Published on

Expert's Corner

Concierge Adalah: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab, beserta 4 Benefit Layanannya

Felixitas Yolanda

H1.jpg

Liburan adalah saat untuk bebas dari pekerjaan yang ditunggu-tunggu. Jika sudah liburan, inginnya hanya bersantai dan menikmati destinasi wisata. Namun, ada saja hal-hal yang bisa membuatmu repot saat liburan, seperti mencari transportasi, membeli tiket, reservasi restoran, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kamu memerlukan jasa seorang concierge. Concierge adalah salah satu solusi yang patut kamu ketahui. Sebab, liburan adalah momen yang berharga bagi setiap orang, jadi jangan korbankan waktu dan tenaga untuk hal-hal di atas. Concierge hadir layaknya seorang superhero yang siap membantumu memaksimalkan waktu liburan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu concierge?


Concierge menawarkan jasa asisten pribadi bagi tamu hotel. (Sumber: Pexels)

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah concierge saat menginap di hotel, terutama di hotel-hotel berbintang. Namun, tahukah sebenarnya apa peran seorang concierge? Apa saja yang menjadi tugas-tugas mereka? Selama ini, kamu mungkin sungkan menggunakan jasa mereka karena tidak familiar dengan hal-hal ini.

Dipercaya, istilah concierge sendiri berasal dari bahasa Prancis “comte des cierges” yang berarti “penjaga lilin (keeper of the candles)”. Disebut demikian, karena memang begitulah tugas mereka di Abad Pertengahan. Namun, di era modern tentu saja pekerjaan mereka berubah dan menjadi lebih beragam.

Concierge adalah individu atau perusahaan yang menawarkan jasa asisten pribadi (personal assistance) dengan harga tertentu. Jasa ini termasuk manajemen perjalanan, transportasi, perencanaan liburan, rumah tangga, dan lain-lain. Dengan menggunakan jasa ini, klien dapat menghemat waktu dan tenaga untuk mengurus hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan padahal sebenarnya sangat penting selama liburan.

Baca juga: 7 Tips jitu agar pengajuan cuti disetujui atasan

Tugas dan tanggung jawab concierge


Concierge bisa membantumu merencanakan liburan yang berkesan. (Sumber: Pexels)

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan oleh seorang concierge. Namun, tentunya ada beberapa batasan juga yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan layanan mereka. Simak tugas dan tanggung jawab concierge sebagai berikut.

1. Merekomendasikan tempat wisata

Tidak perlu bingung menyusun rencana liburan, karena concierge bisa membantumu dalam hal ini. Concierge bisa memberikan rekomendasi destinasi wisata, restoran, atau makanan khas yang tidak boleh terlewatkan, juga aktivitas yang sesuai minat tamu hotel. Tidak hanya itu, concierge di beberapa hotel juga bisa menyusun itinerary yang sudah dikustomisasi.

2. Membuat reservasi di restoran, tur, atau tempat-tempat eksklusif

Beberapa restoran ternama mungkin mengharuskanmu untuk memesan tempat terlebih dahulu. Ada pula tur-tur dengan kuota terbatas dan tempat-tempat lainnya yang harus di-booking sebelum bisa kamu masuki. Tidak perlu repot-repot mencari info dan membuat reservasi sendiri karena concierge bisa melakukan hal ini untukmu.

3. Booking hotel dan memesan tiket untuk transportasi

Mencari penginapan tertentu, memesan tiket pesawat, kereta, hingga cruise ship juga bisa dilakukan oleh concierge. Jadi, kamu tinggal terima beres, datang, dan menikmati liburan sepenuhnya.

4. Menjadi tour guide

Ada pula beberapa hotel concierge yang menawarkan layanan sebagai tour guide atau membantu mencarikan tour guide untukmu. Seorang concierge biasanya memiliki pengetahuan luas tentang lokasi setempat sehingga kamu bisa menanyakan banyak hal kepada mereka.

