Technology

Panduan Membuat Judul Blog yang Menarik dan Contohnya

Published on
Min read
8 min read
time-icon
pexels-plann-4549414.jpg

Jika kamu suka menulis artikel di blog, pastinya kamu ingin tulisanmu dibaca oleh banyak orang. Namun, faktanya terdapat jutaan artikel dengan topik yang sama dengan tulisanmu di artikel. Hal tersebut membuat persaingan dalam penulisan artikel agar bisa menarik pembaca.

Apalagi jika kamu seseorang yang berkarier di bidang penulisan artikel. Banyaknya orang yang klik dan traffic yang tinggi tentunya menjadi tuntutan pada artikel yang kamu buat. Maka dari itu, diperlukan tips dan teknik khusus agar artikelmu lebih menarik untuk diklik dan dibaca.

Selain dari teknik optimasi SEO, daya tarik artikel bisa dimaksimalkan dari isi kontennya, salah satunya dari judul blog. Lalu, bagaimana cara membuat judul blog yang menarik? Berikut ini akan dibahas tentang tips membuat judul blog yang menarik dan tipe-tipe judul blog.

Baca juga: 5 Struktur Artikel yang Fundamental dan Membantu Penulisanmu Semakin Terarah

Tips membuat judul blog yang menarik

seseorang sedang membuat judul blog yang menarik di laptop
Judul blog yang menarik harus tetap ringkas dan jelas (sumber: pexels)

Membuat judul blog yang menarik tidaklah mudah. Banyak yang ingin membuat judul menarik, tetapi malah menjadi clickbait dan tidak sesuai dengan isi artikel. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat judul blog yang menarik.

1. Gunakan bahasa yang jelas dan deskriptif

Ketika membuat judul blog, kamu bisa menggunakan bahasa yang jelas dan deskriptif. Judul deskriptif adalah jenis judul yang umum digunakan karena sederhana dan efektif. Jadi, kamu bisa memilih kata-kata yang bisa menggambarkan isi artikel di benak pembaca. Namun, jika kamu menggunakan judul ini terus menerus, judul artikelmu akan terdengar monoton.

2. Buatlah janji dan tepatilah

Judul artikel yang dibuat harus menjanjikan suatu informasi yang bisa didapat dari isi artikelmu. Kamu bisa membuat judul yang dapat membantu audiensmu menemukan jawaban yang ditawarkan. Judul blog yang baik adalah judul blog yang memberi tahu pembaca bahwa kontenmu akan mendidik dan memberi informasi bagi mereka.

3. Tulis judul yang bisa menstimulus pembaca

Judul yang dapat menstimulus pembaca adalah judul yang dapat menarik perhatian, membuat penasaran, dan terkesan sensasional. Namun, tetap hindari judul blog yang clickbait, karena itu akan memberi kesan hiperbola dan memberikan reputasi buruk. Judul yang kamu buat harus tetap sesuai dengan isi artikel yang kamu tulis. Untuk menstimulus pembaca kamu bisa mengawali judul dengan angka, kata “panduan”, “tips”, atau menggunakan judul berupa pertanyaan.

4. Gunakan keyword SEO secara alami

Keyword SEO adalah hal yang sangat penting bagi para penulis digital. Maka dari itu, ketika kamu membuat judul artikel blog, keyword SEO tidak boleh ketinggalan. Hal itu dikarenakan keyword merupakan kata-kata yang digunakan oleh orang-orang untuk mencari topik artikel yang kamu tulis. Maka dari itu, selalu cantumkan keyword dalam judul artikel dan buatlah agar tetap natural dan efisien di dalam judul.

5. Buat judul tetap ringkas dan efisien

Judul blog yang baik adalah judul yang tetap ringkas, efisien, dan to-the-point. Jumlah rata-rata kata dalam sebuah judul biasanya sebanyak 6-10 kata saja, dengan jumlah karakter sebanyak 50-70. Jika judul yang kamu buat terlalu panjang, akan terkesan bertele-tele dan pembaca kemungkinan akan melewati artikelmu pada mesin pencari.

