Published on

Careers

4 Contoh surat PHK yang wajib diketahui karyawan

Nelson Simbolon

4_Contoh_surat_PHK_yang_wajib_diketahui_karyawan.jpg

Pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat terjadi pada setiap karyawan, dengan berbagai macam alasan. Sebagai karyawan, kamu harus mengetahui berbagai macam jenis surat PHK dan hak yang akan didapatkan jika hal itu terjadi. 

Penurunan dari sektor ekonomi akibat pandemi berimbas pula pada banyak perusahaan di Indonesia. Hal ini berujung pada pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan. Namun perusahaan tetap wajib memberikan surat dan hak kepada tiap karyawan yang di PHK.

Baca juga: 14 alasan kenapa perusahaan melakukan PHK

Informasi umum dalam surat PHK

Informasi umum dalam surat PHK
PHK Merupakan pengakhiran kerjasama antara perusahaan dengan karyawan - Pexels

Surat pemutusan hubungan kerja atau PHK merupakan dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan atau badan usaha yang berisi tentang pengakhiran kontrak dengan karyawan. 

Pemerintah sendiri sudah mengatur mengenai pemberhentian kerja seorang karyawan dalam UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan termasuk dengan alasannya. Prosedur PHK menurut UU adalah dengan merundingkan terlebih dahulu antara perusahaan dan karyawan terkait.

Jika tetap terjadi PHK, maka perusahaan wajib memberikan pesangon atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian yang seharusnya diterima oleh karyawan. Penghitungan ini juga suad diatur dalam UU Nomor 13 tahun 2003. 

Baca juga: Begini cara menghitung pesangon dengan tepat

4 Contoh surat PHK

4 Contoh surat PHK
Surat PHK dibuat dengan berbagai macam alasan.  - Pexels

Terdapat berbagai alasan diterbitkannya surat PHK kepada karyawan. Berikut beberapa contoh surat PHK yang perlu kamu ketahui:

1) Contoh surat PHK karyawan masa percobaan

Dibawah ini merupakan contoh surat PHK karena tidak dapat melalui masa percobaan.

Kop Surat

Perihal: Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Kepada Yth,
Sdr. Retno
Di tempat

Dengan hormat,

Atas nama perusahaan kamu memohon maaf karena tidak dapat melanjutkan kontrak kerja saudara dengan PT. Abadi. Hal ini terjadi karena setelah melakukan evaluasi pada masa percobaan, kinerja saudara dinilai tidak memenuhi target dan kurang komunikasi dalam melakukan pekerjaan. Akan tetapi, saudara akan tetap mendapatkan gaji sesuai dalam perjanjian masa percobaan sebagai bentuk apresiasi kinerja.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini. Semoga saudara dapat memaklumi keputusan ini sebaik-baiknya. Kami ucapkan terima kasih atas kinerja saudara selama masa percobaan.

Jakarta, 27 Maret 2021


PT. Abadi

2) Contoh surat PHK efisiensi karyawan

Contoh surat berikut mengenai efisiensi karyawan yang dapat disebabkan karena berbagai hal.

Kop Surat

Nomor: 
Diberitahukan Kepada:

Nama   : Wuji Pujiastuti
Jabatan: Team Leader

Kami sangat menghargai kinerja dan usaha Saudara selama bekerja di perusahaan ini. Kami juga menyadari tanpa dukungan saudara, perusahaan ini tidak bisa berjalan dengan lancar. 

Namun karena keadaan yang tidak memungkinkan di masa pandemi, maka kami harus mengurangi jumlah karyawan. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang sulit, mengingat kondisi perusahaan saat ini. 

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami buat. Atas perhatian dan pengertian Saudara, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Jakarta, 30 April 2020

Hormat Kami,

Account Leader

3) Contoh surat PHK karena melakukan kesalahan

Surat PHK dapat dikeluarkan apabila karyawan melakukan kesalahan yang fatal atau berulang dan mengakibatkan kerugian.

Kop Surat

Nomor: 
Diberitahukan Kepada:

Nama   : Ahmad Hoshidin
Jabatan: Staff IT Department

Melalui surat ini kami ingin menyampaikan jika kami sangat menghargai kinerja Saudara selama bekerja di perusahaan. Namun, kami mohon maaf dengan adanya surat ini kami ingin menyampaikan jika perusahaan tidak dapat lagi melanjutkan kerjasama dengan Anda karena adanya pelanggaran aturan fatal yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. 

Sehingga dengan berat hati kami akan memutuskan hubungan kerja dengan saudara dari posisi saat ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami buat. Atas perhatian dan pengertian Saudara, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Jakarta, 01 Januari 2021

Hormat Kami,

Nasari

Head Of IT Department

4) Contoh surat PHK melanggar kedisiplinan

Contoh surat berikut apabila terdapat pelanggaran kedisiplinan yang terus terjadi secara berulang, biasanya telah diberikan surat peringatan sebelumnya.

KOP SURAT

Nomor:
Perihal: Pemutusan Hubungan Kerja

Lampiran:

Yth, Sdr. Karen Susanto

Di tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan surat ini, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan saudari. Selama 6 bulan ini kami terus memantau dan memberikan kesempatan agar Saudari memperbaiki kinerja dan kedisiplinan. Namun, peringatan yang telah kami berikan tidak dihiraukan dan kinerja Saudari semakin menurun. Untuk itu, perusahaan terpaksa memutuskan kerjasama antara Saudari dengan PT. Abadi. Surat ini berlaku pada tanggal, 01 Februari 2021, sebagai bentuk apresiasi, Saudari kan tetap mendapat gaji sebagaimana mestinya.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini. Sekali lagi kami mohon maaf dan semoga Saudari dapat memaklumi.

Terima kasih.

Jakarta, 20 Januari 2021

PT. Abadi
Dina Mariana
HRD Manager

Baca juga: Awas, ini 10 tanda kamu akan mengalami PHK

sign up EKRUT

Dengan mengetahui informasi mengenai surat PHK dan contohnya kamu bisa megetahui alasan diterbitkannya  dokumen tersebut. Kamu juga bisa menuntut hak yang seharusnya didapatkan apabila terjadi pemutusan kerja sesuai dengan peraturan UU. 

Sumber: 

  • greatdayhr.com
  • hukumonline.com
  • talenta
  • gaji.id

Tags

Share