5. Mengorganisir event seperti meeting, pesta, dll

Saat liburan, mungkin ada beberapa acara tertentu yang ingin kamu lakukan, seperti pesta ulang tahun, wedding anniversary, atau dinner romantis. Beberapa hal mungkin tak bisa dilakukan sendiri, terutama jika kamu sedang di negara orang. Concierge bisa membantumu merencanakan semuanya, mulai dari reservasi tempat, memesan makanan, dekorasi, dan lain-lain.

6. Melayani permintaan pribadi lainnya

Selain hal-hal di atas, concierge juga bisa membantu tamu hotel dalam tugas-tugas yang lebih spesifik dan mendetail, mulai dari membeli oleh-oleh, menyiapkan hidangan tertentu, membeli kebutuhan sehari-hari. Tak jarang concierge pun juga melayani permintaan untuk memasang dasi, menyemir sepatu, dan permintaan pribadi lainnya yang akan membuat liburanmu makin berkesan.

Baca juga: 9 Ide liburan akhir tahun di dalam kota yang bisa kamu coba

Model bisnis dari layanan concierge


Concierge kini bukan hanya ditemukan di hotel saja. (Sumber: Pexels)

Bagi individu yang sibuk, layanan concierge pastilah akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dahulu layanan concierge hanya terbatas untuk tamu hotel saja, namun kini model bisnisnya sudah berkembang luas dan bisa dinikmati oleh semua orang untuk berbagai keperluan. Layanan yang diberikan serta target penggunanya juga semakin spesifik.

Yang cukup umum ditemui adalah model lifestyle management, yakni layanan untuk tugas sehari-hari yang tidak bisa dilakukan sendiri. Ini termasuk babysitting, pet sitting, personal shopper, dan lain-lain. Bagi kamu yang sibuk bekerja dan tidak sempat mengurus hewan peliharaan, membeli kado, atau grocery shopping, layanan concierge di sini pasti akan sangat berguna.

Ada pula model bisnis medical concierge yang mungkin masih asing di Indonesia. Dengan membayar biaya per tahun/flat fee, klien akan mendapatkan layanan kesehatan yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih berkualitas. Pasien tidak perlu menunggu atau mengantre lagi, sebab mereka akan mendapatkan layanan prioritas.

Masih ada banyak lagi model bisnis lainnya, seperti travel concierge, chauffeur concierge, wedding concierge, dan lain-lain. Selama ada kebutuhan dari pelanggan dan biaya yang cukup, kamu bisa saja menemukan layanan yang spesifik untuk kebutuhan apapun.

Baca juga: Daftar hari libur nasional 2022 dan cuti bersama, catat tanggal pentingnya untuk ajukan cuti!

4 Benefit menggunakan layanan concierge


Manfaat concierge adalah menghemat waktu dan tenaga saat liburan. (Sumber: Pexels)

Menyewa jasa concierge sebenarnya tidak murah, tergantung pada layanan yang diberikan dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun dengan manfaat yang didapatkan, ini bisa jadi harga yang layak. Lalu, apa saja benefit menggunakan concierge?

1. Menghemat waktu

Manfaat utama dari jasa concierge tentunya adalah menghemat waktu yang berharga. Hal-hal seperti reservasi dan perencanaan terkadang memakan banyak waktu. Dengan bantuan concierge, kamu jadi bisa menikmati waktu liburan dengan maksimal.

2. Menghemat tenaga

Selain menghemat waktu, tentu juga menghemat energi. Tidak perlu lagi mencari info kesana kemari, menelepon sana sini, atau membeli ini itu, karena semuanya sudah dibantu oleh concierge.

3. Mendapat banyak informasi baru atau langka

Staf concierge pastinya akan banyak tahu tentang seluk beluk tempat wisata. Kamu jadi bisa mendapatkan informasi yang mungkin tidak diketahui banyak orang, seperti tempat wisata yang baru buka, restoran yang recommended, tempat belanja yang terlengkap, dan lain-lain.

4. Benefit tambahan atau penawaran spesial

Concierge suatu hotel kadang bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan penawaran menarik untuk melengkapi liburan. Misalnya, diskon di tempat spa, VIP upgrade, voucher belanja, dan lain-lain.

