Technology

Clickbait Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
0-clickbait-adalah.jpg

Apakah kamu pernah tertarik dengan suatu informasi karena judulnya mengundang rasa penasaran? Nah, itu adalah salah satu teknik dalam pembuatan konten yang ditujukan untuk menarik minat audiens supaya melakukan klik suatu artikel. Istilah untuk menyebutnya adalah headline clickbait.

Clickbait yang unik dapat membuat audiens merasa ingin membacanya kemudian memutuskan untuk mengunjunginya. Banyak website atau perusahaan yang menggunakan clickbait untuk meningkatkan konversi kunjungan di internet. Namun demikian, clickbait terkadang memang tidak mudah dibuat dan membutuhkan ide-ide yang unik. Artikel ini akan menyajikan tentang apa itu clickbait, fungsi, dan cara membuatnya.

Apa itu clickbait?

clickbait adalah judul konten
Judul sensasional dalam surat berita adalah contoh clickbait (sumber: pexels)

Clickbait adalah judul konten yang didesain untuk membuat pembaca ingin melakukan kunjungan atau klik pada sebuah hyperlink, terutama website. Dapat dikatakan bahwa clickbait adalah judul sensasional yang dapat membuat orang tertarik untuk membuka tautan gambar, link artikel, gambar, maupun video. Clickbait dapat mendatangkan keuntungan dan bekerja dengan baik dalam mendatangkan pelanggan apabila digunakan dengan benar. Namun demikian, penting untuk dipahami bahwa artikel yang disajikan pun harus memuat informasi secara rinci. Alih-alih menyajikan tujuan mengundang dari headline, akurasi dan kualitas artikel juga harus diperhatikan.

Baca juga: Panduan Membuat Judul Blog yang Menarik dan Contohnya

Fungsi clickbait

clickbait adalah judul konten yang dibuat
Clickbait membuat orang ingin membaca isi berita (sumber: pexels)

Clickbait memiliki relevansi dengan isi konten. Namun, beberapa orang mungkin membuat judul yang cukup menarik meskipun sedikit berbeda dengan isi konten. Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk menarik audiens. Clickbait adalah teknik penciptaan yang memiliki peran apabila digunakan dengan baik dan tidak berlebihan. Ada beberapa fungsi dari clickbait yang berhasil diterapkan dengan baik seperti berikut.

1. Meningkatkan click through rate (CTR)

Clickbait dapat menarik rasa penasaran seseorang sehingga memutuskan untuk klik suatu link. Jumlah klik ini memengaruhi click through rate (CTR) yang merupakan indikator berkembangnya suatu website. Angka CTR yang tinggi menggambarkan bahwa konten yang dibuat relevan dengan kebutuhan audiens.

2. Meningkatkan brand awareness

Clickbait menarik yang relevan dengan isi konten dapat mengundang banyak audiens. Audiens akan mulai percaya bahwa website tersebut menyajikan konten terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Posting yang dibagikan oleh audiens pun dapat memberikan umpan balik yang cukup berpotensi untuk meningkatkan social share. Ini menjadi salah satu indikator bahwa website memiliki konten berkualitas dan orang-orang menyukainya. Potensi social share inilah yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembangkan brand awareness perusahaan atau produk.

3. Bertambahnya jumlah pageviews

Salah satu fungsi penggunaan clickbait adalah membuat audiens tertarik melakukan klik. Dari hasil aktivitas klik ini, jumlah pageviews dalam metrik perkembangan website pun akan meningkat. Selain itu, bagian creator maupun SEO specialist, pageviews menjadi salah satu kunci utama dalam menganalisis perkembangan website. Pageviews adalah total halaman yang telah dilihat oleh audiens dan trafik website. Ini menjadi salah satu indikator bagi mesin pencari bahwa suatu konten dianggap relevan dan direkomendasikan oleh Google untuk muncul di hasil pencarian (SERP).

4. Meningkatkan pendapatan

Tentunya salah satu fungsi lain dari clickbait adalah untuk meningkatkan pendapatan, terutama secara online. Jika kamu mampu membuat audiens penasaran dan isi konten mampu mengundang mereka untuk mengklik, tentunya hal ini akan mendatangkan keuntungan. Transaksi yang dilakukan oleh audiens merupakan salah satu keberhasilan dengan ditandai closing yang tentunya meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. Closing ini dapat berupa kegiatan jual beli dari hasil pembuatan konten yang meyakinkan dan memenuhi kebutuhan audiens.

