Published on

Expert's Corner

Copywriter: Tanggung jawab, skill set, dan kisaran gaji 2021

Natasya Primatyassari

Copywriter.jpg

Copywriter berperan penting menyampaikan kata-kata dan konten verbal yang dapat melengkapi konten visual. Di tahun 2021 ini, pekerjaan copywriter banyak dibutuhkan oleh perusahaan maupun agensi periklanan. Simak deskripsi pekerjaan, keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang copywriter, serta kisaran gajinya melalui artikel di bawah ini.

Mengenal pekerjaan Copywriter

Mengenal pekerjaan Copywriter
Peran seorang copywriter adalah mengelola kreativitas untuk menghasilkan teks yang menarik - Unsplash

Disadur dari indeed.com, copywriter adalah seorang penulis yang bertanggung jawab untuk menghasilkan teks yang menarik dan jelas untuk berbagai saluran periklanan seperti situs web, iklan cetak, dan katalog.

Copywriter dapat bekerja secara independen sebagai pekerja lepas, bergabung dengan agensi periklanan, atau ditempatkan di departemen pemasaran internal untuk menghasilkan materi promosi secara tertulis yang membuat produk perusahaan lebih mudah dijangkau serta mampu menarik pelanggan potensial.

Copywriter dapat menulis teks untuk navigasi situs web, slogan iklan, kampanye surel, kiriman media sosial, blog, dan media lain yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan publik. Tugas copywriter juga termasuk meriset kata kunci, menghasilkan konten tertulis yang menarik serta mengoreksi kembali tulisan untuk memastikan akurasi dan kualitas. Peran seorang copywriter adalah mengelola kreativitas untuk menghasilkan teks yang menarik.

Baca juga: Tips belajar copywriting bagi pemula

Tanggung jawab seorang Copywriter

Tanggung jawab seorang Copywriter
Menulis teks pemasaran merupakan keseharian seorang copywriter - Unsplash

Berikut tugas dan tanggung jawab copywriter dalam pekerjaan sehari-hari dapat digambarkan melalui poin-poin di bawah ini.

  • Menulis konten secara tepat dan jelas untuk situs web yang mencerminkan suara perusahaan.
  • Bertemu dengan klien untuk memahami pesan, identitas brand, dan audiens target perusahaan.
  • Mengusulkan konsep tulisan dengan cara yang menarik bagi klien dan mewujudkan ide tersebut setelah mendapat persetujuan.
  • Menafsirkan arahan kreatif dan informasi teknis kemudian mengubahnya menjadi konsep tulisan yang persuasif.
  • Berkolaborasi dengan public relations dan departemen pemasaran untuk bertukar pikiran dan mengembangkan berbagai materi pemasaran.
  • Bekerja dengan klien untuk menyunting dan memodifikasi tulisan agar sesuai dengan ekspektasi mereka.

Apa saja perbedaan content writer dengan Copywriter?

perbedaan content writer dengan Copywriter
Meskipun sama-sama berprofesi sebagai penulis, copywriter dan content writer memiliki beberapa perbedaan - Unsplash

Meskipun terlihat serupa, pekerjaan copywriter dan content writer mempunyai perbedaan tertentu. Berikut poin-poin perbedaannya dikutip dari Quietly.

Copywriter Content Writer
Copywriter adalah seorang profesional yang mempunyai keahlian khusus menulis teks pemasaran. Content writer bisa siapa saja yang memproduksi atau menulis konten. 
Tujuan akhir dari copywriting untuk mempromosikan sebuah ide atau gagasan. Tujuan akhir dari content writing atau penulisan konten untuk menciptakan informasi yang berkualitas sehingga dapat membantu audiens memahami brand dan memunculkan ketertarikan.
Pada awalnya, tugas copywriter hanya terbatas pada iklan. Namun, keberadaan internet mengubah ruang lingkup pekerjaan copywriter. Saat ini tugas mereka tidak hanya terbatas pada penulisan slogan dan tagline tetapi juga dapat mengerjakan penulisan konten di situs web, konten SEO, kampanye surel, skrip iklan televisi atau radio, skrip video, siaran pers, dokumen resmi, katalog, papan iklan, brosur, lirik lagu untuk jingle, dan media sosial. Content writer memiliki lebih banyak peluang untuk menulis berbagai jenis konten, seperti blog, surat kabar, artikel majalah, nawala elektronik, buku elektronik, buku, kiriman media sosial, siniar, siaran televisi, film, dan radio.

Baca juga: 8 Perbedaan antara Copywriter dan Content Writer

Skill set yang dibutuhkan seorang Copywriter

Skill set yang dibutuhkan seorang Copywriter
Untuk menjadi copywriter yang handal, kamu harus menguasai beberapa keahlian - Unsplash

Meskipun terlihat mudah, menulis teks pemasaran membutuhkan keahlian khusus serta jam terbang yang nantinya mempengaruhi kualitas tulisan. Oleh karena itu, jika kamu hendak menjadi seorang copywriter, setidaknya kamu menguasai hal-hal sebagai berikut.

  • Memiliki sisi kreatif dan imajinatif serta punya rasa ingin tahu yang tinggi mengenai produk atau layanan klien.
  • Terampil dalam menciptakan teks yang ringkas dan jelas sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  • Memahami penggunaan beraneka macam gaya bahasa yang dapat menarik berbagai target pasar.
  • Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik.
  • Bekerja dengan baik dalam tim bersama dengan orang-orang kreatif.
  • Dapat mengelola beban kerja secara efektif.
  • Memiliki motivasi diri yang tinggi dan terorganisir dengan baik.
  • Dapat melihat dari sudut pandang orang lain dan mau menerima masukan.
  • Memiliki kompetensi sebagai pemimpin dan menguasai keterampilan manajemen proyek.

Baca juga: 6 Jurus copywriting untuk tingkatkan konversi email

Kisaran gaji Copywriter 2021 

Kisaran gaji Copywriter 2021
Pendapatan seorang copywriter sangat bervariasi karena banyak faktor yang mempengaruhinya - Freepik

Mayoritas copywriter bekerja dari hari Senin hingga Jumat meskipun terkadang pekerjaan dapat fleksibel hingga malam hari atau akhir pekan. Beberapa copywriter lebih memilih menjadi pekerja lepas atau bekerja dari jarak jauh dan hal tersebut merupakan sesuatu yang lazim dilakukan. Tidak hanya bekerja di kantor atau studio, copywriter terkadang juga melakukan perjalanan dinas dengan creative director untuk bertemu dengan klien.

Berdasarkan laman indeed.com, rata-rata gaji copywriter di Indonesia berkisar Rp 3.000.000-Rp 5.000.000/bulan. Namun, angka-angka ini sebenarnya hanya sebagai panduan karena pendapatan yang diperoleh oleh seorang copywriter dapat bervariasi tergantung dengan jenjang karir, tingkat pengalaman, peraturan perusahaan, domisili tempat kerja, atau reputasi agensi periklanan. 

Melihat peluang kerja di dunia copywriter, apakah kamu tertarik menjadi salah satunya? Jika kamu ingin menjadi copywriter handal dengan bergabung di perusahaan atau agensi ternama, kamu bisa mendapatkan berbagai kesempatan dan peluang kerja melalui EKRUT. Kamu juga bisa menyimak tips membuat copywriting yang menarik melalui video di bawah ini. 

sign up EKRUT

Sumber:

  • indeed.com
  • creativepool.com 
  • raise.me 
  • blog.quiet.ly

Tags

Share