Published on

Careers

6 Contoh surat pernyataan beserta panduan lengkap membuatnya

Felixitas Yolanda

H1.jpg

Pernahkan kamu diminta untuk membuat surat pernyataan? Mungkin dalam kaitannya dengan lamaran pekerjaan atau urusan legalitas. Surat pernyataan menegaskan secara tertulis suatu kesepakatan atau keadaan disertai dengan tanda tangan dan dibubuhi pula dengan materai agar semakin kuat di hadapan hukum.

Surat pernyataan bisa dikeluarkan oleh instansi resmi di mana kamu tinggal mengisi data-data di dalamnya, atau jika tidak ada, kamu juga bisa menulisnya sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara membuat dan contoh surat pernyataan, ikuti terus ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Pengantar Untuk Berbagai Keperluan Kerja Dan Personal

1. Apa itu surat pernyataan?


Beberapa contoh surat pernyataan adalah pernyataan kesanggupan, permohonan maaf, pernyataan kelakuan baik, dsb. (Sumber: Pexels)

Sesuai namanya, surat pernyataan berisi pernyataan resmi salah satu pihak kepada pihak lain. Salah satu contoh surat pernyataan adalah surat kelakuan baik atau surat pernyataan bebas narkoba, yang kadang kala bisa menjadi salah satu syarat untuk melamar kerja. Melalui surat ini, artinya seseorang menegaskan bahwa mereka tidak pernah terlibat narkoba atau hal-hal buruk lainnya.

Masih banyak contoh surat pernyataan lainnya, seperti surat pernyataan utang, permintaan maaf, surat pernyataan kesanggupan, dan lain sebagainya. Isi dari surat pernyataan bisa disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai.

2. Fungsi surat pernyataan


Beberapa fungsi surat pernyataan yaitu sebagai deklarasi, pengingat, dan dokumen. (Sumber: Pexels)

Surat pernyataan biasanya dibubuhi tanda tangan dan materai 6000, sehingga memiliki kekuatan hukum. Artinya, jika isi dari surat pernyataan ternyata tidak benar dan terjadi sengketa sebagai akibatnya, surat tersebut bisa menjadi dokumen pendukung. Lebih lengkapnya, ini beberapa fungsi surat pernyataan lainnya:

  • Sebagai deklarasi seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan yang dijelaskan dalam surat tersebut
  • Sebagai pengingat bagi pihak-pihak terkait untuk melaksanakan isi dari surat pernyataan
  • Sebagai dokumen pendukung untuk melengkapi persyaratan administratif

3. Manfaat surat pernyataan


Manfaat surat pernyataan bagi penerima, pembuat, dan pihak yang dinyatakan. (Sumber: Pexels)

Surat pernyataan merupakan salah satu unsur penting dalam administrasi karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh kedua belah pihak.

  • Bagi penerima
    Bagi pihak penerima, surat pernyataan adalah bukti pertanggungjawaban dari pihak yang membuat. Surat ini bisa menjadi dokumen yang mengikat dan tolak ukur dari kinerja atau perbuatan sang pembuat surat.
     
  • Bagi pembuat
    Bagi pihak pembuat, surat pernyataan dapat menjadi bukti kesanggupan akan kualitas yang hendak dicapai dalam melakukan pekerjaan. Selain itu surat pernyataan juga memberikan kredibilitas bagi sang pembuat. 
     
  • Bagi pihak yang dinyatakan
    Pihak yang dinyatakan dalam surat akan mendapatkan pengakuan dari pihak lainnya akan suatu hal yang sudah dilakukan, misalnya pengakuan bahwa telah menjadi anggota atau pegawai sebuah perusahaan atau pengakuan atas hasil kerja mereka yang bisa menjadi referensi bagi pihak lain.

