Published on

Expert's Corner

Ilustrator Adalah: Definisi, Peran, Skill Set, dan Proyeksi Karier 2022

Natasya Primatyassari

H1_Ilustrator.jpg

Ilustrator menggunakan keterampilan kreatif mereka untuk membuat gambar orisinal untuk keperluan berbagai produk cetak dan digital. Mereka bekerja sama dengan klien dan tim pemasaran untuk mengubah ide menjadi ilustrasi yang menginspirasi.

Apa itu ilustrator?


Ilustrator menggunakan berbagai teknik untuk menciptakan efek tertentu (sumber: freepik)

Dikutip dari careerexplorer.com, ilustrator adalah seorang seniman yang menciptakan gambar dua dimensi untuk berbagai perusahaan dan industri, seperti desain fesyen, buku anak-anak, majalah, situs web, desain teknis, keperluan medis dan forensik, serta periklanan. Ilustrator akan menggunakan berbagai teknik untuk menciptakan efek, seperti penggunaan warna hitam dan putih, kekayaan warna, atau penggunaan cahaya dan bayangan.
 
Agar karier ilustrator dapat berkelanjutan, kamu harus memiliki pemikiran yang artistik dan keingintahuan untuk mempelajari teknologi kreatif. Kamu harus dapat menggambar, melukis, dan menguasai software digital dalam berbagai gaya dan media. Tidak seperti seniman, ilustrator bekerja dengan menetapkan tenggat waktu dan harus selalu berkomunikasi dengan perusahaan dan klien tentang proses dan perkembangan keseluruhan gambar.

Baca juga: 11 Skills Graphic Designer ini wajib kamu miliki agar sukses

Peran dan tanggung jawab ilustrator


Ilustrator sedang membuat konsep gambar sesuai arahan klien (sumber: unsplash)

Sebagai ilustrator, kamu akan berperan untuk merumuskan konsep dan membuat ilustrasi dari kata-kata tertulis, model, ide sketsa, maupun dari imajinasimu sendiri. Dikutip dari betterteam.com, tanggung jawab seorang ilustrator sebagai berikut.

  • Bertukar pikiran dengan tim pemasaran dan desain untuk menghasilkan ide gambar
  • Mempersiapkan dan merancang konsep ilustrasi sesuai dengan arahan klien
  • Menentukan batasan anggaran atau waktu pengerjaan
  • Membuat ilustrasi lengkap dengan menggabungkan lukisan, gambar manual, dan gambar yang dibuat secara digital
  • Penyempurnaan desain gambar menggunakan perangkat lunak ilustrasi
  • Meningkatkan konsep desain menggunakan berbagai warna dan grafis
  • Menambah perspektif pada bentuk desain
  • Memastikan bahwa ilustrasi yang dicetak memenuhi standar warna dan kualitas yang ditentukan

Skill-set yang harus dimiliki ilustrator


Ilustrator harus dapat bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggat waktu (sumber: freepik)

Untuk memulai karier sebagai ilustrator, keahlian yang perlu dimiliki antara lain sebagai berikut seperti dikutip dari betterteam.com dan myskill.id.

1. Keterampilan teknis

Keterampilan dalam menggambar baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak ilustrasi akan sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan ini. Kemampuan memvisualisasikan ide dilengkapi dengan pemahaman nirmana juga akan sangat membantu dalam proses kreatif.

Selain itu, ilustrator juga perlu memiliki sisi artistik dan estetik yang baik agar karya visual kamu semakin menarik. Untuk mendapatkan keahlian tersebut, kamu dapat berlatih sendiri atau mengambil kelas nonformal dengan ilustrator yang lebih berpengalaman.

2. Keterampilan nonteknis

Kreativitas menjadi salah satu aspek penting bagi ilustrator yang mendasari proses berkarya. Namun, di era digital seperti saat ini, kreativitas saja tidak cukup. Seorang ilustrator juga harus dapat membangun jejaring dan memelihara hubungan sosial yang baik dengan klien agar dapat memperluas peluang pekerjaan. Terlebih lagi, kebanyakan ilustrator bekerja secara lepas atau freelancer.