Baca juga: Tour Guide Adalah: Tanggung Jawab, Skill-set, Proyeksi Karier dan Gajinya 2022

Jenjang karier concierge


Jenjang karier concierge. (Sumber: Pexels)

Jabatan tertinggi dari karier concierge adalah director of concierge. Sayangnya, tidak semua hotel memiliki posisi ini. Biasanya, mereka berada di bawah naungan front office manager yang dipegang oleh chief concierge. Lantas, seperti apa perkembangan karier sebagai concierge di masa kini?

Sebagai gambaran, sektor industri perhotelan kini mengalami pertumbuhan hingga 70% di Jakarta, sementara di Bali ada peningkatan hingga 40% sejak bulan Agustus 2021. Umumnya, concierge dibutuhkan di sejumlah perusahaan seperti hotel kelas atas, gedung perkantoran, hingga gedung apartemen.

Baca juga: 5 Ide kegiatan seru merayakan liburan tahun baru

Syarat menjadi concierge


Syarat yang dibutuhkan sebagai concierge. (Sumber: Pexels)

Seorang concierge sudah seharusnya dituntut untuk dapat tampil cekatan, jeli, serta memiliki keahlian dalam memberikan servis yang baik di hadapan para tamu. Jika kamu memiliki wacana untuk berkarier di bidang ini, pastikan kriteria berikut terpenuhi.

1. Penampilan fisik

Concierge adalah profesi yang menuntutmu menjaga penampilan, kebersihan, dan kesehatan diri demi menunjang tingkat percaya diri saat bertemu dengan tamu. Sebagai seorang concierge, kamu harus memiliki penampilan yang menarik, rapi, dan wangi, khususnya saat mengenakan seragam hotel.

2. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting bagi concierge. Sebab, tugasnya adalah berbicara dengan tamu setiap hari sehingga harus mempertahankan pembawaan yang positif dan sikap membantu. Selain menjadi komunikator, seorang concierge juga harus menjadi pendengar yang baik. Dengan menjadi pendengar yang baik, tamu akan mendapatkan pengalaman positif.

3. Menjaga perilaku

Selain penampilan, etiket juga menjadi pertimbangan penting. Kamu dituntut untuk perhatian dan tanggap terhadap kebutuhan tamu. Selain itu, kamu juga harus bisa menjaga hubungan baik pada tamu dan staf yang lain.

4. Memiliki pengetahuan lokal

Sebagai pramutamu, concierge akan dihadapkan dengan beberapa kebutuhan tamu. Untuk mengakomodasinya, concierge bertugas dalam memberikan sejumlah informasi terkait kebutuhan tamu di wilayah geografis sekitar. Penting bagi kamu untuk mengetahui sejumlah restoran terbaik, atraksi menarik, pusat hiburan, serta acara-acara tertentu yang bersifat umum untuk direkomendasikan kepada tamu.

5. Profesionalisme

Concierge harus menjadi representasi dari hotel karena tugasnya yang mengharuskan untuk berinteraksi langsung dengan tamu. Tidak hanya dari gaya berbicara, pakaian, sikap, hingga ketepatan waktu sekalipun menjadi hal yang tidak boleh luput.

6. Skill tambahan

Concierge adalah salah satu profesi di industri perhotelan yang cukup kompleks dan menawarkan jenjang karier internasional. Oleh karena itu, kamu dituntut memiliki skill tambahan seperti kemampuan berbahasa asing, memiliki wawasan yang luas, etika bertelepon, problem solver, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Self Healing Serta Bedanya dengan Self Love, Self Care, dan Self Reward

Nah, dengan informasi di atas, apakah kamu sudah siap untuk liburan berikutnya? Kali ini, kamu bisa memanfaatkan jasa concierge untuk menyiapkan liburanmu. Jangan lupa cari informasi di hotel tempatmu menginap agar kamu bisa menyiapkan bujet yang sesuai, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • feedough.com
  • travel.usnews.com
  • echoinnovateit.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-thisisengineering-3862603_(1).jpg

    Careers

    HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read

    Video