Published on

Careers

5 Contoh surat permohonan berbagai keperluan yang baik dan benar

Algonz D.B. Raharja

H1_Surat_Permohonan.jpg

Surat permohonan umum dikenal dalam keperluan organisasi maupun institusional. Surat permohonan juga masuk dalam kategori surat resmi yang menghubungkan kepentingan antar pihak. Untuk lebih tahu dan memahami apa itu surat permohonan beserta contoh-contohnya, ada baiknya kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu surat permohonan?


Surat permohonan merupakan surat resmi dan dokumen formal untuk mengajukan suatu permintaan. (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut di atas, surat permohonan adalah bagian dari surat resmi dan merupakan dokumen bersifat formal yang digunakan untuk mengajukan sesuatu dalam ranah kepentingan tertentu. Surat permohonan dapat juga diartikan sebagai sebuah surat yang dibuat oleh perorangan, organisasi, maupun institusi; baik komersial maupun nonkomersial; kepada pihak lain dengan tendensi meminta sesuatu dengan relevansi tertentu.

Melalui definisi di atas tentunya kita bisa memahami bahwa surat permohonan dapat digunakan oleh perorangan demi mendapatkan bantuan atau umpan balik dari sebuah organisasi atau bahkan sebaliknya. Sehingga, surat permohonan tidak hanya bersifat komunal atau kelompok tetapi juga mencakup kepentingan individu secara resmi.

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya

Format surat permohonan


Surat permohonan memiliki format baku yang menjadikannya formal dan resmi (Sumber: Pexels)

Dikarenakan sifatnya yang masuk dalam ranah formal, maka surat permohonan pun perlu ditulis dengan bahasa formal. Penulisan surat permohonan tentunya bersifat persuasif sehingga perlu disertai alasan atau latar belakang seseorang atau organisasi meminta atau memohon sesuatu dari pihak lain. 

Hal ini berguna untuk secara tersurat menyampaikan hambatan dan betapa pentingnya peran pihak lain dalam suatu keperluan tertentu tersebut. Selebihnya, surat permohonan juga memungkinkan adanya lampiran surat yang berisi proposal atau dokumen pendukung dalam menunjang permohonan tersebut. Adapun format utama dalam penulisan surat permohonan dapat dijabarkan menjadi beberapa hal berikut ini,

1. Kop surat

Seperti pada umumnya surat resmi lainnya, surat permohonan yang bersifat organisasi atau institusional memiliki keharusan untuk menyertakan kop surat. Kop surat dalam surat permohonan berguna untuk menyatakan legalitas organisasi beserta atribut pelengkapnya seperti alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Hal ini nantinya berguna untuk relasi atau kepentingan jangka panjang, serta pertanggungjawaban antar pihak di masa mendatang.

Jika surat permohonan dibuat perorangan maka sifat kop surat menjadi opsional. Namun, jika surat permohonan ini bersifat akademis seperti permohonan magang, maka sebaiknya individu yang hendak mengajukan berkonsultasi kepada bagian administrasi di sekolah/universitas untuk mendapatkan rekomendasi dan jika memungkinkan memakai kop surat dari institusi pendidikan tersebut. Kop surat ditulis berbeda tiap institusi, namun terdapat beberapa hal penting yang tercakup dalam kop surat seperti:

  • Nama Organisasi/Institusi
  • Alamat Organisasi/Institusi
  • Nomor Telepon/Fax. Organisasi/Institusi
  • Logo Organisasi/Institusi

Baca juga: 4 Contoh surat pengantar untuk berbagai keperluan kerja

2. Isi surat

Isi surat permohonan sebaiknya dibuka dengan salam resmi dan menambahkan nama atau pejabat yang dituju dari institusi penerima surat. Hal ini bisa diawali dengan “Yth. Bapak XYZ” atau “Kepada Direktur XYZ”, hindari penggunaan kedua atribut “Yth.” dan “Kepada” secara bersamaan. Selanjutnya, kita bisa menambahkan alamat surat penerima dan membuka surat permohonan resmi melalui sapaan resmi seperti “Dengan hormat,”.

