Published on

Careers

Apa itu company confidential di lowongan kerja? Berikut penjelasan lengkapnya

Natasya Primatyassari

Company-confidential---EKRUT.jpg

Pernah melihat deskripsi pekerjaan yang tidak mencantumkan informasi perusahaannya? Jenis ini disebut iklan lowongan kerja company confidential.

Apa itu lowongan kerja company confidential?

Apa itu lowongan kerja company confidential - EKRUT
Lowongan kerja company confidential tidak menyertakan informasi detail perusahaan - EKRUT

Kasus lowongan kerja company confidential kerap terjadi saat kamu mencoba mencari lowongan kerja di job portal sesuai dengan posisi yang dicari. Namun, apa itu company confidential?

Lowongan kerja dengan tulisan company confidential adalah sebuah iklan pekerjaan untuk tujuan perekrutan, tetapi tidak menyertakan informasi spesifik tentang nama perusahaan atau informasi lengkap perusahaan. Dalam arti, iklan lowongan kerja company confidential ini bersifat rahasia atau anonim. Bahkan dalam beberapa kesempatan, istilah ini juga kerap disebut sebagai blind job advert atau blind job ads.

Umumnya, info lowongan kerja company confidential bentuknya berisi tentang posisi pekerjaan yang terbuka, kota perusahaan berada, job deskripsi, persyaratan, informasi tambahan seperti tipe job, pengalaman, kualifikasi, level karier serta jenis bisnis.

Baca juga: Cara menulis job description dengan tepat

Kenapa perusahaan mencantumkan iklan lowongan kerja company confidential?

Mengapa perusahaan mencantumkan iklan lowongan kerja company confidential - EKRUT
Alasan perusahaan mencantumkan company confidential adalah tidak ingin diketahui - EKRUT

Adanya jenis iklan lowongan kerja company confidential tidak muncul begitu saja. Melainkan hal ini memang terjadi karena beberapa pertimbangan perusahaan, di antaranya:

  • Perusahaan tidak ingin diketahui bahwa mereka merekrut posisi tertentu. Bahkan para karyawannya pun tidak mengetahui hal ini.
  • Pihak manajemen bermaksud untuk menggantikan seseorang atau memecatnya. Namun, keputusan ini terjadi tanpa memberitahu yang bersangkutan terlebih dahulu.
  • Perusahaan tidak ingin berurusan dengan banyaknya kandidat yang menelpon kantor untuk menanyakan terkait lowongan kerja tersebut.
  • Perusahaan tidak ingin kompetitor tahu bahwa posisi tersebut tengah kosong dan dibutuhkan.
  • Tidak ingin agar kandidat mencari tahu terkait posisi yang dibutuhkan melalui karyawan internal.
  • Hubungan antara pekerja dan perekrut non-eksklusivitas. Maksudnya adalah perekrut merupakan pihak ketiga dari perusahaan yang akan menerima pekerja.
  • Status perusahaan masih anak perusahaan yang baru sehingga masih dalam tahap persiapan sebagai startup yang sangat baru.
  • Perusahaan mungkin ingin mengumpulkan data kandidat dalam database mereka. Sayangnya, alasan ini terasa kurang etis.

Dalam beberapa kasus, seperti perusahaan yang dimiliki oleh artis terkenal kerap menggunakan identitas company confidential dalam informasi lowongan kerjanya dengan tujuan untuk benar-benar mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. Di samping itu, juga supaya kandidat bukan berasal dari penggemar fanatik artis yang bersangkutan.

Apakah aman melamar kerja di company confidential?

Apakah aman melamar kerja di company confidential - EKRUT
Salah satu ciri lowongan kerja palsu tidak jelas. Ciri ini mirip seperti lowongan kerja company confidential - EKRUT

Salah satu ciri dari lowongan kerja palsu adalah segala sesuatunya tidak jelas termasuk tidak ditemukan informasi dasar tentang situs perusahaan yang bisa dicari di internet oleh kandidat. Ciri ini persis seperti info lowongan kerja company confidential. Meski begitu, praktik memasang info lowongan kerja dengan status company confidential menjadi hal yang kerap ditemui di job portal.

Hal ini dikarenakan job portal sendiri memang menyediakan pengaturan tersebut, seperti dalam job portal Indeed. Platform rekrutmen tetap akan melakukan penyaringan ketat terhadap perusahaan yang akan beriklan meskipun pada akhirnya tidak memberitahukan kepada kandidat.

Lalu, apakah melamar kerja dengan status company confidential aman? Hal tersebut tergantung dari kandidat apakah ingin mencoba untuk melewatinya atau melamarnya. Berikut beberapa pendekatan yang dapat kamu perhatikan.

