Lainnya

17 Contoh Iklan Produk Terbaik yang Berasal dari Indonesia dan Luar Negeri

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

17_Contoh_Iklan_Produk_Terbaik_yang_Berasal_dari_Indonesia_dan_Luar_Negeri.jpg

Iklan merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Strategi tersebut merupakan media yang efektif untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Tidak hanya itu, melalui iklan kamu bisa menciptakan brand image yang dapat menarik perhatian konsumen dan memperluas pasar.

Oleh karena itu, perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan iklan yang kreatif agar dengan cepat dapat mengambil hati konsumen. Perusahaan biasanya menyiapkan bujet yang tidak sedikit dalam pembuatan iklan hingga proses distribusinya. Jika kamu ingin memberikan kesan yang mendalam pada iklan, perhatikan beberapa contoh iklan berikut ini sebagai referensi.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Mengenal iklan produk beserta platform distribusinya


Pendistribusian iklan dapat dilakukan di berbagai macam media. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari liputan6.com, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Untuk membuatnya dengan baik, kamu perlu memperhatikan berbagai aspek, seperti pengambilan video, desain gambar, audio, serta teks. Iklan yang kreatif dapat membuat penonton atau pendengar merasakan keunikan tersendiri tentang produk kamu. Iklan yang baik dapat membantu kamu membangun brand awareness, meningkatkan citra produk, dan membuat produkmu lebih menonjol.

Menetapkan tujuan iklan juga sangat penting dalam pemasaran, terlepas dari bagaimana cara kamu menjalankan kampanyenya. Iklan sendiri dapat didistribusikan dengan berbagai macam cara, seperti televisi, radio, baliho, dan majalah. Selain itu, internet yang kian berkembang juga sangat berpengaruh pada pendistribusian iklan. Kamu bisa melakukan promosi iklan dengan akses yang lebih mudah melalui berbagai macam media sosial dan situs online.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif di Tahun 2022

10 Contoh iklan produk terbaik Indonesia


Indonesia memiliki banyak contoh iklan produk yang berkesan. (Sumber: Pexels)

Untuk membuat iklan yang baik dan tepat sasaran, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Nah, sebagai referensi, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu contoh iklan terbaik di Indonesia berikut ini.

1. Indomie

Contoh iklan produk pertama adalah Indomie yang merupakan salah satu jenis mi instan terlaris di Indonesia. Selain tagline "Indomie Seleraku" yang sudah sering kamu dengar, Indomie mengeluarkan iklan menarik lainnya. Untuk menyambut bulan Ramadan, Indomie menghadirkan iklan dengan menampilkan piring kosong. Bungkus dari produk Indomie pun turut diubah dengan gambar piring kosong.

2. Sunlight

Sunlight merupakan salah satu contoh iklan produk yang sering dijumpai. Tagline yang pastinya kerap kamu dengar adalah "Bersih Bersinar, Sunlight". Dalam iklan Sunlight juga memberikan penjelasan tambahan seperti, dapat membersihkan secara total tanpa sisa bahan kimia, serta menampilkan kemasan ekonomis dengan harga Rp1000.

3. Ramayana

Toserba Ramayana merupakan contoh iklan produk yang ikonik dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan cara pengemasan iklan yang sangat kreatif dan lucu hingga berhasil menarik banyak perhatian. Jalan cerita yang apik ditambah dengan lagu dan lirik yang menarik dibawakan oleh grup Kasidah membuat iklan Ramayana sangat berkesan.

4. Indoeskrim Nusantara

Dengan setting zaman dahulu dan dibumbui oleh aspek kekinian, contoh iklan produk Indoeskrim Nusantara berhasil menarik perhatian penonton. Adegan-adegan yang unik dan lucu dengan cepat menjadi buah bibir masyarakat dan viral di media sosial.

5. Pocari Sweat

Pastinya kamu pernah mendengar tagline "Jaga Cairan Tubuh" yang dimiliki oleh Pocari Sweat, bukan? Nah, brand ini selalu memberikan contoh iklan produk yang menarik, salah satunya dengan menampilkan animasi 2D bergaya anime. Iklan animasi tersebut dilakukan untuk mempromosikan ajang Bintang SMA 2020, yang mana ajang pencarian bakat siswa SMA. Iklan berdurasi 60 detik ini, memberikan image yang fresh sesuai dengan produknya.

6. Wardah

Contoh iklan produk berikutnya adalah Wardah yang memiliki slogan "Inspiring beauty". Wardah merupakan salah satu produk kecantikan lokal Indonesia yang memiliki banyak konsumen. Hal ini juga dikarenakan iklan yang mereka berikan selalu menonjolkan kecantikan Indonesia dan produk yang dipastikan kehalalannya.

7. Teh Botol Sosro

"Apa pun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro" merupakan slogan yang pastinya pernah kamu dengar. Baik dalam iklan dalam bentuk gambar maupun video, Teh Botol Sosro memberikan penjelasan seperti menggunakan gula dan teh seratus persen asli. Contoh iklan produk ini berhasil menarik konsumen dengan sukses.