Kemampuan komunikasi juga penting dimiliki oleh ilustrator. Keahlian ini berguna untuk menyamakan persepsi serta menyampaikan ide kepada klien dan tim produksi. Seorang ilustrator juga dituntut untuk dapat bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggat waktu.

Baca juga: 6 Rekomendasi kursus desain grafis online gratis

Jenjang karier ilustrator


Mayoritas ilustrator membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk membangun karier (sumber: freepik)

Dilansir dari prospects.ac.uk, mayoritas ilustrator rata-rata membutuhkan waktu sekitar lima atau enam tahun untuk membangun reputasi dan memiliki penghasilan yang stabil di industri ini. Ilustrator ternama asal Indonesia yang dapat dijadikan inspirasi antara lain Dinda Puspitasari, Katherine Karnadi, Diela Maharanie, Rachel Ajeng, dan Naela Ali.

Meniti karier menjadi ilustrator lepas harus benar-benar disiapkan secara matang. Kamu dapat memulai membangun jejaring dengan klien secara bertahap sembari melakukan pekerjaan berbayar lainnya. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat memutuskan bekerja penuh waktu sebagai ilustrator lepas dan menikmati karier yang telah dirintis. Beberapa ilustrator berhasil menggabungkan ilustrasi dengan pengajaran. Beberapa yang lain mungkin berkembang dari ilustrator lepas menjadi direktur seni di perusahaan penerbit, dan sejumlah kecil lainnya dapat bekerja sebagai agensi untuk ilustrator lain.

Proyeksi karier ilustrator di tahun 2022


Penghasilan ilustrator rata-rata sekitar 5-10 juta rupiah (sumber: pexels)

Saat ini, ilustrasi telah menjadi karier yang sangat kompetitif. Keberadaan media sosial membuat karya para ilustrator dapat dilihat secara global. Selain itu, banyaknya platform yang menyediakan novel digital juga turut membuat profesi dan gaji ilustrator terus menanjak. Sebagian besar ilustrator terus mengembangkan estetika desain yang berbeda sehingga karya mereka semakin menonjol dan memiliki ciri khas tertentu.

Dikutip dari learn.org, Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat memproyeksikan bahwa pekerjaan untuk kerajinan dan seniman, termasuk ilustrator, akan tumbuh sebesar 1% dari 2018-2028. Sementara itu, permintaan ilustrator medis semakin diminati karena pertumbuhan dalam penelitian medis.

Berbicara mengenai pendapatan, kisaran gaji ilustrator di Indonesia menurut inews.id antara Rp5 juta hingga Rp10 juta sesuai dengan pengalaman dan tanggung jawab pekerjaan. Jika gambar atau desain dibeli oleh pihak asing, penghasilan ilustrator bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Sebagai contoh, ilustrator Webtoon, salah satu platform komik digital dari Korea Selatan, bisa digaji mencapai Rp10 juta per episode.

Baca juga: 8 Pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial

Nah, itu tadi seluk-beluk mengenai profesi ilustrator. Selain artikel di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai investasi, pengembangan karier, dan teknologi melalui artikel-artikel yang ada di EKRUT Media. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kesempatan mengembangkan karier sesuai dengan minatmu, hanya dengan sign up melalui EKRUT. Sambut kesempatan tersebut sekarang juga!

Sumber:

  • careerexplorer.com 
  • betterteam.com 
  • myskill.id 
  • prospects.ac.uk
  • learn.org
  • inews.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1-Ketahui_Perbedaan_Efektif_dan_Efisien_Serta_Contohnya.jpg

    Careers

    Ketahui Perbedaan Efektif dan Efisien Serta Contohnya

    Lita Lia

    27 June 2022
    5 min read

    Video