Published on

Careers

Contoh surat izin tidak masuk kerja beserta cara membuatnya

Maria Tri Handayani

contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

Ada berbagai alasan yang dapat membuat karyawan mendadak tidak dapat masuk kerja. Namun, apapun alasannya, jika memang kamu berhalangan masuk kerja, pastikan untuk selalu mengajukan surat izin tidak masuk kerja kepada atasanmu, ya. 

Tidak hanya sebatas sebagai pemberitahuan, mengajukan surat izin tidak masuk kerja juga menjadi bentuk profesionalitasmu di tempat kerja. Lantas, sudahkah kamu tahu cara membuat surat izin tidak masuk kerja? Bila belum perhatikan beberapa kiat dan contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini.

Cara membuat  surat izin tidak masuk kerja 

contoh surat izin tidak masuk kerja - EKRUT
Di beberpa perusahaan pemberitahuan izin tidak masuk kerja dapat diberikan lewat email - EKRUT

Sebelum mengajukan surat izin tidak masuk kerja, pastikan kamu mencari tahu kebijakan perusahaan terkait persyaratan dan prosedur pengajuan izin tidak masuk kerja. 

Sebab, di beberapa perusahaan karyawan harus mengajukan surat izin tidak masuk kerja secara langsung bila berhalangan hadir. Sementara di perusahaan lainnya terkadang karyawan dapat mengajukan izin tidak masuk kerja cukup melalui pesan email atau pesan singkat kepada atasan. 

Beberapa perusahaan juga mengharuskan karyawan untuk memberi tahu atasan terlebih dahulu sebelum memberikan informasi atau surat izin tidak masuk kerja. Karena itu, kenalilah prosedur pengajuan izin tidak masuk kerja di kantormu dengan tepat. Baca kembali aturan di buku panduan karyawan atau tanyakan kepada bagian HRD untuk mencari tahu alasan-alasan tidak masuk kerja apa yang diperbolehkan kantor.

Jika sudah mengetahui prosedur pengajuan yang tepat, kamu dapat membuat surat izin tidak masuk kerja dengan memperhatikan beberapa tips berikut. 

1. Ikuti format surat formal 

Saat membuat surat izin tidak masuk kerja usahakan untuk menuliskannya dalam format surat formal. Pasalnya, kamu ingin agar surat ini tetap terlihat profesional, bukan. 

2. Isi surat harus singkat dan spesifik 

Tidak perlu menuliskan dengan panjang lebar alasan mengapa kamu terpaksa tidak dapat masuk kerja. Sebaliknya, cukup jelaskan secara singkat beberapa hal seperti: 

  • alasan ketidakhadiran 
  • tanggal ketidakhadiran 
  • durasi berhalangan masuk kerja
  • dan dokumen pendukung bila diperlukan, seperti surat keterangan dari dokter. 

3. Pertimbangkan memberi alternatif

Dalam beberapa kasus kamu dapat memberikan petimbangan untuk menebus ketidakhadiran di tempat kerja tersebut. Misalnya, meski tidak dapat hadir di kantor, kamu tetap bisa bekerja secara remote dari rumah dan dapat dihubungi melalui email.

Alternatif lain yang juga bisa kamu pertimbangkan di dalam surat izin tidak masuk kerja adalah menjelaskan siapa orang yang dapat menjadi back up selama kamu tidak hadir. 

Baca juga: Mengenal surat keterangan kerja beserta contohnya

Contoh surat izin tidak masuk kerja

contoh surat izin tidak masuk kerja - EKRUT
Lampirkan surat keterangan dokter dalam surat izin tidak masuk kerja karena sakit - EKRUT

Berikut ini beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dapat kamu jadikan contoh dan panduan. 

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit  

Jakarta, 6 Juni 2020 

Hal: Permohonan izin tidak masuk kerja 
Lampiran: Surat keterangan dokter 

Yang terhormat, 
Kepala bagian HRD 
PT ABCD 
Jl. alamat kantor 
Jakarta Selatan 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama lengkap: Ezra 
Jabatan        : Content writer 
Alamat        : Jl. alamat rumah 

Dengan ini memohon izin untuk tidak dapat masuk kerja pada hari Senin - Rabu,  tanggal 8-10 Juni 2020 karena alasan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut terlampir surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti. 

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Ezra

 

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena alasan keluarga 

Jakarta, 6 Juni 2020 

Hal: Permohonan izin tidak masuk kerja 

Yang terhormat, 

Kepala bagian HRD 
PT ABCD 
Jl. alamat kantor 
Jakarta Selatan 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama lengkap: Ezra 
Jabatan        : Content writer 
Alamat        : Jl. alamat rumah 
 
Bermaksud mengajukan izin tidak masuk kerja selama 3 hari kerja terhitung dari tanggal 8 - 10 Juni 2020  karena adanya keperluan keluarga yang tidak dapat ditinggalkan. 

Selama tidak dapat masuk kerja, saya tetap dapat dihubungi melalui telepon atau email bila ada keperluan pekerjaan yang  mendesak. Sementara pekerjaan yang saya tinggalkan selama izin akan segera saya selesaikan setelah kembali bekerja. 

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 
 

Ezra

Itulah beberapa contoh surat izin kerja yang dapat kamu jadikan panduan saat harus mengajukan izin ketika berhalangan hadir ke kantor. Meski kamu dapat mengajukan surat izin tersebut, namun pastikan untuk tidak mengarang alasan hanya karena kamu tidak ingin masuk kerja ya.

contoh surat izin tidak masuk kerja- EKRUT

Sumber:

  • thebalancecareeers.com
  • indeed.com
     

Tags

Share