Published on

Careers

5 Contoh personal letter untuk menjaga silaturahmi dan relasi

Anisa Sekarningrum

H1_1._5_Contoh_personal_letter_untuk_menjaga_silaturahmi_dan_relasi.jpg

Sebelum adanya media sosial, surat sudah digunakan sebagai media untuk berkomunikasi saat ingin menyampaikan atau mengucapkan sesuatu. Salah satunya adalah dengan personal letter, berikut penjelasan lengkap dan contoh personal letter.   

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri yang profesional dan menarik perhatian HRD 

Apa itu personal letter?

Apa itu personal letter?
Personal letter ditulis secara pribadi menggunakan tangan atau komputer - Pexels

Personal letter dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai surat pribadi. Personal letter digolongkan sebagai surat tidak resmi. Personal letter adalah surat yang ditulis untuk keperluan pribadi yang ditujukan kepada seorang individu yang sudah dikenal. Penulisan personal letter biasanya menggunakan bahasa tidak baku. Umumnya karena surat ditujukan kepada seseorang yang sudah dikenal dan isi surat membicarakan tentang hal pribadi.

Dahulu personal letter ditulis secara pribadi dengan tangan dan dikirimkan via pos, namun di era digital seperti sekarang personal letter ditulis dan dikirimkan via surat elektronik atau email. 

Fungsi personal letter

Fungsi personal letter
Salah satu fungsi personal letter adalah untuk mengucapkan selamat ulang tahun - Pexels

Surat tak resmi ini dikirimkan atas nama individu kepada individu lainnya, sehingga tidak bisa di atas namakan dan ditujukan kepada instansi, organisasi, perusahaan, dan tidak bisa digunakan untuk mengirim lamaran kerja. Sehingga personal letter biasanya berfungsi sebagai surat undangan, surat ucapan selamat ulang tahun, pernikahan, kelulusan, ucapan belasungkawa ataupun surat pribadi untuk permintaan maaf. 

Personal letter juga digunakan untuk menjaga dan membangun hubungan baik dengan orang yang sudah dikenal, sehingga isi surat juga sangat pribadi dan bahasa yang digunakan juga tidak kaku. 

Baca juga: 7 Contoh cover letter dan tips agar dilirik HRD 

Format personal letter

Format personal letter
Personal letter memiliki format yang tidak sekaku surat formal - Pexels

Format personal letter tidak sekaku surat formal lainnya, misalnya personal letter tidak membutuhkan nomor surat atau perihal. Namun tetap ada struktur surat seperti tanggal, alamat, pembukaan, isi, penutup dan tanda tangan.  

1. Tanggal

Tanggal memberikan informasi kapan personal letter tersebut ditulis. Untuk letak penulisan tanggal dituliskan di sebelah kiri atas. Ada dua cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yaitu, American style dan cara British. Cara penulisan tanggal American style ditulis September 20, 2021. Sementara British style ditulis 20 September 2021. Cara penulisan tanggal British style sama seperti yang umumnya berlaku di Indonesia.

2. Alamat

Alamat yang dituliskan adalah alamat penulis, bukan alamat tujuan surat. Pada personal letter, alamat dituliskan di sebelah kanan atas, bukan di sebelah kiri seperti pada surat formal.

3. Pembukaan

Sebelum menuliskan kalimat pembuka, kamu perlu menuliskan salam terlebih dahulu. Dalam bahasa Inggris, kalimat salam biasanya dituliskan seperti Dear, Dearest, atau My beloved friend. Setelah itu, kamu bisa menanyakan kabar penerima dan menginformasikan kabarmu kepada penerima serta kesibukanmu saat ini. 

4. Isi

Pada bagian isi surat, kamu dapat menyampaikan maksud atau tujuan kamu menulis surat tersebut. Contohnya jika kamu ingin mengucapkan selamat atas kelahiran anak dari temanmu, kamu dapat menyampaikan ucapan selamat dan doa dalam isi surat. 

5. Penutup

Setelah kamu mengutarakan semua hal yang ingin kamu sampaikan, kamu bisa menutup surat tersebut dengan kalimat penutup singkat yang menyudahi isi surat dan menambahkan harapan untuk penerima surat, contohnya: “Saya tunggu balasan dari surat ini.”

6. Salam penutup dan tanda tangan

Terakhir, kamu bisa menambahkan salam penutup. Salam penutup yang diucapkan seperti With love, Sincerely yours, Regards, dan Best regards. Setelah itu kamu bisa membubuhkan tanda tangan juga namamu sebagai penanda bahwa kamu adalah orang yang menulis surat tersebut. 

Baca juga: 3 Cara mempersiapkan referensi untuk HRD 

5 Contoh personal letter

5 Contoh personal letter
Salah satu contoh personal letter adalah surat untuk orang tua - Pexels

Setelah mengetahui format penulisan personal letter, sekarang saatnya kamu melihat contoh personal letter berikut ini.

1. Contoh personal letter balasan untuk teman

Jakarta Timur
10320 DKI Jakarta

15 Agustus 2007

Halo, Tom.

Pertama-tama, maaf aku terlambat balasan suratmu. 

