Published on

Careers

7 Tren Content Marketing yang Dapat Kamu Terapkan di Tahun 2022

Nurina Ulfah

H1_content_marketing.jpg

Tanpa kita sadari, di era yang serba digital ini telah merubah banyak hal termasuk strategi pemasaran. Dahulu, pemasaran yang kita kenal adalah pemasaran tradisional seperti brosur, iklan di tv, koran, radio, dan lain sebagainya. Namun, kini strategi pemasaran mencakup hal yang lebih luas dan beragam seperti pada media digital. Oleh karena itu, saat ini kita sering mendengar istilah content marketing atau pemasaran konten. Pengin tahu lebih lengkap apa itu content marketing dan tren di tahun 2022? Simak pembahasannya berikut ini, ya!

Baca juga: 5 langkah penting dalam content marketing

Apa itu content marketing?


content marketing adalah strategi pemasaran konten. (sumber: pexels)

Content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan. Konten ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness.

Selain itu, content marketing yang konsisten dapat membangun dan menjaga hubungan antara brand dengan calon konsumen, konsumen baru, dan konsumen lama.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

7 Tren content marketing di tahun 2022


tren content marketing yang dapat kamu terapkan. (sumber: pexels)

Content marketing selalu menjadi strategi pemasaran yang populer. Perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten yang relevan dapat membantu kamu berinteraksi dan membangun hubungan dengan target pasar. Melalui content marketing, kamu dapat menumbuhkan consumer experience yang positif.

Berikut ini adalah 7 tren content marketing di tahun 2022 yang wajib kamu tahu!

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

1. Mempererat strategi untuk mempertahankan customer

Strategi content marketing akan berhasil apabila memiliki kualitas yang baik. Di tahun 2022, banyak perusahaan yang akan mengoptimalkan strategi demi mempertahankan customer. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbarui UI dan UX dalam konten dan situs, serta mempelajari kebutuhan utama audiens.

2. Memanfaatkan AR/VR dan audio

Tren content marketing yang akan booming berikutnya adalah dengan memanfaatkan AR/VR dan audio seperti visual storytelling. Teknologi canggih ini akan membantu audiens terhubung lebih dalam dengan cerita dan membuat konten terasa lebih menyenangkan. Ketika audiens membaca, melihat, dan mendengar, reaksi emosional mereka terhadap konten tersebut jauh lebih kuat.

3. Membuat sebuah podcast

Podcast telah berfungsi menjadi media content marketing yang memfasilitasi konten yang mendidik dan menarik. Podcast pun sejatinya juga menguntungkan bagi perusahaan. Sebab, biaya produksinya tergolong cukup murah.

Acap kali, konten yang diinginkan audiens adalah topik yang bersifat edukatif. Maka dari itu, perusahaan boleh saja meluncurkan podcast marketing, namun, topik yang diberikan harus tetap informatif dan sesuai dengan tren dalam niche.

Baca juga: 8 Tren digital marketing 2022 yang patut pemilik brand ketahui

4. Mengoptimalkan SEO

Konsistensi dalam search engine optimization atau SEO sangat penting di dunia content marketing. Sebab, konten yang unik, kreatif, dan orisinal akan mengindeks lebih cepat dan berperingkat lebih tinggi.

Oleh karena itu, mengoptimalkan kualitas konten yang terdapat dalam situs akan sangat penting. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik. Kemudian, selalu gunakan keyword untuk mengoptimalkan konten dan pelajari secara saksama tiap update yang diluncurkan oleh Google.

5. Dokumentasi strategi content marketing

Seiring berkembangnya strategi content marketing, sangat penting untuk memiliki rencana yang jelas dan terdokumentasi. Sebab, mendokumentasikan strategi akan membantumu untuk tetap teratur dan efisien. Ini juga akan memudahkanmu untuk berkolaborasi dan membuat strategi berdasarkan evaluasi rencana-rencana sebelumnya.

6. Personalized content

Personalized content atau konten yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan. Strategi ini diperlukan untuk membangun kepercayaan customer sekaligus sebagai cara bagi perusahaan untuk tingkatkan brand recognition. Personalized content membuat customer merasakan betapa spesialnya mereka untuk brand-mu.

7. Menerapkan kemampuan voice search

Menerapkan kemampuan voice search akan menjadi tren kerja di dunia content marketing. Hal ini dipengaruhi oleh kesuksesan sistem Alexa yang dibentuk oleh Amazon. Customer pun terlihat lebih menikmati proses pencarian konten via voice search yang dianggap lebih menyenangkan. Tren ini juga dapat dilihat dari keberagaman Google Assistant dan teknologi Google Home Mini speakers.

Baca juga: 10 Kursus digital marketing paling relevan untuk dicoba

Dengan berkembangnya dunia content marketing, akan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu untuk biaya marketing tradisional. Adanya digital content marketing membuat semua kegiatan content marketing dapat dengan mudah dilakukan dari mana pun.

Itulah tren content marketing yang dapat kamu terapkan di tahun 2022. Jika kamu tertarik berkarier sebagai Content Marketer, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • entrepreneur.com
  • searchenginejournal.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video