Setelah itu, kita masuk pada bagian badan surat yang didahului dengan perkenalan singkat baik secara individu maupun berbasis organisasi/institusi dan menyampaikan latar belakang dari tujuan surat permohonan itu dikirim. Isi surat permohonan kemudian ditutup dengan menyampaikan tujuan secara rinci atau singkat dan efektif, serta menuliskan kalimat penutup surat.

3. Penutup

Penutup surat permohonan dibuat setelah bagian penjelasan akan tujuan surat permohonan itu dikirimkan. Penutup dapat dibuat secara singkat dan sopan ditambah kalimat persuasif seperti harapan agar pihak penerima surat mau mengabulkan permohonan atau semacamnya. Namun hindari kalimat yang terlalu bersifat kaku atau terlalu akrab. Contoh kalimat penutup surat permohonan adalah sebagai berikut:

  • “Atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terima kasih dan semoga saya mendapat kepercayaan atau kesempatan untuk bekerja sama dengan …”
  • “Demikian surat permohonan ini saya buat, semoga  bapak/ibu berkenan dengan tujuan yang saya sampaikan dalam surat permohonan ini. Terima kasih.”

Baca Juga: 5 Contoh Surat Pemberitahuan yang Benar untuk Berbagai Keperluan

5 Contoh surat permohonan


Contoh surat permohonan dengan berbagai tema. (Sumber: Pexels)

Untuk lebih memahami bagaimana bentuk surat permohonan, kita simak beberapa contoh surat permohonan dengan berbagai tema berikut ini:

1. Contoh surat permohonan izin

Surat permohonan izin merupakan surat permohonan paling umum karena sering digunakan sejak seseorang duduk di bangku Sekolah Dasar. Surat permohonan ini bersifat meminta izin secara resmi kepada pihak lain. Berikut ini adalah contoh surat permohonan izin.


Surat permohonan izin organisasi (Sumber: cermati.com)

Surat Permohonan Izin


Yth. Kepala SMA Negeri 2, Kota Denpasar

Di tempat


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua dari siswa,

Nama: Cokorda Bagus Putra Suyasa
Kelas: XII IPA 2
No. Absen: 12


Dengan surat ini kami mengajukan permohonan izin atas ketidakikutsertaan putra kami dalam kegiatan belajar mengajar pada tanggal 12-14 November 2021 dikarenakan keperluan adat dalam keluarga besar kami yang akan diadakan pada tanggal tersebut dan melibatkan seluruh anggota keluarga.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Semoga permohonan ini dapat dijadikan pemakluman bagi ketidakhadiran anak kami Cokorda Bagus. 

Atas perhatian dan  dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

dr. A.A. Raka Darma Ekaputra, Sp. Rad.

Contoh surat permohonan perorangan (Sumber: EKRUT)

2. Contoh surat permohonan sponsor/bantuan

Surat permohonan sponsor atau bantuan umum digunakan oleh organisasi atau perorangan secara resmi dalam mendukung acara atau kegiatan dalam ranah formal. Surat permohonan ini dapat dibuat seperti beberapa contoh berikut ini.


Contoh surat permohonan sponsor kegiatan (Sumber: suratkerja.com)

Contoh surat permohonan bantuan bencana alam (Sumber: academia.edu)

3. Contoh surat permohonan mengisi acara

Surat permohonan mengisi acara dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan formal yang memerlukan andil berbagai pihak seperti penyuluhan sosial, kesehatan, dan sebagainya. Surat permohonan ini umumnya dibuat oleh institusi, organisasi, atau komunitas yang memiliki relevansi terhadap tema suatu acara. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan untuk mengisi acara.

KELOMPOK POSYANDU “SEHAT TENTREM”

Jalan S. Supriadi No.56, Kelurahan Kestalan. Kecamatan Banjarsari, Surakarta
0271-457893

Surakarta, 17 Oktober 2021

Yth. dr. Anjani Larasati Sekar Ayu, Sp. OG

di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, kami bermaksud mengadakan penyuluhan untuk kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam posyandu kami pada:

