Published on

Careers

10 Kursus digital marketing paling relevan untuk dicoba

Maria Tri Handayani

kursus-online-digital-marketing---EKRUT.jpg

Guna menjadi seorang digital marketer andal, penting bagi kamu untuk terus mengasah kemampuanmu. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus digital marketing  yang bisa kamu lakukan di mana saja. 

Alasan mengikuti kursus digital marketing untuk perkembangan karier


Kursus digital marketing mempunyai banyak kelebihan untuk perkembangan karier - EKRUT

Siapa bilang kamu harus sekolah di luar negeri dengan biaya mahal untuk mendapatkan sertifikat digital marketer? Sekarang sudah semakin banyak kursus digital marketing dari berbagai sumber yang bisa memberikan kamu informasi dan pengetahuan mengenai digital marketing.

Berikut adalah beberapa alasan yang dibagikan cgc.ac.in, mengapa kamu harus kursus digital marketing:

1. Waktu kursus yang fleksibel

Jika kamu pergi ke akademi atau sekolah fisik, berarti kamu harus meluangkan waktu, menyisihkan dana, dan sumber daya. Padahal kamu sudah punya jadwal reguler sehari-hari. Tidak hanya itu, kamu juga harus mempertimbangkan mengenai biaya transportasi dan waktu tempuh.

Dengan kursus online, kamu dapat mengeliminasi kemungkinan-kemungkinan di atas, terutama soal waktu. Waktu yang fleksibel dan dapat kamu atur sendiri adalah hal yang paling menarik dari kursus online. Tidak hanya itu, kamu pun dapat mengakses kelas dari mana saja. Sehingga kini, kamu bisa menonton video dan menelusuri materi modul saat menunggu bus atau saat pulang ke rumah dari kantor. 

2. Terus mengikuti perubahan tren terkini

Menjadi seorang digital marketer berarti kamu harus selalu mengikuti dan update soal isu terbaru. Di masa digital seperti sekarang, cara pemasaran tradisional pun sudah berubah menjadi digital dan terus menerus diperbaharui. Sehingga mengetahui cara kerja iklan di media sosial adalah bagian penting dari seseorang yang bekerja di bidang digital marketing.

Untuk dapat mengikuti isu dan perubahan yang terjadi ini, maka mengikuti kursus digital marketing adalah langkah tepat untuk belajar lebih dalam mengenai digital marketing.

3. Pilihan kursus yang beragam

Pada perguruan tinggi, sekolah atau akademi fisik lainnya, ada keterbatasan untuk kamu dalam memilih kelas yang ingin kamu ikuti. Namun berbeda dengan kursus online, yang menawarkan berbagai pilihan kelas yang bisa kamu pilih secara bebas. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih tingkatan yang kamu inginkan tanpa harus memulai dari awal. Sekarang, kamu bisa belajar digital marketing walaupun kamu bukan seorang lulusan kampus ekonomi. 

4. Biaya yang murah bahkan gratis

Ini juga adalah hal penting yang membuat kursus online mempunyai daya tarik lebih, yaitu harga yang murah bahkan gratis. Kamu dapat mempelajari hal yang sama seperti dalam sekolah fisik, namun dengan biaya yang jauh lebih murah. Bahkan banyak juga platform online yang membuka kelas secara gratis. 

Ada juga pilihan dengan biaya tahunan yang memungkinkan kamu untuk mengakses semua kursus yang tersedia. Ingat, waktu belajar kamu kini menjadi lebih efisien karena kamu menghemat waktu perjalanan dan biaya-biaya tambahan lainnya. 

5. Belajar sesuai kecepatan kamu pribadi

Terkadang, ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam memahami sebuah materi, sementara kecepatan kelas harus terus berjalan dengan normal. Hal ini minim terjadi ketika kamu mengikuti kursus digital marketing secara online ini. Kamu bisa belajar secara mandiri dan fokus memahami materi-materi modul tanpa harus memikirkan bahwa kamu menghambat orang lain. 

Banyak juga kursus digital marketing yang tersedia selama satu tahun penuh, sehingga kamu dapat mengakses modul kapan pun sebanyak apa pun yang kamu mau, hingga kamu benar-benar paham dan familiar dengan materi tersebut. 

6. Tidak diperlukan persyaratan yang sulit

Sangat banyak sekali kursus digital marketing yang tidak membutuhkan persyaratan apa pun. Jika pun ada, biasanya hanya soal koneksi internet. Kamu tidak perlu memiliki latar belakang sekolah atau pendidikan di bidang ekonomi untuk ikut kursus digital marketing secara online

Kemungkinan ini lah yang membuat banyak orang ingin mengambil kursus online. Kini kamu dapat belajar topik apa pun tanpa terbatas dengan kemampuan yang sudah kamu miliki. Justru kursus digital marketing tersebut yang akan membantu kamu menambah kemampuan dan keterampilan kamu.

7. Mendapat sertifikat dan menjadi lebih menonjol dibanding orang lain

Setiap kursus digital marketing yang tersedia biasanya memberikan sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan semua materi dan modul yang diberikan serta lulus ujian yang tersedia. Memiliki sertifikat dari kursus digital marketing, terutama dari penyelenggara yang terpercaya seperti rekomendasi di bawah ini akan menjadi nilai tambah bagi diri kamu. 

