Published on

Careers

6 Contoh objektif dalam CV lamaran kerja beserta 4 tips penulisannya

Sylvia Rheny

Contoh_objektif_dalam_CV_lamaran_kerja_beserta_4_tips_penulisannya.jpg

Dalam membuat CV, terdapat beberapa bagian yang penting untuk diperhatikan agar lolos seleksi tahap awal dan membawa kandidat lanjut kepada tahap rekrutmen selanjutnya. Salah satunya adalah objektif dalam CV. Apa itu objektif dalam CV dan bagaimana cara membuat objektif dalam CV yang efektif? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Apa itu objektif dalam CV lamaran kerja?


Career objective atau resume objective adalah contoh objektif dalam CV. (Sumber: iStock)

Objektif dalam CV lamaran kerja atau yang biasa disebut dengan resume objective atau career objective adalah pernyataan yang menarik tentang sasaran karir yang ditempatkan di CV bagian atas. Tujuan objektif dalam CV lamaran kerja adalah memberikan gambaran singkat berupa 2-3 kalimat tentang pengalaman, keterampilan, dan pencapaian profesional, dan menjelaskan mengapa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Objektif dalam CV sebaiknya kamu sertakan ketika:

1. Mencari pekerjaan pertama

Seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan pertamanya atau mungkin mendaftar untuk magang pertamanya sebaiknya mencantumkan objektif dalam CV. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada perekrut bahwa ia memiliki keinginan untuk mengembangkan keahlian dan tumbuh di dalam perusahaan.

2. Membuat perubahan karier

Katakanlah seseorang telah bekerja sebagai Software Engineer di perusahaan pengembangan aplikasi selama tiga tahun terakhir dan sekarang melamar pekerjaan pemasaran di sebuah perusahaan rintisan. Objektif dalam CV akan menyoroti bagaimana keterampilan dan pengalaman yang ia miliki memiliki relevansi dengan posisi yang dilamarnya tersebut.

Baca juga: 12 Website membuat CV yang menarik dan profesional 2021

Hal yang harus dimuat dalam objektif pada CV


Contoh objektif dalam CV dan bagian-bagian yang perlu dicantumkan. (Sumber: iStock)

Objektif dalam CV yang efektif harus memuat informasi-informasi penting yang bisa meyakinkan rekruter agar melanjutkan proses rekrutmen denganmu. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dimuat dalam membuat objektif pada CV.

1. Sebutkan karakteristik diri

Menuliskan karakteristik dimiliki yang cocok dengan kriteria dibutuhkan oleh perusahaan dapat memberikan penilaian positif saat rekruter pertama kali membaca CV kandidat. Hal ini bisa membantu kandidat lolos tahap awal penyortiran. Misalnya sebagai seorang sales, dibutuhkan beberapa kriteria seperti kreatif, independen, optimis, antusias, bertanggung jawab, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Maka, kamu bisa memilih beberapa diantara itu yang sesuai dengan karakteristik yang kamu miliki untuk dimasukkan ke dalam objektif pada CV.

2. Tunjukan pengalaman atau pencapaian yang mendukung

Menunjukkan pengalaman atau pencapaian yang mendukung akan meningkatkan ketertarikan perusahaan kepada kandidat karena tentunya perusahaan akan lebih dimudahkan jika mempekerjakan kandidat yang telah memiliki pengalaman di bidang serupa. Selain itu, menunjukkan pengalaman ini juga akan menunjukkan kesiapan kandidat bekerja di posisi tersebut. Selain pengalaman, pencapaian yang mendukung pekerjaan juga bisa dicantumkan. Alangkah baiknya jika menuliskan pencapaian dengan menyertakan angka. Misalnya, berhasil meningkatkan revenue sebesar 25% dalam waktu 3 bulan.

3. Ceritakan tujuan karier

Menuliskan tujuan karier pada objektif dalam CV bisa dilakukan dengan menceritakan kontribusi yang akan diberikan jika diterima bekerja nantinya. Ingat untuk tetap realistis dalam menceritakan tujuan karier ini dan sesuaikan dengan ketentuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Sebutkan nama perusahaan yang kamu lamar

Menyebutkan nama perusahaan yang sedang dilamar pada objektif dalam CV juga akan memberikan kesan positif dan meyakinkan perusahaan bahwa kandidat benar-benar memiliki tujuan yang jelas untuk bekerja di perusahaannya.

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik

4 Tips menulis objektif dalam CV


Tips menulis contoh objektif dalam CV. (Sumber: iStock)

Agar objektif dalam CV yang kamu tulis efektif dalam mencapai tujuan yang kamu inginkan untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar, maka kamu bisa mempertimbangkan 4 tips menulis objektif dalam CV berikut ini.