Baca juga: Landing page: Pengertian, fungsi, jenis, dan 3 contohnya

Cara membuat judul clickbait yang benar

clickbait adalah judul konten untuk pembaca
Clickbait harus relevan dengan isi konten (sumber: pexels)

Mengkreasikan judul clickbait yang baik penting diketahui para pembuat konten demi tujuan meningkatkan minat audiens, baik itu bagi pembuat konten website maupun video. Judul clickbait harus dibuat menarik, tetapi tidak merugikan audiens dan tetap bisa mengundangnya untuk melakukan klik. Berikut beberapa tips cara membuat judul clickbait yang benar.

1. Buat judul yang relevan dengan isi konten

Pembuatan judul yang relevan dengan isi konten memiliki dampak jangka panjang. Judul suatu konten menentukan keberhasilan apakah clickbait yang dibuat termasuk baik dan tidak merugikan audiens. Dalam penerapannya, judul yang menarik dan relevan dengan isi konten akan memberikan rasa puas bagi audiens. Audiens akan merasa bahwa informasi yang diberikan website tersebut dapat dipercaya dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Judul clickbait yang tidak relevan dengan isinya tidak ada bedanya dengan menyebarkan berita bohong. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat judul yang tetap relevan, tetapi cukup menarik untuk membuat audiens melakukan kunjungan atau klik.

2. Pahami emosi pembaca

Saat akan membuat judul konten, kamu dapat terlebih dahulu mempertimbangkan kondisi pembaca saat mencari suatu informasi di internet. Misalnya, ketika seseorang mencari informasi mengenai tutorial dan tidak tahu bagaimana cara memperbaiki suatu barang, kamu dapat membuat judul yang menarik dengan memanfaatkan keadaan tersebut. Salah satu contohnya adalah “Ingin Menurunkan Berat Badan dalam 4 Minggu? Buat Ramuan dari Jahe Ini!” Judul ini dapat mengundang minat pembaca yang benar-benar tertarik untuk menguruskan badan dengan cepat. Namun demikian, informasi yang disajikan dalam konten harus memberikan solusi yang benar-benar dapat dibenarkan dan relevan.

3. Sisipkan angka dalam judul

Menambahkan angka dalam judul memiliki “kekuatan” tersendiri dalam membangun konten. Hal ini cukup menarik dan efektif menarik perhatian pembaca karena orang-orang menyukai hal yang pasti. Contohnya adalah “20 Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Mengatur Finansialmu”. Selain itu, judul yang disisipkan angka juga menyajikan sesuatu secara spesifik. Beberapa referensi juga menyebutkan bahwa menambahkan angka pada judul dapat meningkatkan skor SEO suatu artikel.

4. Gunakan kalimat yang logis

Tidak jarang dijumpai suatu judul artikel yang dibuat dengan maksud supaya clickbait, tetapi justru malah terkesan melebih-lebihkan. Bahkan, judul yang tidak masuk akal dapat membuat citra perusahaan menjadi buruk di mata audiens. Sebagai contoh “Ingin Menurunkan Berat Badan dalam 5 Hari? Begini Caranya!”.

5. Judul clickbait harus dapat dipertanggungjawabkan

Sebelum akhirnya mempublikasikan konten, sebaiknya periksa kembali judul yang telah dibuat dengan isi konten. Pastikan bahwa judul yang dibuat relevan dan tidak mengandung unsur yang merugikan pembaca. Judul clickbait memang ditujukan untuk meningkatkan klik dari pembaca. Namun demikian, relevansi konten sebaiknya tetap dijaga sehingga pembaca tidak kecewa.

Baca juga: 5 Struktur Artikel yang Fundamental dan Membantu Penulisanmu Semakin Terarah

Demikian informasi mengenai clickbait di mana secara umum cukup memiliki peran penting dalam meningkatkan jumlah klik. Clickbait adalah strategi efektif apabila diterapkan dengan baik dan benar serta tidak berlebihan dan dapat dipertanggungjawabkan. Setelah tahu apa itu clickbait, apakah kamu ingin belajar menerapkannya secara langsung?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • daya.id
  • educba.com
  • kompas.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video