Published on

Careers

10 Coworking space Jogja yang nyaman untuk kerja

Nur Lella Junaedi

Coworking-space-Jogja-EKRUT.jpg

Terlalu lama remote working bisa menimbulkan rasa jenuh. Bila dibiarkan begitu saja, maka produktivitas dalam bekerja akan terganggu. Solusinya adalah dengan mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk bekerja. Nah, jika kamu saat ini sedang berada di kota gudeg, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan 7 rekomendasi coworking space Jogja yang nyaman berikut ini. 

1. Jogja Digital Valley 

Coworking space Jogja EKRUT 
Jogja Digital valley tak hanya sebagai coworking space tapi juga tempat inkubator startup - EKRUT

Jogja Digital Valley menjadi tempat yang memiliki dual fungsi yaitu sebagai coworking space sekaligus tempat inkubator startup. Ini merupakan tempat inkubator kedua yang dibangun oleh Telkom setelah Bandung Digital Valley.

Terletak di Jl. Kartini no 7 Terban, coworking space Jogja yang satu ini ini dapat digunakan secara gratis oleh komunitas, startup, dan freelancer dengan mendaftar sebagai member terlebih dulu. Beberapa fasilitas yang disediakan di sini di antaranya meeting room, lounge, kegiatan seminar hingga cafe yang terletak di taman bagian belakang. 

Baca juga: 5 Rekomendasi coworking space di Jakarta

2. Genius Idea 

Coworking space Jogja EKRUT
 Di Genius Idea ini selain sebagai coworking space tapi juga office space, event space dan coliving - EKRUT

Genius Idea bukan coworking space biasa, tempat ini juga diperuntukkan sebagai coliving, office space, dan event space. Terletak di pusat kota keberadaan Genius Idea bisa kamu temukan di Jl. Magelang no 32-34 Cokrodiningrat, Jetis, Yogyakarta. 

Ada berbagai macam layanan yang disediakan oleh Genius Idea, di antaranya seperti, 

  • Flexible desk menyediakan ruangan kerja terbuka untuk para pekerja yang membutuhkan fleksibilitas. Harga yang dibanderol untuk menggunakan fasilitas ini mulai dari Rp 75.000 per hari untuk satu orang. 
  • Virtual office adalah layanan sewa ruang kantor yang dilengkapi dengan fasilitas surat domisili usaha dan fasilitas alamat kantor. Harga fasilitas ini dimulai dari Rp 350.000 per bulan. 
  • Event space, fasilitas untuk menggelar berbagai macam acara dengan kapasitas hingga 100 orang. Adapun biayanya sewanya sekitar Rp 550.000 per jam.

3. Diskominfo coworking space 

Coworking space Jogja EKRUT
 Coworking space ini didirikan oleh badan Diskominfo DIY - EKRUT

Daftar coworking space Jogja selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yakni Diskominfo coworking space yang didirikan oleh badan Diskominfo DIY sebagai bentuk perhatian terhadap komunitas kreatif digital yang ada di kota pelajar. Sama seperti Jogja Digital Valley, setiap pengunjung yang ingin menggunakan coworking space ini harus melakukan registrasi dulu ke petugas creative space yang berada di tempat. 

Selain itu, tempat ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00 disertai dengan beberapa fasilitas diantaranya ruang komputer, ruang rapat, proyektor, studio mini, LCD, WIFI, sound system, dispenser, dan AC.  

4. Bee Hive coworking space 

Coworking space Jogja EKRUT 
Bee Hive hadir mengusung tema cafe coworking space - EKRUT

Berbeda dengan tiga coworking space lainnya, Bee Hive hadir dengan mengusung tema cafe coworking space dengan konsep cafe vintage Inggris. Menariknya, tempat ini juga menjadi coworking space 24 jam yang buka setiap hari. Kamu bisa bekerja dengan tenang dan nyaman di sini sambil menggunakan berbagai fasilitas seperti meeting room, laserjet print, skype & call room, dan wifi. 

Terdapat juga cafe dengan variasi menu western yang menyajikan makanan seperti pasta, sandwich, salad, steak, cake dan sebagainya. Penasaran? Langsung saja kunjungi alamatnya di Jl. Damai no 8 Tambakan Sinduharjo, Sleman, Yogyakarta.   

5. Sinergi coworking space 

Coworking space Jogja EKRUT 
Sinergi coworking space didesain nyaman untuk bekerja - EKRUT

Sinergi coworking space Jogja jadi rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu pilih. Terletak di Jl. Cendrawasih Demangan, Sleman, Yogyakarta, tempat ini beroperasi setiap hari dari pukul 10.00 hingga 00.00 dini hari. Pengunjung bisa bekerja dengan nyaman di sini karena tempat didesain dengan interior yang bagus disertai ventilasi dan cahaya yang cukup serta dekorasi tanaman membantu menghilangkan penat di pikiran.  

Di samping itu, bila kamu lapar kamu juga bisa membeli makanan di lantai bawah karena harga menu Sinergi coworking spaceJogja juga terbilang murah, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 saja. 

6. Antologi collaborative space 

Coworking space Jogja EKRUT 
Ada beberapa paket yang disediakan oleh Antologi collaborative - EKRUT

Sedang mencari coworking space Jogja di sekitar Tawangsari? Itu artinya kamu bisa mengunjungi Antologi collaborative space. Berdiri sejak 2016 lalu, Antologi menyediakan fasilitas kerja yang disertai dengan ruang meeting dan seminar. 

Beberapa paket layanan yang disediakan di sini di antaranya,

  • Meeting space dengan biaya sewa sekitar Rp 200.000 untuk setengah hari,
  • Paket flexible membership mulai dari Rp 500.000 per bulan, 
  • Paket office space membership Rp 4.500.000 per bulan 
  • Event space yang dipatok sekitar Rp 40.000 per pax untuk 3 jam dengan kapasitas hingga 120 audiens. 

