatihan ini tetap bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai HR mengenai hal pengelolaan sumber daya manusia.

Baca juga: Catat, ini 6 cara menjadi HRD yang baik dan benar

Itu tadi informasi mengenai CHRP. Semoga bisa membantu kamu mendapatkan sertifikat CHRP, ya! Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • linovhr.com
  • atmajaya.ac.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video