Published on

Careers

7 Contoh Gambar Ilustrasi beserta Ragam Jenis dan Teknik Pembuatannya

Anisa Sekarningrum

H1_1._7_Contoh_Gambar_Ilustrasi_Beserta_Ragam_Jenis_dan_Teknik_Pembuatannya.jpg

Sebuah ilustrasi adalah gambar yang dibuat untuk menjelaskan sebuah keadaan atau memperjelas teks agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Pada artikel ini kamu akan diberikan penjelasan mengenai ilustrasi, jenis-jenisnya serta contoh gambar ilustrasi.

Apa itu gambar ilustrasi?


Ilustrasi adalah sebuah gambar, foto, lukisan, desain yang berada di buku, karangan atau media lainnya - Pexels

Kata ilustrasi memiliki makna sebuah gambar, foto, lukisan, desain, atau diagram untuk membantu menjelaskan sesuatu contohnya teks dalam buku, karangan, dan sebagainya. Kata ilustrasi adalah serapan dari bahasa Latin “illustrare” yang memiliki arti menjelaskan atau menerangkan. Sumber lain menerangkan bahwa kata ilustrasi berasal dari bahasa Inggris pertengahan akhir yang berarti penerangan atau pencerahan spiritual atau intelektual.

Ilustrasi merupakan salah satu bentuk seni yaitu seni plastik. Menurut Soedarso (1990:1), ilustrasi adalah seni lukis atau seni menggambar yang berlangsung untuk kepentingan lain yang dapat memberikan penjelasan atau penyederhanaan seperti cerita pendek di majalah.

Rohidi (1984:87) berpendapat bahwa ilustrasi yang berkaitan dengan seni rupa adalah sebuah penggambaran atas sesuatu melalui unsur-unsur seni, untuk menjelaskan atau memperindah sebuah teks, sehingga pembaca dapat merasakan secara langsung melalui mata, kesan dan ciri gerak dari cerita tersebut.

Gambar ilustrasi memiliki beberapa fungsi salah satunya untuk menarik perhatian pembaca, sebagai alat untuk mengekspresikan pengalaman dari suatu kejadian atau ekspresi yang diciptakan oleh gambar dan berfungsi sebagai nilai estetis melalui ilustrasi wajah.

Gambar ilustrasi juga berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam memahami sebuah keterangan atau penjelasan dari sebuah teks serta gambaran singkat atas isi teks atau cerita yang ingin disampaikan.

Arifin dan Kusrianto (2009: 70-71) berpendapat bahwa ilustrasi juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Fungsi deskriptif sebagai pengganti sesuatu dengan cara verbal dan naratif menggunakan frasa yang panjang.
  • Fungsi ekspresif sebagai penyampaian atas sebuah ide, perasaan, makna, situasi, dan konsep abstrak yang menjadi nyata.
  • Fungsi analitik dan struktural yang dapat menunjukkan lebih detail bagian demi bagian dari sebuah hal, sistem dan proses.
  • Fungsi kualitatif yang sering digunakan untuk membuat daftar, tabel, grafik, kartun, foto, gambar, sketsa, dan simbol.

Dalam membuat gambar ilustrasi, ada berbagai macam alat yang dapat digunakan mulai dari pensil, pulpen, cat air, cat poster, cat minyak, tinta, pensil warna, krayon, arang, hingga alat digital seperti tablet gambar.

Baca juga: Ilustrator Adalah: Definisi, Peran, Skill Set, dan Proyeksi Karier 2022

Jenis gambar ilustrasi


Beberapa jenis ilustrasi seperti naturalis, kartun, komik, dan karikatur - Pexels

Dalam perkembangannya hingga saat ini, gambar ilustrasi memiliki beberapa varian jenis. Beberapa jenis dari gambar ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Naturalis atau realis

Jenis ilustrasi naturalis atau realis ini sangat sesuai dengan kenyataan yang ada pada sebuah objek, seperti bentuk dan warna, tanpa menambah atau mengurangi imajinasi penciptanya. Contohnya, sebuah gambar pemandangan alam yang digambarkan serupa dengan kenyataannya.

