Expert's Corner

Human Resources: Tugas, Tanggung Jawab, dan 5 Skill yang Wajib Dimiliki

Published on
Min read
5 min read
time-icon
pexels-alex-green-5699475.jpg

Human resources merupakan pekerjaan yang sudah tak asing di telinga kita. Setiap perusahaan pasti memiliki bagian human resources yang siap membantu dalam tugas perekrutan serta me-manage sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Namun, apakah kamu tahu tugas dan tanggung jawab lainnya yang dimiliki human resources? Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di artikel ini!

Apa itu human resources?


Tak hanya merekrut karyawan, human resources juga memiliki tugas penting lainnya. (sumber: pexels)

Secara singkat, human resources (HR) adalah divisi di perusahaan yang bertugas untuk mencari, merekrut, memberikan pelatihan pada para karyawan, penggajian, hingga mengurus semua keperluan administrasi terkait karyawan. Human resources memiliki peran penting dalam membantu perusahaan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sehingga perusahaan mampu mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih baik.

Segala macam upaya dapat dilakukan oleh para HR agar memiliki kualitas SDM yang berkualitas. Tak jarang banyak pelatihan yang diatur oleh para HR agar para karyawan bisa berkembang dan skill-nya makin meningkat. Dengan begitu, produktivitas karyawan akan semakin meningkat yang nantinya akan membantu memenuhi KPI perusahaan.

Baca juga: Arranger Adalah: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab Beserta 7 Skill yang Harus Dimilikinya

Pentingnya human resources dalam perusahaan


Apa pentingnya HR dalam sebuah perusahaan? (sumber: pexels)

Ada 3 alasan penting mengapa HR penting dalam sebuah perusahaan.

1. Merekrut karyawan terbaik

HR sangat tahu apa yang dibutuhkan perusahaan, sehingga mereka akan memberikan usaha terbaik mereka dalam merekrut karyawan. Departemen HR lebih fokus ke dalam tahap setelah perekrutan seperti mempertahankan karyawan yang baru dan performa karyawan tersebut daripada menghitung biaya dan waktu yang dikeluarkan dalam sebuah proses perekrutan.

2. Fokus terhadap employee engagement

Selain bertugas dalam merekrut karyawan untuk perusahaan, HR juga menjalani peran penting dalam employee engagement. Di sini HR akan memperhatikan kinerja karyawan sehingga mereka bisa memberikan feedback, reward, bahkan training untuk perkembangan para karyawan. Dengan berkembangnya kemampuan karyawan akan berbanding lurus dengan produktivitas kerja mereka.

3. Wawasan meningkatkan perusahaan

Menurut survei CareerBuilder, sebanyak 65% CEO mengatakan bahwa pendapat HR membawa pengaruh besar dalam manajemen perusahaan. Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, departemen HR mempunyai pemahaman yang mendalam mengenai keahlian dan bagaimana karyawan akan bekerja. Departemen HR yang efektif, akan membantu perusahaan agar mendapat yang terbaik dari karyawan, sambil menjaga mereka agar tetap senang.

Baca juga: Concierge Adalah: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta 4 Benefit Layanannya

Tugas dan tanggung jawab human resources


Apa saja yang menjadi tugas seorang HR? (sumber: pexels)

Tugas utama dari seorang HR adalah sebagai berikut.

1. Merekrut kandidat karyawan

Seorang HR harus memahami betul apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka dari itu, HR akan berusaha keras untuk mencari kandidat sesuai dengan kriteria yang dimiliki perusahaan. Tak heran jika HR dalam dunia modern seringkali melakukan strategi “jemput bola” kepada calon kandidat perusahaan di LinkedIn.

Dengan melakukan strategi ini, pekerjaan HR dianggap lebih mudah dibandingkan harus menyortir ribuan bahkan puluhan ribu lamaran yang masuk. Dengan langsung melakukan pendekatan yang sesuai, pencarian kandidat juga akan terasa lebih singkat dan tepat sasaran.

Apakah setelah mendapatkan calon kandidat pekerjaan HR berhenti sampai di situ saja? Tentu tidak, karena mereka akan mendiskusikannya terlebih dahulu dengan para user untuk melanjutkan sesi interview bahkan mengelola budget untuk biaya interview.

2. Mengadakan training

Untuk memastikan karyawan selalu berkembang di selama bekerja di perusahaan, maka HR bertugas untuk memberikan training. Training ini bisa dilakukan saat awal karyawan masuk agar para karyawan bisa menyesuaikan pace pada perusahaan. Tak hanya itu, training bisa di-maintain terus menerus bahkan saat karyawan sudah mulai bekerja agar skill mereka terus meningkat.

