Published on

Careers

8 Perbedaan antara Copywriter dan Content Writer, sudah tahu?

Tsalis Annisa

Copywriter-dan-Content-writer-EKRUT.jpg

Kedua profesi ini terkadang dapat membuat orang bingung, lantaran namanya yang hampir sama. Nyatanya, kedua nama ini memiliki tugas yang berbeda.  Lalu, apakah perbedaan di antara Copywriter dan Content Writer?

Apa itu content writer?

Copywriter dan Content writer EKRUT
 
Content writer adalah orang yang bertugas menulis konten untuk situs sesuai permintaan klien-EKRUT

Sesuai dengan namanya, seorang Content Writer bertugas untuk menulis konten yang relevan dengan website atau sesuai dengan permintaan klien. Adapun konten yang dituliskan umumnya berupa artikel yang lebih panjang, dan detail.

Sebelum menuliskan artikelnya, seorang Content Writer akan mempertimbangkan penggunaan kata kunci atau keywords yang erat kaitannya dengan SEO atau Search Engine Optimization. Tujuannya adalah agar artikel yang dibuatnya dapat lebih mudah ditemukan oleh target audience.

Pada sebagian perusahaan, Content Writer termasuk ke dalam divisi Marketing. Tujuannya agar website dan produk yang ditawarkan akan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencarian Google.

Sedangkan di sebagian perusahaan lainnya yang murni berisikan informasi, Content Writer masuk ke dalam tim Editorial atau Content. Di perusahaan seperti ini, umumnya konten yang dibuat akan bertujuan untuk mengedukasi pembaca agar informasi yang kompleks dapat lebih mudah dimengerti oleh awam. 

Baca juga: 6 Pertanyaan interview kerja khusus untuk Content Writer

Meski menjadi seorang Content Writer nampak mudah, beberapa skills di bawah ini perlu dimiliki.

Copywriter dan Content writer EKRUT 
Salah satu skill yang harus dimiliki oleh Content Writer yakni beradaptasi dengan berbagai macam segmentasi tulisan-EKRUT 

  • Mudah beradaptasi

Setiap website memiliki karakter masing-masing, dan memiliki target audience atau pembaca yang berbeda. Misalnya, gaya bahasa pada konten kesehatan, tentu akan berbeda dengan gaya bahasa pada website yang berisikan informasi finansial.
Itulah mengapa seorang Content Writer perlu memiliki untuk mudah beradaptasi.

  • Memiliki pengetahuan SEO

Seperti yang disebutkan di atas, sebelum menulis, seorang Content Writer harus mempertimbangkan SEO keywords yang akan digunakan di dalam konten tersebut. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Content Writer juga memiliki pengetahuan mengenai SEO, dan terus update mengenai perubahan algoritma Google.

  • Memiliki kemampuan menganalisa atau riset yang bagus

Content Writer yang memiliki kemampuan untuk meriset dipercaya akan lebih efektif dalam mendapatkan informasi dan dapat menghasilkan konten yang memiliki kredibilitas.

  • Editing 

Seorang Content Writer juga harus mampu membuat tulisan yang epik dengan minim kesalahan ejaan. Maka dari itu, skill lain yang harus dimiliki oleh Content  Writer adalah mampu mengedit tulisannya sendiri agar enak dibaca. Meskipun nantinya Content Editor akan membantu menyempurnakan kembali tatanan tulisan tersebut. 

Selain 4 hal di atas, seorang Content Writer diharapkan mampu bekerja dengan fokus, dan terorganisir. Sehingga ia dapat dengan mudah menyelasaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline.

Baca juga: Dengan strategi konten dan SEO, website milikmu akan berkembang

Apa itu copywriter?

Copywriter dan Content writer EKRUT 
Sedangkan Copywriter lebih khusus menuliskan konten yang bersifat komersil-EKRUT

Profesi Copywriter juga menuliskan sebuah konten informasi, namun Copywriter lebih dikhususkan untuk kebutuhan komersil. Menulis ads copy yang nantinya akan dipasang pada berbagai platform, termasuk platform sosial media.

Tujuannya tentu agar konten yang diciptakan dapat menarik pembaca untuk menggunakan atau membeli produk yang dijual. Seorang Copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan di TVC, radio, ataupun media lainnya.

Termasuk juga dalam pembuatan sebuah jingle lirik, atau slogan sebuah perusahaan. Diperlukan seseorang yang bisa berpikir kreatif, menemukan kata-kata unik tanpa mengurangi nilai informasi yang ingin diberikan.

Adapun skills yang dibutuhkan oleh seorang Copywriter adalah sebagai berikut.

Copywriter dan Content writer EKRUT 
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh Copywriter yakni kreativitas dan rasa ingin tahu yang tinggi untuk menghasilkan konten yang menarik bagi pengguna-EKRUT

  • Kreatif

Seorang Copywriter setidaknya harus mampu menciptakan sesuatu yang baru, dan hal ini tentunya akan sangat menantang. Bahkan bukan tidak mungkin kamu mengalami kebuntuan dalam mencari kata yang menarik saat kamu dihadapkan oleh topik yang tidak familiar.

  • Memiliki rasa penasaran

Ketika kamu dihadapkan oleh satu topik yang tidak familiar bagimu, maka rasa ingin tahu yang cukup tinggi akan diperlukan. Pasalnya kamu perlu menggali lebih dalam mengenai produk tersebut, hingga akhirnya dapat menghasilkan karya yang menarik.

  • Miliki kemampuan menulis yang baik

Selain Content Writer, Copywriter juga perlu memiliki kemampuan menulis dengan baik, serta memiliki pengetahuan mengenai tata bahasa, tanda baca, dan bahkan memiliki kosakata yang luas.

  • Mengerti user experience

Bekerja sebagai Copywriter akan lebih baik bila memiliki pengetahuan terkait pengalaman pengguna. Pakar Content Marketing Neil Patel mengatakan, bila ini menjadi salah satu keterampilan yang esensial.

Oleh sebab itu, dalam menjalankan tugasnya, fokuskan tulisan Copywriter hanya untuk ketertarikan pengguna dengan membuat tajuk utama yang dicari pengguna, keywords berdasarakan kebutuhan pengguna hingga pembuatan konten berdasarkan kapasitas pengguna. 

Baca juga: 5 tips agar kontenmu disukai pembaca

Di samping beberapa skills atau kemampuan di atas, seorang Copywriter juga perlu memiliki kemampuan untuk meriset, dan menghasilkan konten yang dapat menyentuh emosi pengguna. Agar kamu semakin paham, simak penjelasan di video berikut. 

 

Sekarang kamu sudah tahu apa perbedaan antara Copywriter dan Content Writer, bukan? Kedua profesi ini memiliki kelebihan masing-masing, tentukanlah bidang menulis yang sesuai minat dan bakatmu. Setelah itu, lakukanlah secara konsisten, agar kamu dapat andal di bidang tersebut dan dapat terus mengembangkan karier.

Agar kamu dapat terus mengembangkan kariermu, mulailah daftarkan dirimu di website Talent Marketplace. Karena dengan begitu, kamu akan lebih mudah ditemukan oleh perusahaan terbaik.

Gabung komunitas Digital Marketing EKRUT:

sign up EKRUT

 

 

 


Last update 8 March 2020

Sumber:

Tags

Share