2. Dekoratif

Jenis ilustrasi dekoratif adalah hiasan atau dekorasi atas sebuah objek dengan beberapa bentuk yang disederhanakan atau dilebih-lebihkan dengan gaya tertentu.

3. Kartun

Jenis ilustrasi kartun umumnya identik dengan tampilan yang lucu atau ciri khas tertentu yang menjadi daya tarik, sehingga kartun hampir disukai oleh semua umur terutama anak-anak. Kartun dibuat untuk mendekorasi foto majalah, komik, dan buku anak-anak.

4. Portrait atau buku komik

Jenis gambar berupa komik atau cerita bergambar terdiri dari rangkaian gambar yang diberikan teks agar dapat saling melengkapi dan memiliki alur cerita. Buku komik dapat berupa selembar kertas atau sebuah buku.

5. Ilustrasi naratif

Jenis gambar ilustrasi naratif adalah gambar ilustrasi yang mengandung sebuah cerita. Umumnya, ilustrasi ini berupa beberapa rangkaian gambar atau gambar tunggal yang menceritakan sebuah adegan. Jenis gambar ilustrasi ini dapat disertai teks seperti gambar komik atau tanpa teks seperti pada buku cerita bergambar.

6. Karikatur

Jenis gambar berupa karikatur adalah gambar ilustrasi yang menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan sehingga terlihat lucu, unik, dan terkadang mengandung kritik. Objek karikatur dapat berupa tokoh manusia atau hewan.

7. Sampul buku

Jenis gambar ini digunakan untuk tujuan sampul buku atau majalah. Gambar di sampul buku dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk mengambil buku atau majalah dan membacanya.

8. Vignette

Jenis ilustrasi vignette adalah gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi untuk mengisi halaman kosong pada sebuah majalah atau surat kabar.

9. Karya iptek

Jenis ilustrasi karya iptek ini berfungsi untuk menjelaskan ilmu pengetahuan sehingga gambar ilustrasi karya iptek ini banyak ditemukan di buku-buku ilmu pengetahuan. Kini, ilustrasi karya iptek juga digunakan di media sosial yang dikenal dengan infografis.

Baca juga: Desainer grafis: Tanggung jawab, skill-set, dan proyeksi karier 2022

7 Contoh gambar ilustrasi


Contoh gambar ilustrasi buah - Pexels

Beberapa contoh gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Contoh gambar ilustrasi sampul buku


Contoh gambar ilustrasi sampul buku - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi yang pertama adalah ilustrasi sampul buku yang merupakan komik Tintin. Gambar ini dipublikasikan oleh Girl with red hat.

2. Contoh gambar ilustrasi naturalis


Contoh gambar ilustrasi naturalis - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi berikut ini dipublikasikan oleh British Library. Gambar istana Inggris ini diambil dari buku The County Seats of the Noblemen and Gentlemen of Great Britain and Ireland.

3. Contoh gambar ilustrasi manusia


Contoh gambar ilustrasi manusia - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi selanjutnya adalah ilustrasi manusia yang dipublikasikan oleh Boston Public Library

4. Contoh gambar ilustrasi sketsa


Contoh gambar ilustrasi sketsa - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi ini adalah sebuah sketsa dari menara di New York, Amerika Serikat yang dipublikasikan oleh Luana Azevedo.

5. Contoh gambar ilustrasi komik


Contoh gambar ilustrasi komik - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi selanjutnya adalah gambar komik yang dipublikasikan oleh Erik Mclean.

6. Contoh gambar ilustrasi bunga


Contoh gambar ilustrasi bunga - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi berikut ini adalah gambar bunga yang dipublikasikan oleh The New York Public Library.

7. Contoh gambar ilustrasi hewan


Contoh gambar ilustrasi hewan - Unsplash

Contoh gambar ilustrasi ini merupakan ilustrasi hewan yaitu rubah merah yang dipublikasikan oleh McGill Library.

Baca juga: Prospek Graphic Designer 2022 dan tips membangun kariernya

Teknik menggambar ilustrasi


Salah satu teknik menggambar adalah teknik arsir, siluet, dan sketsa - Pexels

Untuk membuat ilustrasi, ada beberapa teknik menggambar yang dapat kamu lakukan sebagai berikut.