  • Periksa nama email orang atau organisasi yang menerima lamaran. Biasanya penerima resume akan menggunakan email perusahaan yang bersangkutan.
  • Periksa ulang deskripsi pekerjaan anonim yang tercantum. Apakah deskripsi pekerjaan yang sama di posting di beberapa job portal atau tidak? Bisa jadi, di job portal lain mencantumkan identitas perusahaan.
  • Perhatikan informasi dengan detail, dimana mungkin informasi ditulis dengan unik.

Contoh perusahaan marketplace teknologi yang berasal dari Indonesia berfokus dalam mencetak talenta profesional di bidang teknologi dan startup atau perusahaan perintis yang menyediakan software kesehatan bagi masyarakat. Deskripsi di atas cukup unik, kamu bisa menyalin deskripsi tersebut di mesin pencari untuk mengetahui kemungkinan perusahaan yang menggunakan deskripsi tersebut.

Jika semua pendekatan ini tidak membuahkan hasil, tetapi deskripsi pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, tidak ada salahnya untuk mencoba melamar di posisi tersebut. Terlebih lagi, bila lowongan kerja company confidential tersebut berada di job portal terpercaya.

Tips melamar pekerjaan di company confidential


Pergunakan kesempatan interview untuk mencari tahu mengenai profil perusahaan - Pexels

Jika kamu tertarik melamar pekerjaan di company confidential, simak tips-tips di bawah ini seperti dikutip dari linovhr.com agar terhindar dari penipuan maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan.

1. Hindari perusahaan yang meminta pungutan uang

Perusahaan resmi tidak pernah meminta kandidat untuk membayar sejumlah uang di muka demi mendapatkan peluang karier tertentu. Sebaliknya, perusahaan yang legal justru harus memberikan gaji sesuai dengan pengalaman dan kontribusimu. Kamu juga harus berhati-hati dengan perusahaan yang meminta informasi pribadi secara detail, misalnya, alamat tempat tinggal atau nomor rekening bank. Sebaiknya segera tinggalkan perusahaan tersebut dan cari lowongan pekerjaan yang lain.

2. Ajukan beberapa pertanyaan

Saat mendapat kesempatan interview wawancara, baik secara tatap muka maupun melalui saluran telepon, biasanya perekrut akan memberikan kesempatan kepada kandidat untuk mengajukan pertanyaan. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari tahu profil perusahaan melalui beberapa pertanyaan hingga kamu merasa yakin.

3. Mencari profil perusahaan di internet

Meskipun perusahaan memasang lowongan pekerjaan secara confidential atau tanpa identitas, kamu masih bisa mengetahui petunjuk perusahaan melalui deskripsi pekerjaan atau profil perusahaan yang dicantumkan. Kemungkinan besar deskripsi tersebut diambil dari visi misi perusahaan atau fokus bisnis perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mendapat sedikit gambaran mengenai reputasi dan kredibilitas perusahaan tersebut.

4. Perhatikan alur rekrutmen

Setiap kandidat yang hendak melamar kerja pasti melalui alur rekrutmen tertentu yang terbagi dalam beberapa tahapan. Jika setelah mengirimkan CV atau resume langsung dinyatakan diterima, kamu perlu waspada karena bisa jadi perusahaan tersebut terindikasi ilegal.

5. Laporkan jika terjadi hal yang tidak jelas

Jika perusahaan meminta kamu untuk melampirkan berbagai dokumen yang tidak semestinya atau meminta kamu untuk bertemu di tempat yang tidak jelas di luar area kantor, segera laporkan perusahaan tersebut ke situs pencari kerja atau forum pencari kerja.

6. Melamar di situs terpercaya

Tips terakhir yang tak kalah penting yaitu melamar di situs terpercaya, seperti EKRUT, karena perusahaan yang berada di dalamnya sudah melalui pengecekan terlebih dahulu dan dapat dipastikan berstatus legal. Tetap berhati-hati jika menerima email yang menyatakan bahwa telah melihat resume kamu dan memintamu untuk melengkapi data tertentu secara daring. Kamu dapat mengonfirmasi kembali melalui telepon ke perusahaan yang bersangkutan untuk memastikan keaslian tawaran pekerjaan tersebut.

Menerbitkan lowongan pekerjaan merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan kandidat. Namun, tidak semua perusahaan berkenan menunjukkan informasi secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Masalah melamar pekerjaan dan cara mengatasinya

Setelah mengetahui pemahaman company confidential, kamu tetap wajib berhati-hati dan selektif dalam mendaftar pekerjaan di lowongan sejenis ini. Dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu, diharapkan kamu dapat menentukan keputusan yang tepat untuk mencoba melamar maupun melewatinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • help.entertainmentcareers
  • hrzone.com
  • avjobs
  • magazine.job-like
  • linovhr.com
  • robertwalters.com
 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
0-buku-pengembangan-diri.jpg

Careers

10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read
0-topik-pembicaraan.jpg

Careers

10 Topik Pembicaraan yang Dapat Kamu Mulai di Tempat Kerja

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read