Baca Juga: Contoh surat tugas perusahaan

4. Cara membuat surat pernyataan 

Langkah-langkah membuat surat pernyataan yang harus diperhatikan. (Sumber: Pexels)

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat membuat surat pernyataan. Pertama kamu harus tahu dulu jenis surat yang akan dibuat dan jangan lupa mencantumkannya pada judul surat. Buatlah dengan bahasa yang lugas dan jelas sembari memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar. Berikut ini adalah isi dari surat pernyataan:

  • Judul surat pernyataan
  • Identitas pembuat surat
  • Isi kesepakatan atau perjanjian
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nama jelas dan tanda tangan pembuat surat

5. 6 Contoh surat pernyataan


Berbagai contoh surat pernyatan. (Sumber: Pexels)

Nah, meskipun kamu sudah tahu manfaat dan cara menyusun surat pernyataan, mungkin belum tepat kalau belum melihat contoh surat pernyataan. Untuk surat yang ditujukan kepada instansi resmi biasanya sudah ada format yang bisa kamu contek, tapi kalau kamu harus membuatnya sendiri, bisa ikuti beberapa contoh surat pernyataan di bawah ini:

1. Contoh surat pernyataan data diri pelamar


Salah satu contoh surat pernyataan adalah pernyataan data diri pelamar. (Sumber: Pexels)

Surat pernyataan data diri pelamar biasanya digunakan sebagai pelengkap administrasi lamaran kerja. Mengambil contoh surat pernyataan data diri pelamar ke PPPK, berikut ini susunannya:

SURAT PERNYATAAN DATA DIRI PELAMAR

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
Tempat, tanggal lahir:
Nomor KTP:
Pendidikan:
Jabatan yang dilamar:
Unit kerja yang dilamar:
Alamat domisili saat ini:
Alamat sesuai KTP:
Nomor HP:
Alamat email:

dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya: 

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu 57 tahun untuk jabatan fungsional ahli pertama dan jabatan fungsional keterampilan.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  4. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan dengan ketentuan sebagai berikut:
  5. Tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan yang dinyatakan terlarang oleh pemerintah.
  6. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.
  7. Tidak bertato atau bekas tato dan tindik atau bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

(kota), (tanggal) (bulan) 2021

Yang membuat pernyataan,

MATERAI

 


 

(Nama Lengkap)

Baca Juga: 4 Contoh Surat Domisili Beserta Cara Dan Syarat Pembuatannya

2. Contoh surat pernyataan kerja

Contoh surat pernyataan kerja ini biasanya dibuat saat kamu hendak memulai pekerjaan di suatu tempat atau akan menandatangani kontrak.

SURAT PERNYATAAN KERJA 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
Tempat, tanggal lahir:
Jenis Kelamin:
Alamat sesuai KTP:
Nomor Telp/HP:

dengan ini menyatakan bahwa: 

  1. Saat ini tidak sedang terikat kontrak dengan perusahaan atau instansi lain.
  2. Berstatus belum menikah
  3. Bersedia ditempatkan di cabang perusahaan di Indonesia
  4. Bersedia bertugas selama masa kontrak yang ditentukan
  5. Sanggup untuk tidak melakukan tindakan pidana dalam bentuk apa pun

Hormat saya, tanggal/bulan/tahun

MATERAI

 


 

(Nama Lengkap)

 

3. Contoh surat pernyataan pengunduran diri


Saat hendak mengundurkan diri, Anda perlu menyampaikan surat pernyataan kepada atasan atau HRD. (Sumber: Pexels)

Saat hendak mengundurkan diri dari kantor, penting juga untuk menyampaikan surat pernyataan pengunduran diri kepada atasan atau HRD. Contoh surat pernyataan pengunduran diri adalah sebagai berikut:

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth…..

Dengan hormat, 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
Tempat, tanggal lahir:
Jabatan:
Divisi/Departemen:
Nomor Induk Pegawai:
Nomor Telp/HP:

Secara resmi terhitung sejak………………menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai……………………………………dikarenakan…………………………………………………………Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan selama………………………Saya memohon maaf sedalam-dalamnya jika terdapat hal-hal yang kurang berkenan selama saya bekerja.