1. Teknik arsir

Teknik arsir merupakan teknik dasar menggambar menggunakan alat dengan teknik lebih menekankan kekuatan atau ketebalan garis sehingga tercipta kesan gradasi atau dimensi pada gambar. Teknik arsir dapat dilakukan dengan pensil, spidol, dan tinta.

2. Teknik linear

Teknik linear adalah teknik menggambar menggunakan garis lurus atau garis lengkung sebagai unsur utama dalam menggambar.

3. Teknik siluet

Teknik siluet adalah teknik menggambar dengan cara menutup seluruh objek gambar dengan satu warna, umumnya warna hitam, agar gambar dapat memperlihatkan siluet.

4. Teknik perspektif

Teknik perspektif adalah teknik menggunakan garis horizontal, benda, dan jumlah titik hilang sehingga menghasilkan gambar tiga dimensi.

5. Teknik dussel

Teknik dussel adalah teknik menggambar menggunakan pensil untuk digoreskan dalam posisi miring agar dapat menentukan gelap dan terangnya objek gambar.

6. Teknik pointilis

Teknik pointilis adalah teknik menggambar menggunakan titik-titik untuk menentukan gelap atau terangnya objek pada sebuah gambar menggunakan pensil atau pena.

7. Teknik aquarel

Teknik menggambar aquarel adalah teknik menggambar bentuk menggunakan media cat air untuk dapat menciptakan sapuan warna yang tipis sehingga terlihat seperti transparan atau tembus pandang.

8. Teknik plakat

Teknik plakat adalah teknik yang menggunakan sapuan warna tebal sehingga dapat menutup gambar dengan hasil yang pekat menggunakan cat poster atau cat air.

9. Teknik sketsa

Teknik sketsa adalah teknik yang umumnya pertama dilakukan dalam menggambar. Umumnya, teknik ini menggunakan media kering seperti pensil untuk dapat meminimalisir kesalahan dan dapat membentuk gambar lebih proporsional.

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Tahapan menggambar ilustrasi


Tahapan awal membuat ilustrasi adalah menentukan ide dan konsep gambar - Pexels

Dalam membuat sebuah ilustrasi, berikut adalah beberapa tahapan atau proses dalam membuat sebuah gambar ilustrasi seperti berikut ini.

1. Menentukan ide dan konsep gambar

Langkah awal dalam pembuatan sebuah gambar ilustrasi adalah menentukan ide dan konsep gambar yang akan dibuat berdasarkan sebuah cerita atau narasi.

2. Menentukan jenis ilustrasi

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis ilustrasi yang akan dibuat. Contohnya, jika hasil akhir yang dibutuhkan adalah sebuah buku komik maka jenis ilustrasi yang akan dibuat adalah jenis buku komik.

3. Menentukan ritme, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan objek gambar

Berikutnya adalah tahap untuk menentukan ritme, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan objek gambar, sehingga pada tahap ini seorang ilustrator harus memperhatikan secara detail sebuah objek dan memperhitungkan semua sisi objek agar menghasilkan gambar ilustrasi yang sesuai.

4. Menggambar sketsa ilustrasi

Setelah semua konsep telah dipikirkan, tahapan selanjutnya dan inti dari proses ini adalah membuat sketsa keseluruhan tentang objek yang akan digambar berdasarkan ide dan konsep dari cerita atau narasi agar tetap sesuai dengan tujuan awal pembuatan gambar ilustrasi.

5. Memberikan warna pada gambar ilustrasi

Terakhir adalah pemberian warna atau penegasan pada sketsa gambar ilustrasi yang telah dibuat. Pada tahap ini, ilustrator juga dapat membandingkan kembali objek gambar dengan jenis ilustrasi yang ingin digambar dan membuat beberapa penyesuaian yang dibutuhkan.

Baca juga: 15 Free image websites yang menyediakan ikon vektor untuk desain

Itulah contoh gambar ilustrasi yang bisa kamu gunakan untuk inspirasi desain yang ingin kamu buat. Kamu ingin menjadi ilustrator? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • imural.id
  • unsplash.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video