6. Terhubung dengan target audiensmu

Pembaca artikel tentunya akan memilih artikel yang paling related dengan dirinya, baik dari topik diminati, masalah yang dihadapi, hingga cara penyampaiannya. Maka dari itu, judul blog yang menarik adalah judul yang membuat pembaca merasa related, personal, dan membuat pembaca percaya bahwa isi artikelmu dapat menyelesaikan masalah yang dialami.

Kamu bisa gunakan istilah khusus yang akrab bagi pembaca. Biasanya setiap media memiliki sapaan khusus bagi pembacanya agar terkesan lebih akrab dan personal. Keakraban tersebut dapat menarik perhatian, karena membuat orang merasa nyaman. Selain itu, kamu bisa memilih topik yang relevan dengan pembacamu. Hal tersebut akan membuat pembaca semakin terhubungan denganmu karena merasa related dengan kondisinya.

Baca juga: 7 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

10 Tipe judul blog yang menarik dan contohnya

judul blog yang menarik di layar laptop dan monitor
Salah satu tipe judul blog yang menarik adalah judul berupa pertanyaan (sumber: pexels)

Berdasarkan tips untuk membuat judul blog yang menarik di atas, terdapat beberapa tipe judul blog yang bisa kamu tulis. Berikut ini 10 tipe judul blog yang menarik dan contohnya.

1. Diawali dengan target keyword

Judul yang mengandung target keyword dapat digunakan untuk membedakan artikelmu dengan artikel lain yang serupa. Kamu bisa mengawali judul dengan target keyword, lalu diikuti poin-poin yang akan dibahas. Misalnya, keyword yang kamu targetkan adalah “UMKM adalah”, maka kamu bisa membuat judul “UMKM Adalah: Pengertian, Jenis, dan 3 Kontribusinya bagi Perekonomian”. Kelebihan tipe judul ini adalah to-the-point dan memberikan kepada pembaca tentang gambaran yang dibahas di artikel.

2. Diawali dengan kata “Panduan”

Ketika kamu menulis artikel tentang panduan menggunakan sesuatu atau menyelesaikan suatu kegiatan, kamu bisa menggunakan kata “Panduan” sebagai judul. Kata “Panduan” pada judul akan menjanjikan pembaca bahwa mereka dapat menemukan informasi terkini dan penting tentang suatu topik. Misalnya, kamu menulis artikel untuk mereka yang baru belajar tentang microsoft excel, kamu bisa membuat judul “Panduan Belajar Microsoft Excel dari Pemula hingga Profesional dalam 7 Hari”. Hal tersebut dapat menarik pembaca yang baru belajar microsoft excel untuk membaca artikelmu.

3. Diawali dengan nomor/angka

Selanjutnya adalah mengawali judul dengan nomor atau angka. Judul yang menyebutkan nomor dapat menunjukkan informasi yang terorganisir kepada pembaca dalam format yang dimengerti. Menyertakan jumlah item dalam judul artikel dapat membantu pembaca menentukan berapa banyak informasi baru yang dapat mereka pelajari dengan membacanya. Misalnya, jika kamu ingin menulis tentang rekomendasi podcast di spotify yang harus didengarkan, kamu bisa membuat judul “10 Rekomendasi Podcast di Spotify yang Wajib Didengar Tahun 2022”. Semakin banyak jumlah rekomendasi, biasanya semakin menarik perhatian pembaca.

4. Cara “melakukan sesuatu”

Judul blog yang diawali dengan kata “Cara” menjanjikan kepada pembaca untuk mendapat informasi tentang cara melakukan sesuatu. Sering kali artikel seperti ini diikuti dengan berapa banyak langkah yang harus dilakukan. Biasanya, judul diawali dengan frasa petunjuk, lalu diikuti dengan informasi tentang topik utama artikel. Misalnya, kamu akan menulis artikel mengenai cara membuat sitemap di wordpress dan blogger, maka kamu bisa menulis judul “Cara Mudah Membuat Sitemap di Wordpress dan Blogger”. Judul tersebut menjanjikan pembaca untuk mendapatkan informasi tentang cara mudah membuat sitemap di wordpress dan blogger.