3. Manajemen performa

HR akan memantau kinerja setiap karyawan yang bekerja di perusahaan. Maka dari itu, ada kegiatan yang bernama monthly review dan annual review yang nantinya HR dan karyawan akan melakukan 1-on-1. Dalam kegiatan ini, HR akan memberikan input atau kritik bagi karyawan akan kinerja yang sudah mereka lakukan. Biasanya, kegiatan ini akan dibarengi dengan kenaikan gaji tahunan sesuai dengan performa yang mereka lakukan.

4. Kompensasi dan benefit

Siapa yang mengurus kompensasi dan benefit untuk para karyawan? Tentu saja HR. HR bertugas untuk mengatur segala flow cuti dari karyawan agar pekerjaan tetap bisa berjalan lancar. Jangan heran jika cuti seorang karyawan tidak approved karena karyawan melakukan cuti secara bersamaan. Hal ini ditakutkan pekerjaan akan terhambat karena tidak ada yang menggantikan.

Baca juga: Mengenal Profesi Developer, Mulai dari Kualifikasi Hingga Peluang Karier di 2022

5 Skill yang wajib dimiliki human resources


Apa saja skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang human resources? (sumber: pexels)

Ingin menjadi seorang HR yang profesional? Kamu perlu memiliki skill wajib di bawah ini.

1. Skill komunikasi

Skill komunikasi dapat dikatakan skill wajib untuk setiap orang dalam bekerja, namun sebagai seorang HR skill komunikasi harus ditingkatkan. Seorang HR akan banyak menemui berbagai karakteristik manusia sehingga mereka wajib bisa berkomunikasi dan menyesuaikan cara komunikasi mereka.

2. Skill problem solving

Seorang HR yang baik harus memiliki skill problem solving atau dapat menyelesaikan masalah. Seorang HR harus berpikir dan bertindak cepat serta memiliki solusi yang solutif untuk masalah yang terjadi di kantor.

3. Skill manajemen kerja

Seorang HR harus memiliki pengetahuan mengenai manajemen kerja. Hal ini bertujuan agar HR bisa membagi tugas pekerjaan kepada setiap karyawan yang masuk. Walaupun beberapa perusahaan memiliki divisi “traffic”, namun tak jarang HR yang masih bertugas untuk mengatur jalannya pekerjaan agar dapat tersampaikan dengan baik.

4. Skill psikologi

Salah satu syarat menjadi seorang HR adalah seseorang yang berkuliah di bidang psikologi. Hal ini bertujuan agar seorang HR dapat lebih peka dan lebih paham mengenai psikologi manusia.

5. Skill berorganisasi dan berorientasi pada strategi

Skill seorang HR yang paling penting adalah kemampuan berorganisasi dan menyusun strategi yang baik. Seorang HR bertugas untuk mengatur manajemen waktu perusahaan, menyimpan data karyawan, serta data-data penting lainnya. Tak hanya itu, mereka juga dituntut memiliki kemampuan menyusun strategi manajemen yang baik. Mulai dari merancang skema penggajian yang baik, memproses rekrutmen dan pelatihan karyawan. Tanpa strategi yang baik, pekerjaan HR tentu bisa kacau.

Baca juga: Translator atau Penerjemah: Lingkup Kerja, Skill-set, Jenis Hingga 4 Pilihan Profesinya

Berapa gaji human resources?


Berapa gaji human resources? (sumber: pexels)

Walaupun terlihat cuma 1 bagian, ternyata HR memiliki tingkatannya masing-masing dan perbedaan gajinya.

1. HRD level staf

Biasanya dalam level ini HRD level staff melakukan pengelolaan administrasi karyawan, proses rekrutmen, menyeleksi dokumen lamaran calon pekerja, dan administrasi pengupahan. Rata-rata pendapatan yang didapatkan adalah Rp3.000.000 - Rp5.000.000 per bulan.

2. HRD level manajer

Level manajer merupakan level tertinggi dari seorang karyawan HRD, karena memiliki tugas mengawasi jalannya tugas dan fungsi HRD tingkat staf dan supervisor. Biasanya seorang manajer memiliki pendapatan Rp8.000.000 - Rp15.000.000 per bulan tergantung dengan skala besar dan kecilnya perusahaan tempatnya bekerja.

Baca juga: Konsultan Pajak: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab Beserta 4 Skill yang Harus Dimilikinya

Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang HR profesional? Update CV terbarumu dan langsung daftar di EKRUT. Siapa tahu kamu bisa bekerja di perusahaan impianmu!

Sumber:

  • betterteam.com
  • investopedia.com
  • thebalancecareers.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    01 December 2022
    5 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Sandhika_Galih__Dosen_yang_Sering_Ngasih_Ilmu_tentang_Web_Programming.png

    Expert's Corner

    Mengenal Sandhika Galih, Dosen yang Sering Ngasih Ilmu tentang Web Programming

    Anisa Sekarningrum

    17 November 2022
    5 min read

    Video