1. Menulis CV sampai selesai terlebih dahulu

Agar lebih mudah menuliskan objektif dalam CV, disarankan untuk menyelesaikan CV yang dibuat terlebih dahulu. Dengan menuliskan CV sampai selesai, maka akan lebih mudah untuk merangkai isi dari objektif dalam CV.

2. Cocokan objektif CV dengan lamaran yang sedang dituju

Hindari membuat objektif CV yang sama untuk lamaran yang berbeda. Sebaiknya dalam membuat objektif CV disesuaikan dengan pekerjaan yang dituju. Tujuannya agar saat rekruter membaca objektif CV yang kamu buat, mereka yakin bahwa kamu memang benar-benar serius dengan pekerjaan yang dilamar.

3. Masukan kata kunci pada CV objektif kamu

Saat melakukan sortir terhadap CV yang masuk, maka rekruter akan memprioritaskan CV yang memuat kata kunci yang diharapkan. Kata kunci yang dimaksud adalah kriteria atau requirements yang dibutuhkan oleh perusahaan dan biasanya tertera pada deskripsi pekerjaan.

4. Singkat dan jelas

Berbeda dengan cover letter, objektif dalam CV terdiri dari beberapa kalimat saja. Untuk itu, kamu harus benar-benar bisa memaksimalkannya. Luangkan waktu untuk memikirkan dan merangkai kalimat demi kalimat dengan makna lugas dan to the point.

Baca juga: Tips dan contoh CV bahasa Inggris yang menarik

6 Contoh objektif dalam CV lamaran kerja


Contoh objektif dalam CV untuk berbagai kebutuhan. (Sumber: iStock)

Agar lebih memahami contoh objektif dalam CV, maka kamu bisa memperhatikan beberapa contoh objektif dalam CV lamaran kerja berikut ini.

1. Contoh objektif dalam CV untuk fresh graduate dalam bahasa Inggris

“Highly-motivated Business Administration graduate with a 3.7 GPA looking to fill a position as a Management Assistant at XX Corp. Wishing to use strong data-analysis and management skills to help the XX Corp with your upcoming challenges.”

2. Contoh objektif dalam CV untuk berpindah industri dalam bahasa Inggris

“Diligent customer support representative with 5+ years experience at high-volume call center. Seeking to leverage fast-paced work ethic with top-rated customer service (100%) to help J&T grow and meet future demand as the new delivery driver.”

3. Contoh objektif dalam CV untuk berpindah karier dari freelance ke full-time dalam bahasa Inggris

“Results-driven freelance Software Developer, seeking to use proven Ruby and Python skills to deliver coding excellence to XYZ, Inc. Have developed 7 webapps and 6 mobile apps. Contributed to 9 GitHub projects and debugged 13 apps. Wrote back-end code for 23 working business websites.”

4. Contoh objektif dalam CV untuk Marketing Manager dalam bahasa Inggris

“With my 5 years of experience as a Marketing Coordinator at XX Agency, I increased conversion rates 170 percent, implemented email marketing campaigns, and boosted traffic 350 percent. As the Marketing Manager at XYZ, Inc., I would focus on leading your international team of marketers to increase your reach, impressions, conversion rates, and overall traffic across all your platforms.”

5. Contoh objektif dalam CV untuk Marketing Manager dalam bahasa Inggris

“As a Social Media Coordinator at XX Agency, I helped launch award winning-campaigns, increased engagement on posts 90 percent, and boosted one client’s followers by 100.000 in three months. I’m currently seeking a Social Media Manager position where I can utilize all my skills and lead a team to master new platforms with even better results.” 

6. Contoh objektif dalam CV untuk Akuntan dalam bahasa Indonesia

“Akuntan publik bersertifikat yang memiliki harapan untuk bekerja sebagai Akuntan untuk PT.XYZ. Memiliki 3 tahun pengalaman kerja sebagai akuntan publik dan berharap dapat memberikan kinerja yang efektif dan efisien dengan memberikan perhitungan yang akurat di setiap laporan keuangan.”

Baca juga: 5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah

Itulah pengertian hingga beberapa contoh objektif dalam CV yang bisa kamu pelajari. Semoga bisa membantu kamu yang sedang menyusun CV untuk mencari pekerjaan baru. 

Selain artikel ini, kamu bisa memperoleh berbagai tips dan informasi menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik untuk mendapatkan berbagai kesempatan berpindah kerja dan mengembangkan kariermu, sign up sekarang juga melalui EKRUT. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • zety.com
  • Indeed.com
  • Monster.com

Tags

Share