8. Yakult

Contoh iklan produk lainnya yang membekas pada konsumen adalah Yakult. Hal ini tentunya tidak luput dari slogan "Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari". Dengan tagline tersebut, Yakult berhasil menarik minat pembeli. Yakult juga memberikan penjelasan mengenai kandungan dan manfaatnya dengan baik pada setiap iklannya.

9. Kusuka

Kusuka merupakan merek makanan ringan yang dapat kamu temukan di berbagai minimarket. Contoh iklan produk keripik singkong ini menekankan pada perpaduan cita rasa yang unik dan pastinya cocok menjadi teman nongkrong di waktu santai.

10. Gojek

Gojek merupakan salah satu perusahaan yang memiliki berbagai iklan menarik untuk tiap produknya, dari mulai gofood, gosend, juga goride. Contoh iklan produk Gojek ini dapat kamu temukan di berbagai platform, seperti televisi dan media sosial. Iklan-iklan tersebut berhasil menarik perhatian konsumen dan tidak jarang menjadi viral karena keunikannya.

Baca juga: 10 Strategi promosi penjualan yang efektif dalam bisnis saat ini

7 Contoh iklan produk terbaik dari luar negeri


Contoh iklan produk luar negeri pun tidak kalah menariknya. (Sumber: Pexels)

Tidak hanya di Indonesia saja, kamu bisa mendapatkan contoh iklan produk yang menarik, kreatif, dan inovatif dari luar negeri. Berikut ini beberapa contoh iklan produk terbaik dari luar negeri.

1. Nike

Nike terkenal dengan slogan, "Just Do It" yang diluncurkan sekitar tahun 1980-an. Penjualannya pun meningkat lebih dari 8 miliar dolar dalam 10 tahun. Contoh iklan produk ini telah sukses memotivasi pelanggan untuk berolahraga. Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan suatu brand adalah memecahkan masalah pelanggan, Nike berhasil melakukan ini. Saat ini, Nike diakui sebagai salah satu produsen produk olahraga terbaik di pasar.

2. McDonald's

Contoh iklan produk kreatif yang tidak boleh terlewat adalah McDonald's. Ide dua lampu ditempatkan di atas papan iklan untuk membuat logo perusahaan bersinar, menggambarkan bahwa McDonald's buka di malam hari. Iklan ini sangat kreatif dan hanya ditampilkan di malam hari.

3. Coca Cola

Salah satu contoh iklan produk terbaik lainnya dimiliki oleh Coca Cola. Kampanye "Share a Coke" yang dimulai Coca Cola pada tahun 2011 terbilang viral. Penggemar iklan tersebut cukup besar, konsumen juga dapat mencetak nama yang diinginkan pada botol. Hal tersebut adalah contoh iklan produk sempurna yang melibatkan audiens.

4. Colgate

Dalam iklannya, Colgate menunjukkan seberapa kuat gigi kamu seharusnya dan bagaimana cara merawatnya. Contoh iklan produk ini memiliki tujuan edukatif yang mana ditampilkan pula hal-hal membahayakan untuk gigi dan cara pencegahan. Colgate menciptakan kesadaran pada konsumen. Kamu bisa menarik perhatian pelanggan dengan memberikan informasi yang mendidik.

5. Heinz

Untuk mempromosikan saus tomat, contoh iklan produk ini memiliki pendekatan inovatif yang menarik dan efektif. Perusahaan ini membuat bentuk dasar saus tomat dengan menggunakan irisan tomat yang berbeda. Hal ini untuk menunjukkan bahwa produk Heinz menggunakan tomat murni. Langkah ini dinilai sebagai cara kreatif untuk meningkatkan brand awareness.

6. Always

Contoh iklan produk yang berhasil meningkatkan perhatian konsumen adalah Always dengan slogan #Likeagirl. Perusahaan itu menargetkan mitos kesenjangan gender yang ada di masyarakat. Dalam iklan tersebut diperlihatkan bahwa baik laki-laki maupun perempuan dapat bermain olahraga apapun. Selain meningkatkan penjualan, kampanye ini juga berhasil mengembangkan citra perusahaan.

7. Google

Google memulai search campaign pada tahun 2017, mengenai kata kunci yang paling banyak dicari di Google dalam 12 bulan. Contoh iklan produk ini membangun keterlibatan dengan penonton. Hal tersebut menunjukan bahwa mereka peduli dengan penggunanya.  Membuat pengguna merasa spesial dengan melibatkan pengguna secara langsung merupakan salah satu cara terbaik yang dilakukan Google.

Baca juga: Ini 8 Strategi Digital Marketing yang Tepat untuk Bisnismu

Contoh iklan produk di atas dapat kamu jadikan referensi dalam membuat promosi yang unik dan menarik. Iklan dengan target yang baik akan membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang tepat. Selain itu, juga memungkinkan konsumen untuk melihat fitur produk yang kamu tawarkan dengan lebih jelas.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • liputan6.com
  • merahputih.com
  • marketing91.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video