Published on

Careers

3 Contoh Surat Lamaran CPNS Terbaru 2022, Pahami Prosedur Pembuatannya!

Detty Risetya

cover_(3).jpg

Sebelum musim pendaftaran CPNS 2022 dibuka, sangat penting untuk kamu melihat seperti apa contoh surat lamaran CPNS. Sebab, dengan melihat contoh surat lamaran CPNS, setidaknya kamu bisa lebih memahami format standar penulisan surat, serta berkas yang disertakan. Dengan memahami contoh surat lamaran CPNS yang tepat, kemungkinan peluang lolos CPNS pun akan semakin besar. Berikut ini adalah contoh surat lamaran CPNS terbaru 2022 dan prosedur pembuatannya.

Baca juga: 7 Contoh CV lamaran kerja dan informasi yang perlu kamu tahu

Apa itu surat lamaran CPNS?


Surat lamaran CPNS adalah dokumen yang dikirimkan oleh calon pelamar. (sumber: freepik)

Hampir sama seperti surat lamaran pada umumnya, surat lamaran CPNS adalah dokumen yang dikirimkan oleh calon pelamar untuk menyatakan minatnya mengisi posisi CPNS yang ditawarkan. Contoh surat lamaran CPNS biasanya menjelaskan latar belakang pelamar secara karier profesional maupun individu.

Dalam hal ini, surat lamaran CPNS akan sangat membantu perekrut menyoroti apa keterampilan dan prestasimu. Terlebih lagi, kalau surat lamaran CPNS ditulis dengan baik, kamu bisa lolos menuju tahap wawancara dan selangkah lebih dekat meraih karier impian sebagai PNS.

Kegunaan surat lamaran CPNS


Kegunaan surat lamaran CPNS. (sumber: freepik)

Selanjutnya, apa saja kegunaan atau faedah membuat surat lamaran CPNS? Sebenarnya ada banyak, tapi beberapa di antaranya adalah:

1. Memperlihatkan keterampilan dan karakteristikmu

Bisa dilihat pada sebagian besar contoh surat lamaran CPNS, selalu ada latar belakang pendidikan, keluarga, prestasi, dan sebagainya. Hal ini akan membantumu lebih menonjol dibandingkan kandidat lain.

2. Menjelaskan karier profesional yang sudah diraih

Kegunaan contoh surat lamaran CPNS selanjutnya adalah menjelaskan secara detail tentang karier profesionalmu dengan cara yang lebih mudah dipahami. Misalnya, kamu bisa sedikit menjelaskan bagaimana kamu menghadapi masalah dalam pekerjaan sebelumnya atau ketika mengalami perubahan jalur karier.

3. Menunjukkan minatmu

Dalam contoh surat lamaran CPNS, biasanya juga tercantum hobi serta apa alasan kamu ingin bekerja di sana. Beritahu instansi yang akan kamu lamar, mengapa kamu cocok untuk posisi yang ditawarkan. Jelaskan kenapa kamu ingin posisi itu dan kamu adalah kandidat terbaik bagi mereka.

Unsur-unsur yang terdapat pada surat lamaran CPNS


Unsur yang terdapat pada surat lamaran CPNS. (sumber: freepik)

Berikut adalah beberapa komponen yang ada pada surat lamaran CPNS:

1. Cantumkan tanggal, bulan, dan tahun

Kamu ikut pendaftaran CPNS tiap tahun? Tidak masalah! Yang terpenting, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal, bulan, dan tahun yang tepat agar tidak keliru dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebaiknya, periksa kembali detail pencatatan tanggal, bulan, dan tahun beberapa kali. Terutama, sebelum surat lamaran CPNS diunggah ke situs CPNS. Pasalnya, jika sudah diunggah, berkasnya tidak bisa diperbaiki lagi.

2. Menyertakan lampiran

Bergantung pada jenis posisi CPNS yang dilamar atau jenjang pendidikan, terkadang berkas lampiran yang diunggah juga berbeda. Misalnya, bagi calon PNS yang meraih nilai cumlaude, perlu menyertakan lampiran transkrip nilai dan ijazah yang membuktikan nilai cumlaude. Sedangkan, bagi calon PNS yang non-cumlaude, tidak perlu menyertakan lampiran tersebut. Sehingga, pada bagian cumlaude dapat dilewati.

3. Menempelkan meterai Rp10.000

Jika di saat dahulu pelamar CPNS wajib menempelkan meterai Rp6.000, maka pada tahun 2022 wajib memakai meterai Rp10.000. Jangan sampai keliru menempelkan nominal meterai lama, ya. Sebab, hal ini bisa berdampak pada proses administrasi CPNS menjadi gugur. Dengan kata lain, kamu tidak bisa mengikuti ujian CPNS.

4. Terdapat tanda tangan pelamar

Unsur surat lamaran CPNS yang terakhir namun tak kalah penting adalah tanda tangan pelamar. Sebelum menandatangani, kamu bisa berlatih dulu di kertas tak terpakai agar hasil coretan tanda tangan semakin maksimal dan terlihat bagus. Pastikan mengunggah surat lamaran CPNS setelah membubuhkan tanda tangan asli.

Baca juga: 3 Contoh surat keterangan sehat di Puskesmas atau Rumah Sakit

3 Contoh surat lamaran CPNS


Contoh surat lamaran CPNS. (sumber: freepik)

Pengin tahu seperti apa contoh surat lamaran CPNS? Silakan cek contoh surat lamaran CPNS di bawah ini untuk memudahkan proses pendaftaranmu.

1. Contoh surat lamaran CPNS (umum)


Contoh surat lamaran CPNS (umum). (sumber: google)

2. Contoh surat lamaran CPNS Kemenkumham


Contoh surat lamaran CPNS Kemenkumham. (sumber: google)

3. Contoh surat lamaran CPNS Kemenag


Contoh surat lamaran CPNS Kemenag. (sumber: google)

Baca juga: Contoh Email Lamaran Kerja Profesional dan 8 Poin Penting

Itulah cara membuat surat lamaran CPNS terbaru 2022. Kamu juga bisa mencari contoh surat lamaran CPNS di internet sesuai instansi yang akan dilamar.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • pintek.id
  • wartakota.com
  • bangsaku.web.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video