Hari, tanggal : Sabtu, 25 Oktober 2021

Waktu           :  09.00-11.00 WIB

Tempat         :   Balai Kelurahan Kestalan, Banjarsari, Surakarta

Sehubungan dengan acara tersebut, kami mohon kesediaan dr. Anjani Larasati untuk bisa menjadi narasumber dan berbagi pengetahuan mengenai tema “Kanker Serviks pada Wanita di Usia Produktif”.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas kesediaan dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia

 

Hj. Dra. Suharti Mangunkarto

Contoh surat permohonan mengisi acara penyuluhan kesehatan (Sumber: EKRUT)


Contoh surat permohonan mengisi acara workshop (Sumber: lezgetreal.com)

4. Contoh surat permohonan pindah kerja

Surat permohonan pindah kerja merupakan surat resmi yang digunakan oleh perorangan atau karyawan dalam suatu institusi atau perusahaan untuk mendapatkan izin atau rekomendasi pindah kerja. Berikut ini adalah contoh surat permohonan pindah kerja yang umum dipakai.

SURAT PERMOHONAN

 

Kupang, 17 Oktober 2021

Yth. Direktur PT Nusa Trans Wisata

di tempat

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Florentius Wangga Nai, S.E.

NIP: 20180612
Jabatan: Manajer Keuangan

Mengajukan permohonan pindah kerja ke kantor cabang PT Nusa Trans Wisata Denpasar dengan alasan pengembangan karier. Saya lampirkan pula berkas-berkas yang diperlukan sebagai syarat kepindahan.

Demikian surat permohonan ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Florentius Wangga Nai, S.E.

Contoh surat permohonan pindah kerja (Sumber: EKRUT)


Contoh surat permohonan mutasi PNS (Sumber: yessi.id)

5. Contoh surat permohonan magang

Surat permohonan magang dibuat oleh perorangan untuk tujuan pengantar magang atau internship di suatu perusahaan atau instansi dalam jangka waktu tertentu. Surat permohonan magang yang baik seharusnya didukung oleh rekomendasi dari pihak institusi pendidikan asal seseorang tersebut baik sekolah maupun departemen di universitas. Berikut ini adalah contoh surat permohonan magang yang dapat dijadikan acuan.


Contoh surat permohonan praktik kerja keperawatan (Sumber: lsplbwiki.net)

SURAT PERMOHONAN

 

Labuan Bajo, 6 Oktober 2021

Perihal: Surat Permohonan Magang Kerja

Lampiran: 1 (satu) bendel

 

Yth. Direktur La Prima Komodo Hotel

Jalan Soekarno Hatta No. 143

Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini: 

Nama: Fransiska Eleanora Watimuta

NIS:  201875742

Alamat: Jalan Raya Labuan Bajo-Ruteng No. 43

Sekolah: SMK Negeri 2 Labuan Bajo

Program Studi: Perhotelan

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan izin untuk sanggup melaksanakan Kerja Praktik (magang) selama 1 (satu) hingga 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. 

Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi kartu pelajar  
  3. Nilai Rapor kelas X-XI
  4. Pasfoto terbaru ukuran 3×4 (2 lembar)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. 

Atas perhatian dan kebijaksanaannya aku ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Fransiska E. Watimuta

Contoh surat permohonan magang siswa SMK (Sumber: EKRUT)

Baca juga: 3 Contoh surat resign yang baik dan benar 2021

Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan berdasarkan beberapa tema. Kamu bisa menggunakan contoh di atas sebagai acuan dalam membuat surat permohonan. Perhatikan pula beberapa aturan format surat permohonan di bagian sebelumnya untuk memastikan kesesuaian surat permohonan secara formal dan dengan bahasa yang baik serta efektif.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan di bidang surat-menyurat atau administrasi, ada baiknya kamu memulai kariermu lewat EKRUT. EKRUT merupakan tempat di mana berbagai perusahaan membuka lowongan pekerjaan bagi berbagai kandidat sesuai kriteria dan kemampuan tertentu. Mari buka kesempatanmu dan mulai kariermu lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini.

Sumber:

  • https://lifepal.co.id/media/contoh-surat-permohonan/
  • https://idcloudhost.com/cara-membuat-surat-permohonan-pengertian-fungsi-manfaat-dan-contoh-surat-permohonan/
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5527898/surat-permohonan-definisi-struktur-dan-jenis-jenisnya

Tags

Share