Published on

Expert's Corner

10 Strategi promosi penjualan yang efektif dalam bisnis saat ini

Sylvia Rheny

10_Strategi_promosi_penjualan_yang_efektif_dalam_bisnis_saat_ini.jpg

Strategi promosi adalah kunci untuk memposisikan brand yang kamu miliki di market, membuat orang mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dengan memilih brand milikmu.

Dalam artikel ini, akan mendalami apa itu strategi promosi, cara menentukan strategi promosi, dan strategi promosi yang cocok untuk bisnis. Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Apa itu strategi promosi?

Apa itu strategi promosi?
Strategi promosi adalah metode untuk mempromosikan suatu produk. (Sumber: pexels.com)

Dilansir dari website MBA Skool, strategi promosi adalah metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengiklankan, mempromosikan, dan menjual barang-barang mereka. Sebuah perusahaan memilih strategi promosi berdasarkan faktor-faktor seperti jenis produk, anggaran pemasaran, target audiens, dll.

Strategi promosi adalah kegiatan penting untuk meningkatkan kesadaran produk sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dengan menerapkan strategi promosi yang efektif, perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Strategi promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran. Strategi promosi ditentukan oleh rencana dan taktik dalam marketing plan untuk meningkatkan suatu permintaan produk atau layanan. Strategi promosi berkutat pada beberapa hal seperti:

  • Target audiens: untuk siapa produk atau layanan ditujukan dan apa minat mereka.
  • Budget: berapa banyak uang yang bersedia untuk kamu keluarkan untuk promosi.
  • Action plan: strategi apa yang kamu pakai untuk mencapai tujuan dan menghasilkan penjualan.

Baca juga: Brand Marketing: Pengertian, gaji, skills, tools & KPI

Bagaimana cara menentukan strategi promosi?

Bagaimana cara menentukan strategi promosi?
Pahami produk dan target audiens sebelum menentukan strategi promosi. (Sumber: pexels.com)

Saat menentukan strategi promosi, pikirkan tentang fitur produk atau layanan yang paling unggul dan menarik, kemudian mulailah membuat plan dari sana. Berikan highlight pada fitur spesial tersebut di depan audiens. Berikut adalah beberapa cara menentukan strategi promosi:

  • Tetapkan tujuan promosi sehingga memiliki gambaran realistis tentang tujuan yang ingin dicapai.
  • Tetapkan anggaran untuk membantu menentukan memprioritaskan.
  • Tentukan audiens target untuk mengetahui pendekatan yang akan digunakan dalam kampanye.
  • Pilih jenis promosi yang paling efektif dan sesuai dengan tujuan dan anggaran.
  • Mulailah kampanye untuk menyampaikan key message.
  • Ukur hasil kampanye secara teratur untuk melihat apa yang perlu diubah.

Baca juga: Mengenal strategi growth hack marketing dan cara menyusunnya

10 Strategi promosi yang cocok untuk bisnis

10 Strategi promosi yang cocok untuk bisnis
Pemilihan strategi promosi sebaiknya disesuaikan dengan target audiens. (Sumber: pexels.com)

Menjalankan suatu bisnis tidak bisa terlepas dari memikirkan strategi promosi yang tepat agar bisnis menjadi banyak dikenal dan memberikan hasil. Untuk itu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa strategi promosi di bawah ini untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki:

1. Pemasaran media sosial

Pemasaran sosial media
Strategi promosi menggunakan sosial media. (Sumber: pexels.com)

Sekarang ini, media sosial banyak dimanfaatkan untuk strategi promosi karena platfotm ini merupakan sarana paling jitu untuk kegiatan marketing. Hal tersebut karena fitur-fitur yang tersedia di media sosial mendukung dalam upaya pemasaran. Contohnya Instagram, Facebook, dan TikTok. 

2. Membuat website

Membuat website
Strategi promosi menggunakan website. (Sumber: pexels.com)

Strategi kedua, kamu bisa membuat website untuk memasarkan bisnismu. Dengan menggunakan website, bisnismu jadi terlihat lebih profesional. Selain itu, kamu juga lebih leluasa untuk mencantumkan berbagai informasi terkait produk atau layanan dalam bisnismu. Dengan adanya website, orang juga bisa dengan mudah menemukan bisnismu melalui mesin pencari.

3. Penjualan melalui marketplace

Penjualan melalui marketplace
Strategi promosi menggunakan marketplace. (Sumber: pexels.com)

Penggunaan marketplace bisa menjadi strategi promosi yang tepat karena bisnis yang kamu jalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu. Selain itu, pengguna marketplace dewasa ini sudah berkembang pesat dan banyak orang melakukan transaksi melalui marketplace. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan marketplace sebagai salah satu strategi promosi. 