Hormat saya, tanggal/bulan/tahun
 

(Nama Lengkap)

Baca Juga: 12 Ide Alasan Resign Yang Masuk Akal Dan Profesional

4. Contoh surat pernyataan permohonan maaf 

Saat melakukan kesalahan dalam pekerjaan, terutama terhadap pelanggan, vendor atau klien, maka kamu bisa menggunakan surat pernyataan sebagai bentuk permohonan maaf secara formal. Berikut ini contoh surat pernyataan permohonan maaf:

KELUARGA SEJAHTERA
Jl. Semeru No. 123, Jakarta
Nomor : 74/PM/KS/2020

Perihal : Permohonan Maaf

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Aman Sentosa
Jalan Diponegoro No. 321
Semarang

Dengan hormat,
Sehubungan dengan batas akhir pembayaran untuk barang pesanan perusahaan kami dengan nomor invoice 521/INV/AS/2020, maka seharusnya tagihan tersebut sudah harus kami bayarkan pada tanggal 2 Oktober 2020.

Namun dikarenakan kantor pusat kami mengalami kebakaran, maka dengan rasa bersalah kami harus menyampaikan bahwa kami masih belum bisa membayar invoice tersebut dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. Kami juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan pembayaran ini dan kami berjanji akan segera melunasi tagihan tersebut pada tanggal 5 Oktober 2020 mendatang.

Kami berharap PT. Aman Sentosa dapat memaklumi kondisi kami saat ini dan keterlambatan pembayaran tersebut tidak akan mengganggu kerjasama yang sudah terjalin lama antara dua perusahaan.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas pengertiannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,

Tanda tangan

(Nama Lengkap dan Jabatan)

5. Contoh surat pernyataan kesanggupan


Contoh surat pernyataan yang umum adalah surat pernyataan kesanggupan. (Sumber: Pexels)

Nah, contoh surat pernyataan satu ini bisa kamu gunakan saat kamu hendak mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi tempat bekerja. Di sini kamu menyatakan kesanggupan untuk mengikuti pelatihan dan mematuhi peraturan yang ada.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
NIP:
Jabatan:
Divisi/Departemen:
Nomor Telp/HP:


Menyatakan bahwa saya SANGGUP mengikuti……………………………………………………..selama 3 hari penuh, terhitung mulai tanggal………..sampai dengan………………………Saya bersedia mengikuti seluruh peraturan dan tata terbit selama pelatihan. Apabila saya melakukan pelanggaran selama pelaksanaan, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

tanggal/bulan/tahun

Yang membuat pernyataan,

MATERAI

 

 


(Nama Lengkap)

6. Contoh surat pernyataan pelanggaran kerja


Jika melakukan pelanggaran, buatlah surat pernyataan sebagai permohonan maaf formal. (Sumber: Pexels)

Dalam kasus saat kamu melakukan kesalahan atau pelanggaran tata tertib di tempat kerja, ada baiknya kamu menyatakan permohonan maaf melalui surat resmi. Berikut ini contoh surat pernyataan pelanggaran kerja:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
NIP:
Jabatan:
Divisi/Departemen:


Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Adalah benar bahwa saya telah melakukan pelanggaran………………………………………………………………………………………………………………………pada hari………………., tanggal…….bulan……tahun………

Saya mengaku bersalah atas perbuatan saya dan memohon maaf sebesar-besarnya. Saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut dan saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan dan hukum yang berlaku.

Demikian pernyataan ini saya buat dalam keadaan sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Jakarta, ………………………..
Yang membuat pernyataan,                                                                   Mengetahui,


-----------------------------------------                                                    -------------------------------------

Saksi-saksi:

  1. …………………………………
  2. …………………………………
  3. …………………………………

Selain keenam contoh surat pernyataan di atas, masih ada banyak lagi contoh surat pernyataan untuk berbagai situasi dan tujuan. Apapun tujuannya, pastikan kamu menulis surat pernyataan dengan bahasa yang baik dan penuh kejujuran karena surat ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kamu.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Beserta Cara Membuatnya

Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja lainnya? Cari informasi selengkapnya di Ekrut! Daftarkan diri untuk mendapatkan info menarik dan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Ingin tahu lebih banyak tentang tips resign kerja yang profesional? Simak videonya di sini:

Sumber: 

  • suara.com
  • money.kompas.com
  • www.menpan.go.id

Tags

Share