Syukurlah kalau kabarmu sehat. Kabarku juga baik-baik dan sehat di sini. Maaf aku baru sempat memberi kabar padamu sekarang, karena aku sedang sibuk dengan kegiatan sekolah. Aku baru saja bergabung di Klub Fotografi. 

Bagaimana kabarmu di sekolah baru? Aku harap kamu bisa beradaptasi dengan baik ya di sana. Sebentar lagi pasti ujian tengah semester ya? Semoga kamu bisa mengerjakan ujian dengan baik ya! 

Kalau begitu aku sudahi dulu surat ini. Jangan lupa untuk membalas suratku ya!

Temanmu, 

Jerry

2. Contoh personal letter untuk mengucapkan selamat kelulusan

Jakarta Selatan
11640 DKI Jakarta

11 February 2015

Kepada teman baikku, Caca.

Halo, Caca! Apakah kamu sehat selalu di Australia? Semoga saja kamu sehat selalu ya. Sudah lama sekali sejak kamu berangkat sekolah ke Australia. Aku rindu sekali padamu.

Aku sudah dengar tentang kabar kelulusanmu. Selamat ya, temanku sayang! Selamat atas kelulusanmu. Aku yakin pasti kamu lulus dengan nilai yang bagus, kan? Aku bangga sekali padamu. Maaf ya, aku tidak bisa hadir di sana menemanimu, jadi aku kirimkan surat ini beserta hadiah dariku untuk menggantikan kehadiranku di upacara kelulusanmu. 

Aku harap setelah kamu selesai dengan urusan kuliahmu, kamu segera pulang ke Indonesia ya. Aku tidak sabar untuk bertemu denganmu. Sampai jumpa!

With love,

Lisa

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya 

3. Contoh personal letter untuk nenek

Banyuwangi
68454 Jawa Timur

29 Juli 2012

Nenekku tersayang,

Nenek apa kabar? Semoga nenek sehat selalu ya. Kabarku di sini baik dan sehat, Nek. Semua orang di sini menyambutku dengan baik, jadi aku senang sekali. 

Aku sudah menerima kiriman hadiah dari nenek. Terima kasih banyak ya, Nek. Aku suka sekali dengan jaketnya, ukurannya sangat pas untukku. Jaket ini juga sangat hangat rasanya seperti dipeluk Nenek. Sekarang aku tidak lagi kedinginan saat harus patroli ke Kawah Ijen. 

Sekali lagi terima kasih untuk kadonya ya, Nek. Aku tunggu kunjungan nenek, ibu, dan bapak bulan depan. Sampai jumpa, Nek!

Salam dari cucumu tersayang, 

Bintang

4. Contoh personal letter untuk teman

Lombok 
83365 Nusa Tenggara Barat

12 Januari 2014,

Siti temanku,

Halo, Siti. Apa kabarmu? Maaf aku baru sempat memberikan kabar untukmu. Saat ini aku sedang ada di Lombok. Pemandangan di sini cantik sekali. Aku menulis surat untukmu di sebuah cafe di pantai Senggigi sambil menunggu mamaku yang sedang berbelanja. 

Kemarin, aku sekeluarga pergi ke pulau Gili Nanggu, sebuah pantai di barat daya Lombok. Pantainya sangat cantik dan luar biasa. Banyak batu karang cantik di mana-mana. Kami mencoba melakukan snorkeling dan aku melihat banyak sekali ikan-ikan cantik di bawah laut. Aku jadi rindu padamu dan berharap kamu juga di sana berlibur bersamaku. 

Sudah dulu ya, Siti, mamaku sudah sampai. Semoga kita bisa berlibur bersama di lain waktu ya. Tunggu aku pulang ya, aku sudah belikan banyak oleh-oleh untukmu. 

Lots of love, 

Lana

5. Contoh personal letter untuk orang tua

Surabaya
36743 Jawa Timur

3 Maret 2008

Ibuku sayang,

Ibu, maaf aku baru menulis surat untuk Ibu sekarang. Sudah beberapa hari terakhir banyak sekali tugas kuliah yang harus aku kerjakan, jadi aku sulit mengatur waktu. 

Ibu, apa kabar? Bagaimana kabar Ayah, Dita dan Eko? Semoga kabar semua orang di rumah baik dan sehat selalu. Kabarku juga sehat di sini. Aku punya banyak teman baru dari jurusanku dan juga dari fakultas lain. Dua minggu lagi akan ada libur panjang untuk menyambut hari raya Idul Adha. Sepertinya aku akan menggunakan kesempatan itu untuk pulang ke Jogja. 

Aku tidak sabar menunggu waktu libur itu. Tunggu aku pulang ke rumah ya, bu. 

Salam kangen, 

Citra

Baca juga: Hati-hati, 5 kesalahan membuat cover letter ini ancam kariermu 

Itu tadi penjelasan dan contoh personal letter. Semoga bisa menjadi inspirasi kamu saat menulis personal letter kepada kerabatmu ya. Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai EKRUT, kamu bisa tonton video berikut ini.

sign up EKRUT

Sumber: 

  • Kompas
  • Ruang Guru  
  • EF

Tags

Share