Kamu akan terlihat lebih menonjol dibanding orang lain, tidak hanya secara berkas tapi yang terpenting adalah secara keterampilan dan pengetahuan. 

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

10 Rekomendasi kursus digital marketing

kursus online digital marketing - EKRUT
Google Digital Garage menjadi alternatif kursus online untuk para digital marketer pemula - EKRUT

Berikut beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang bisa kamu ikuti. 

1. Google Digital Garage - Fundamental of Digital Marketing

Google Digital Garage adalah kursus online gratis yang diluncurkan Google untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang ingin meningkatkan pengetahuan digital tanpa berlangganan. Bila kamu ingin mengasah kemampuan di bidang digital marketing, ada total 26 modul yang bisa kamu ikuti di kelas Fundamental of Digital Marketing dalam Google Digital Garage yang sudah terakreditasi oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe. 

Pilih topik dari modul yang ingin kamu pelajari atau kamu juga bisa menyelesaikan seluruh modul yang ada ada untuk mendapatkan sertifikasi di akhir kursus online. Kursus digital marketing  yang satu ini cocok untuk diikuti oleh para pemula yang ingin belajar digital marketing. 

2. Google Analytics Academy 

Google Analytics Academy
Mengikuti Google Analytics Academy menjadi persiapan tepat sebelum mengambil sertifikasi Google Analytics - EKRUT

Agar kamu dapat menjadi digital marketer yang andal, kamu juga harus memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Google Analytics. Pasalnya, Google Analytics adalah tools yang penting untuk menarik data-data yang kamu butuhkan dalam strategi marketing dan pengembangan bisnis. 

Nah, kamu dapat mengasah kemampuan menggunakan tools Google Analytics dengan mengikuti Google Analytics Academy.  Selain menjadi pilihan kursus digital marketing yang gratis, kelebihan dari Google Analytics Academy lainnya adalah kamu dapat memilih tipe kurus berdasarkan level kemampuan mulai dari pemula hingga pengguna aktif. Ada pula video dan transkrip teks dari video yang dapat memudahkanmu dalam belajar.

Setelah mengikuti Google Analytics Academy kamu bisa mempersiapkan diri untuk selanjutnya mengambil Google Analytics Certification yang akan bisa jadi bagian dari resume kamu di kemudian hari. 

3. HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification 

HubSpot Academy Free Inbound Marketing Certification
Mempelajari inbound marketing dapat membantumu merancang strategi tepat menarik pelanggan - EKRUT

Rekomendasi kursus digital marketing lainnya yang bisa kamu ikuti adalah Inbound Digital Marketing di HubSpot Academy. Sesuai namanya, di sini kamu dapat mengasah kemampuan khususnya dalam hal inbound marketingInbound marketing adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik pelanggan ke produk dan layanan melalui pemasaran konten, pemasaran media sosial, SEO dan branding kohesif. 

Kursus ini terdiri dari 11 modul yang terdiri dari format video dan teks, dengan durasi pembelajaran selama 4,5 jam.  Setelah selesai menyelesaikan kursus online, kamu pun akan mendapatkan sertifikasi dari HubSpot. 

Selain kelas inbound marketing, kamu juga dapat menemukan kelas digital marketing yang berbeda di HubSpot Academy

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

4. Wordstream PPC University 

kursus online digital marketing - EKRUT
Selalu siapkan catatan setiap kali mengikuti kursus online - EKRUT

PPC University adalah kursus digital marketing yang dibuat oleh WordStream, sebuah platform online advertising terkemuka.  Kursus online yang satu ini menawarkan pembelajaran yang dapat mengasah keterampilan terkait PPC dan digital marketing. Kemampuan ini penting kamu miliki terutama agar kamu dapat mengalokasikan anggaran iklan untuk bisnis dengan tepat. 

Ada tiga level pembelajaran di kursus online digital marketing ini. Mulai dari untuk pemula hingga untuk kamu yang sudah mahir. 

5. Kursus digital marketing Social Media Quickstarter

Kursus online digital marketing Social Media Quickstarter
Pelajarilah taktik pemasaran digital untuk media sosial - EKRUT

Jika kamu ingin fokus mengasah kemampuan dalam strategi digital marketing khususnya untuk saluran media sosial, maka kursus online yang satu ini bisa jadi alternatif lainnya. Pasalnya di dalam kursus digital marketing Social Media Quickstarter ini kamu akan diajak untuk mempelajari taktik pemasaran digital untuk Facebook, LinkedIn, Pinterest, Instagram, YouTUbe, Twitter, dan blog. 

Kursus online ini cocok diikuti oleh kamu yang  masih pemula, karena materi yang disajikan terbilang mudah dipahami dengan fokus berupa panduan, cara-cara, glosarium, dan contoh-contoh praktis yang melengkapinya.