4. Membuat video promosi melalui YouTube

Membuat video promosi melalui YouTube
Strategi promosi menggunakan YouTube. (Sumber: pexels.com)

Konten berbentuk video merupakan strategi promosi yang patut untuk dipertimbangkan. Salah satu promosinya bisa dilakukan melalui YouTube, yaitu platform berbagi video yang ramai pengguna. Video menjadi salah satu opsi yang menarik karena lebih mudah dikonsumsi dan menarik. 

Baca juga: Mengetahui pentingnya influencer marketing dalam suatu brand

5. Promosi dengan menggunakan meme

Promosi dengan menggunakan meme
Strategi promosi menggunakan meme. (Sumber: pexels.com)

Promosi menggunakan meme bisa dilakukan jika target audiens kamu adalah kalangan muda. Meme ini menjadi salah satu konten yang dinikmati oleh kalangan muda karena sifatnya yang ringan untuk dikonsumsi dan juga menghibur. Meme juga termasuk dalam salah satu konten yang paling mudah dan sering dibagikan, sehingga lebih mudah untuk viral. Konten jenis ini cocok untuk meningkatkan awareness.

6. Endorsement kepada selebgram

Endorsement kepada selebgram
Strategi promosi melalui selebgram. (Sumber: pexels.com)

Banyaknya pengguna Instagram menciptakan content creator dengan ribuan hingga jutaan followers yang kemudian terkenal dengan sebutan selebgram atau selebriti Instagram. Selebgram ini memanfaatkan banyaknya followers yang dimilikinya untuk mempromosikan produk dari berbagai brand melalui sistem paid promote atau promosi berbayar. Cara ini juga banyak dipilih sebagai strategi promosi karena kamu dapat menentukan selebgram mana yang ingin kamu endorse sesuai dengan niche masing-masing dan target audiens yang kamu kehendaki.

7. Membuat brosur dan spanduk yang menarik

Membuat brosur dan spanduk yang menarik
Strategi promosi menggunakan brosur dan spanduk. (Sumber: pexels.com)

Salah satu strategi promosi lama yang bisa kamu terapkan adalah membuat brosur atau spanduk. Perbedaannya terdapat pada isi spanduk atau brosur yang lebih kreatif. Banyak brand yang berlomba-lomba menciptakan materi promosi yang unik sehingga mudah diingat dan berpotensi untuk viral. Untuk mencapainya, sebaiknya kamu menciptakan ide yang baru dan out of the box.

8. Memahami target pasar produk

Memahami target pasar produk
Strategi promosi dengan memahami target pasar produk. (Sumber: pexels.com)

Dari berbagai platform yang bisa kamu manfaatkan untuk strategi promosi, kamu sebaiknya benar-benar memahami produk dan target audiens yang tepat untuk produk tersebut. Setiap platform memiliki segmentasinya masing-masing dan ada baiknya kamu melakukan riset terhadap masing-masing platform sosial media sebelum kamu menggunakannya.

9. Bergabung dengan komunitas sesama pebisnis

Bergabung dengan komunitas sesama pebisnis
Strategi promosi dengan bergabung komunitas pebisnis. (Sumber: pexels.com)

Ada baiknya sebagai seorang pebisnis kamu memperluas koneksi yang kamu miliki dengan cara bergabung dengan komunitas sesama pebisnis. Tujuannya agar kamu bisa memperoleh informasi bermanfaat dan juga menciptakan kesempatan untuk membentuk kolaborasi antar bisnis yang dimiliki. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan akan berkembang dan menciptakan pasar baru.

Baca juga: 5 Tools untuk mengukur performance digital marketing

10. Memperluas relasi dengan media

Memperluas relasi dengan media
Strategi promosi dengan memanfaatkan media. (Sumber: pexels.com)

Jika pada poin sebelumnya kamu menciptakan koneksi dengan sesama pebisnis, maka pada poin ini kamu dianjurkan untuk menciptakan relasi dengan media. Menggunakan media bisa menjadi salah satu pilihan untuk menarik lebih banyak lagi konsumen. Jadi, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan ini selama masih dalam range anggaran yang kamu tetapkan. 

Baca juga: Begini cara menciptakan strategi pemasaran yang efektif

Pada akhirnya, strategi promosi adalah salah satu hal yang penting untuk dipikirkan secara matang agar bisnis yang kamu miliki bisa berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Kamu sebaiknya mengenali produk dan target audiens sehingga strategi promosi yang kamu pilih tepat sasaran dan memperoleh tujuan yang ingin dicapai. 

Selain memikirkan strategi promosi, jangan lupa untuk memikirkan strategi pengembangan karier kamu. Jika kamu berencana untuk berpindah kerja, maka kamu bisa bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT. Di EKRUT terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • Blog Creatopy
  • Open Text BC
  • MBA Skool

Tags

Share