7. KantorJogja.com

Coworking space Jogja EKRUT 
KantorJogja.com menyediakan berbagai fasilitas ruang kerja dan event space - EKRUT

Daftar coworking space Jogja berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah KantorJogja.com yang terletak di Jalan Magelang 188, Karangwaru, Yogyakarta. 
Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas untuk ruang kerja bersama dan event space yang dilengkapi dengan seperangkat alat print, scan, copy, proyektor, gratis kopi dan teh, Wi-Fi serta conference room. Adapun biaya sewa ruangan kantor di sini bervariasi mulai dari Rp1.900.000,00 per bulan hingga Rp4.800.000,00 per bulannya. 

8. Ruang Kerja

Ruang Kerja
Menyelesaikan pekerjaan dengan pemandangan hijau di Ruang Kerja - Instagram Ruang Kerja

Berada di tengah kota, Ruang Kerja Coffee and Collaboration menawarkan tempat bagi mahasiswa maupun pekerja untuk menyelesaikan tanggung jawabnya dengan suasana baru yang menenangkan.

Tempat ini terbagi menjadi tiga, yaitu bagian indoor dengan sekar kaca, meja kursi kayu, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan, bagian outdoor yang berada di belakang dengan pagar tanaman hijau, serta ruang pertemuan dengan kapasitas 50 orang yang berada di lantai dua. Beberapa paket layanan yang disediakan di sini antara lain sebagai berikut,

  • Meeting space dengan paket 3 jam, 6 jam, dan 8 jam;
  • Virtual office dengan tarif Rp500.000,00 per bulan atau Rp5.000.000,00 per tahun.

Untuk menemani bekerja, Ruang Kerja menyediakan berbagai pilihan menu mulai dari minuman kopi dan nonkopi, makanan ringan, hingga makanan berat yang disajikan dengan nasi. Ruang Kerja juga memiliki sirkulasi udara yang memadai dan pemandangan menarik yang mengarah langsung ke Kali Code. Oleh karena itu, tak heran jika kafe sekaligus coworking space yang bertempat di Ruko Dr. Sardjito, Terban, Gondokusuman, ini selalu ramai dengan pengunjung.

9. Kolektif Collaboraction Space

Kolektif Collaboraction Space
Kolektif memiliki ruangan yang cukup luas dan nyaman - Instagram Kolektif

Kolektif Collaboraction Space yang terletak di Jalan Watugede 58 Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman ini memiliki ruangan yang cukup luas dan nyaman. Di bagian indoor, pengunjung dapat memilih untuk duduk di kursi kayu atau bean bag yang empuk, sedangkan bagi pengunjung yang senang menikmati udara segar dapat memilih bekerja di bagian outdoor. Suasana sejuk dan pepohonan hijaunya dapat membangkitkan inspirasi yang membantumu bekerja dengan efektif.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Kolektif sangat mendukung produktivitas pengunjung. Kamu bisa menyelenggarakan kegiatan di workspace yang disediakan atau menggunakan meeting room untuk rapat dan berdiskusi. Kolektif juga memiliki ruangan khusus yang dapat menampung hingga 70 orang.

Hal lain yang tak kalah penting yaitu Kolektif menyediakan menu yang sangat bervariasi mulai dari aneka minuman, seperti es kopi kolektif, salted caramel coffee frappe, cookies and cream frappe, hingga aneka makanan ringan dan berat, seperti french fries, banana crispy, pasta aglio olio, fish and chip, serta aneka rice bowl. Harga minuman mulai dari Rp14.000,00 hingga Rp41.000,00, sedangkan harga makanan mulai dari Rp22.000,00 hingga Rp40.000,00.

10. Relasi

Relasi
Relasi adalah salah satu coworking space dengan fasilitas terlengkap - Instagram Relasi

Rekomendasi coworking space Jogja yang terakhir berlokasi di kawasan kampus, tepatnya di Jalan Pogung Baru, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman. Relasi menawarkan beberapa area yang nyaman digunakan untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Fasilitas yang disediakan di sini juga cukup memadai mulai dari steker yang tersedia di setiap meja, Wi-Fi, pendingin ruangan, hingga musala dan loker.

Di tempat ini, kamu bisa memesan aneka minuman seperti kopi, cokelat, mojito, maupun makanan ringan dan berat seperti nachos, french fries, sandwich, yang cocok untuk menemanimu beraktivitas seharian. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp23.000,00 untuk minuman dan Rp21.000,00 untuk makanan ringan.
Bagi startup yang membutuhkan ruang kerja, Relasi juga menyediakan office space, meeting space, dan meeting room yang dapat disewa dengan harga bervariasi mulai dari Rp100.000,00 hingga Rp6.000.000,00. 

Baca juga: 7 Coworking space di Surabaya yang nyaman untuk kerja

Nah, itu tadi 10 rekomendasi coworking space Jogja yang bisa dipilih untuk kamu yang sedang mencari suasana baru selama remote working atau mempertimbangkan lokasi kantor untuk bisnis barumu. Selain menyegarkan pikiran dengan atmosfer baru, kamu juga bisa menerapkan berbagai tips di bawah ini untuk mengatasi burnout saat harus bekerja dari jarak jauh. Selamat mencoba!

Coworking space Jogja EKRUT
Last update: 17 September 2021

Sumber:

  • jogjadigitalvalley.com
  • geniusidea.id 
  • dcs.diskominfo.jogjaprov.go.id
  • cafebrick.co.id/beehive
  • sinergi-coworking-space.business.site
  • kantorjogja.com
  • genpijogja.com
  • brisik.id

Tags

Share