5. Pertanyaan mengapa dan apa

Judul dengan format pertanyaan mengapa dan apa dapat menarik pembaca untuk mengklik artikelmu. Judul tersebut dapat membantu pembaca mendapatkan preview informasi yang dapat mereka dapatkan dengan membaca blogmu. Judul berupa pertanyaan seperti ini bisa digunakan untuk artikel yang menawarkan saran, solusi, atau belajar tentang topik baru. Misalnya, kamu menulis blog tentang alasan Facebook membutuhkan teknologi AI atau kecerdasan buatan. Kamu bisa membuat judul “Mengapa Facebook Membutuhkan Teknologi AI?” Judul seperti itu mengundang penasaran dan menarik pembaca untuk mengklik artikelmu.

6. Infografik

Jika blog yang kamu buat berisi infografik, pertimbangkan untuk menggunakan judul yang membagikan informasi tentangnya. Pembaca mungkin akan mencari artikel yang berisi infografik karena bisa menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami. Misalnya, kamu menulis tentang perusahaan-perusahaan yang menerapkan WFA di Indonesia dan membuatnya dalam infografik. Kamu bisa membuat judul “Infografik: Perusahaan yang Menerapkan WFA di Indonesia”.

7. Kata-kata peningkatan

Tipe judul berikutnya adalah judul dengan menggunakan kata-kata peningkatan. Tipe judul ini cocok untuk artikel yang membantu pembaca mempelajari lebih banyak tentang cara meningkatkan keterampilan. Kata-kata peningkatan dapat menarik perhatian pembaca dan membantu mereka mengenali bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dari membaca artikel. Misalnya, kamu menulis tentang cara untuk meningkatkan produktivitas kerja, maka kamu bisa menggunakan judul “Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Langkah Ini!” Atau kamu menulis tentang cara meningkatkan followers di media sosialmu, maka kamu bisa menulis judul “Dapatkan Lebih Banyak Followers Menggunakan Tools Media Sosial Ini!”.

8. Menggunakan “vs”

Jika kamu menulis artikel yang membandingkan 2 hal untuk membantu pembaca memahami persamaan dan perbedaannya, kamu bisa gunakan “vs” pada judul. Hal tersebut dapat membantu pembaca memberi gambaran tentang sesuatu yang kamu bandingkan. Misalnya, kamu menulis tentang perbandingan tipe pekerja generalis dan spesialis, maka kamu bisa menulis judul “Generalis vs Spesialis: Harus Pilih Mana agar Karier Cemerlang?

9. Kata berimbuhan “Ter-” dan tahun

Kamu bisa menggunakan kata dengan imbuhan “Ter-” pada judul artikel untuk membantu menarik pembaca. Dengan menggunakan kata berimbuhan “Ter-” kamu memberi kesan “paling” pada topik pembahasanmu. Setelah itu ikuti dengan tahun untuk menunjukkan bahwa artikelmu paling update di tahun tersebut. Misalnya, kamu menulis tentang daftar gift TikTok termahal di tahun 2022, maka kamu bisa gunakan judul “Hingga Tembus 8 Juta! Berikut Daftar Harga Gift TikTok Termahal Tahun 2022” Atau jika kamu menulis tentang cara cek pulsa Telkomsel di tahun 2022, kamu bisa gunakan judul “5 Cara Cek Pulsa Telkomsel dengan Mudah Terbaru 2022”.

10. Pengalaman pribadi

Jika artikelmu tentang pengalaman pribadi, kamu bisa menyebutkannya di judul. Hal tersebut dapat membantu pembaca melihat artikelmu berhubungan dengan pengalaman yang mereka alami atau pengalaman yang mungkin bisa mereka pelajari. Misalnya, kamu menulis pengalamanmu menggunakan iPhone 14, maka kamu bisa menulis judul “Pengalaman Menggunakan iPhone 14 dan Kelebihan yang Saya Rasakan”.

Baca juga: Blogger Adalah: Definisi, Skill-set, dan Cara Menjadi Blogger Profesional 2022

Itulah pembahasan tentang tips membuat judul blog yang menarik, serta tipe-tipe judul blog yang menarik dan contohnya. Kamu bisa mulai menerapkannya pada judul artikel yang kamu buat agar mendapat lebih banyak pembaca. Jadi, selamat mencoba!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • indeed.com
  • compose.ly
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video