Baca juga: 5 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume kamu

6. The Complete Digital Marketing Course - 12 Courses in 1 Udemy 

The Complete Digital Marketing Course - 12 Courses in 1 Udemy
Manfaatkan waktu luang dengan mengikuti kursus online - EKRUT

Jika kamu terbiasa mengikuti kursus online di platform Udemy, maka mengikuti kelas yang satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk semakin meningkatkan kemampuan digital marketing kamu. 

Kursus online  The Complete Digital Marketing yang dirancang oleh Rob Percival dan Daragh Walsh ini membantu pengguna untuk menguasai berbagai konsep dalam digital marketing, mulai dari Google Adwords (PPC), Social Media Marketing, Email Marketing, Google Analytics, SEO, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat mempelajari hal-hal seperti fundamental marketing, riset pasar hingga copywriting.

7. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint
Facebook Blueprint adalah kursus online gratis dari Facebook - EKRUT

Facebook Blueprint menjadi cara yang tepat bagi kamu untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan Facebook dalam dunia digital marketing. Pasalnya, kursus ini diperbarui secara berkala ketika ada fitur atau perubahan baru yang diluncurkan Facebook.  Facebook Blueprint sendiri menawarkan lebih dari 90 kursus dalam berbagai topik seperti memulai advertising, mengukur ad perfomance, mengatur ads, meningkatkan penjualan online, media buying, cara menghasilkan leads, dan lain-lain. 

Kursus yang juga menawarkan ujian sertifikasi ini dapat diikuti mulai dai 15 hingga 50 menit. Yang kamu butuhkan hanya login ke akun Facebook untuk mulai belajar.

8. Reliablesoft Academy

Reliablesoft Academy
Belajar di Reliablesoft, agensi digital marketing yang sudah eksis selama 11 tahun - EKRUT

Reliablesoft adalah agensi digital marketing yang menyediakan jasa SEO dan digital marketing sejak tahun 2002. Di dalam Digital Marketing Full Course yang disediakan oleh Reliablesoft Academy ini kamu akan belajar mengenai dasar-dasar digital marketing, Facebook/Instagram Ads, search engine optimization (SEO), riset kata kunci, konten marketing, email marketing, Google analytics, social media marketing, dan eCommerce SEO.

Setelah menyelesaikan sembilan kelas, 65 modul dan ujian wajib yang tersedia, kamu juga akan langsung mendapat sertifikat digital marketing. 

9. SEMRUSH Academy

SEMRUSH Academy
Belajar digital marketing lewat kursus digital marketing bersama SEMRUSH Academy - EKRUT

SEMRUSH adalah perusahaan dari salah satu alat pemasaran digital paling sukses. Untuk meningkatkan pelayanan bagi para pengguna dan audiens mereka dengan lebih baik, dibuatlah sebuah akademi dengan sejumlah kursus pemasaran digital gratis. Terdapat banyak sekali pilihan kelas di kursus SEMRUSH Academy ini, beberapa disiplin ilmu pemasaran digital tersebut seperti konsep umum dan dasar-dasar SEO, konten marketing, dasar-dasar PPC, affiliate marketing dan social media marketing. 

Tidak hanya topik-topik tadi, ada juga kelas mengenai cara menggunakan SEMRUSH. Materi kursus dibuat dalam bentuk video dan teks yang diajarkan langsung oleh profesional di bidang digital marketing. Estimasi waktu penyelesaian kelas ini beragam mulai dari 30 menit hingga 5 jam, dengan banyak modul mulai dari 2 hingga 34 modul yang bisa dipilih.

Kursus ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Pendaftarannya gratis dan setelah selesai mengerjakan semua materi kursus dan ujian, tentunya kamu akan mendapat sertifikat. 

10. Udacity Digital Marketing Course (Paid with Certification)

Udacity Digital Marketing Course
Belajar tiga bulan di Udacity untuk mendapatkan sertifikat - EKRUT

Kursus pelatihan pemasaran digital premium yang terakhir adalah program Nanodegree Pemasaran Digital Udacity. Untuk menjadi seorang digital marketing dengan kursus ini, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar marketing, strategi dalam membuat konten marketing, social media marketing, social media advertising, search engine optimization (SEO), search engine marketing with Google ads, display advertising, email marketing, menghitung dan memaksimalkan penggunaan Google Analytics.

Estimasi penyelesaian kelas ini adalah tiga bulan dengan waktu belajar 10 jam per minggu. Tidak ada persyaratan untuk mengikuti kelas ini jadi kamu bisa langsung belajar dan setelahnya mendapatkan sertifikat. 

Baca juga: Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Itulah, beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang dapat kamu ikuti. Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan kemampuan diri, terutama di sela-sela rutinitas bekerja di rumah selama masa pandemi Corona ini. 

Dengan mengisi waktu sambil mengasah kemampuan, kamu secara tidak langsung mempersiapkan bekal yang akan bermanfaat bagi perkembangan karier kamu nanti. 

kursus online digital marketing - EKRUT
Last update: 24 May 2021

Rekomendasi video:

Sumber: 

  • socialmediatoday.com
  • buffer.com
  • consultusdigital.com
     

Tags

Share