Published on

Careers

Data Driven: Pengertian, Pentingnya, Cara Menerapkan, dan Tips Mempresentasikannya

Detty Risetya

cover_(2).jpg

Di era modern saat ini, data driven adalah salah satu pendekatan yang sering dilakukan perusahaan ketika mengambil keputusan strategis. Secara sederhana, data driven adalah aktivitas perusahaan yang membuat keputusan berdasarkan data agar bisa melayani konsumen dengan lebih baik.

Semua keputusan dan proses data driven adalah dianalisis dari data. Sebagai contoh, katakanlah jika analisis data mengungkapkan bahwa pengguna perangkat seluler menyukai kegiatan berbelanja di platform media sosial. Bisnismu harus bisa memanfaatkan data tersebut.

Pada umumnya, data driven adalah penentuan tindakan berbasis data yang paling sering terlihat di bidang teknologi. Saat ini, hampir kebanyakan bisnis membuat keputusan penting berdasarkan data. Dengan begitu, hasilnya akan lebih mendekati akurat, bukan sekadar spekulasi.

Apa itu data driven?


Dengan data driven, perusahaan lebih mudah mengambil keputusan berbasis data. (sumber: pexels) 

Data driven adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan proses atau aktivitas tertentu berdasarkan data yang tersedia. Jadi, peran data driven sangat penting bagi pengambilan keputusan strategis di perusahaan. Fungsi utama menjalankan suatu proses atau aktivitas berdasarkan data driven tingkat akurasinya tinggi dan lebih tervalidasi sesuai data yang dikumpulkan.

Baca juga: Memahami Big Data dan Kegunaannya

Pentingnya data driven


Data driven dapat berbasis data yang dikumpulkan secara valid dan kredibel. (sumber: pexels) 

Dari penjelasan di atas, telah diketahui sekilas bahwa data driven sangat layak diterapkan dalam menjalankan bisnis. Berikut ini adalah alasan mengapa data driven itu penting.

1. Pekerjaan lebih terarah

Dikarenakan wajib berdasarkan data, data driven membuat pekerjaan yang dilakukan jauh lebih terarah. Nantinya, data tersebut bisa memberikan gambaran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

2. Pengambilan keputusan lebih mudah

Peran penting selanjutnya dari data driven adalah membuat keputusan cepat demi kebaikan perusahaan. Data driven memberikan data penting, seperti perilaku pelanggan, tren pasar, dan demografi pelanggan yang sangat penting untuk mengambil kebijakan perusahaan dengan tepat.

3. Mudah memprediksi masa depan

Data driven dapat membuatmu jadi lebih mudah untuk memprediksi masa depan. Tentu hal ini tidak bisa lepas dari sisi akurasi data driven itu sendiri. Jadi, jika kamu nantinya menggunakan data driven di dalam pekerjaan, kamu pun bisa melakukan berbagai prediksi yang bisa saja terjadi di masa depan.

4. Peningkatan layanan pelanggan

Perusahaan dapat memakai data untuk menentukan apa yang disukai konsumen. Misalnya, perusahaan bisa mempelajari cara apa yang paling cepat dan efisien dalam menjawab masalah konsumen. Katakanlah data menunjukkan konsumen suka memakai WhatsApp atau Live Chat. Dari sini, dapat dikatakan bahwa data driven adalah salah satu kunci meningkatkan layanan yang lebih baik bagi konsumen.

5. Meningkatkan penjualan

Tiap bisnis ingin memaksimalkan pertumbuhan omzet. Di pasar global yang kompetitif, data driven adalah senjata ampuh menerjemahkan data menjadi peluang pendapatan. Misalnya, pertumbuhan penjualan yang lebih lambat dapat menjadi tanda kinerja tim penjualan yang biasa-biasa saja. Dengan menggali data, manajer dapat mengidentifikasi masalah dan mengembangkan strategi penjualan yang tepat.

Baca juga: 4 Langkah Data Preprocessing agar Data Lebih Mudah Dibaca

Cara menerapkan data driven dalam membuat keputusan


Berhati-hati menggunakan data driven agar keputusan yang diambil tidak keliru. (sumber: pexels) 

Ada beberapa cara untuk menerapkan data driven yang bisa kamu coba, seperti berikut ini.

1. Tentukan tujuan

Agar data driven bisa bisa diterapkan dengan baik, kamu perlu mengetahui apa saja tujuan untuk menerapkannya. Dengan menentukan tujuan sejak awal, tentunya akan membuatmu menerapkan data driven sesuai keinginan.

2. Ketahui sumber data

Jika kamu ingin sukses dalam penerapan data driven, cobalah mengetahui dari mana saja sumber data yang ada. Dengan menerapkan cara tersebut, nantinya kamu bisa menerapkan proses yang valid dari sumber terpercaya.

3. Pilih data yang dijadikan acuan

Kamu harus memilih mana saja sumber daya yang dijadikan acuan atau referensi. Kumpulkan semua data, kemudian seleksi data mana yang dianggap kredibel sebagai referensi.

4. Ukur keberhasilan

Keputusan strategis telah dibuat dan hasilnya sudah diambil. Namun, bukan berarti proses ini selesai. Lihatlah data yang awalnya dikumpulkan dan berdasarkan keputusan awal. Kemudian, bandingkan data historis lama dengan data baru yang sudah dikumpulkan dan lihat apakah keputusan berdasarkan data memiliki dampak pertumbuhan positif pada bisnis. Jika keputusanmu berhasil, selamat! Tetapi jika tidak, tidak apa-apa. Setidaknya, sekarang kamu sudah tahu apa strategi bisnis apa yang berhasil dan tidak.

Baca juga: Data Scientist: Tanggung Jawab, Keahlian, dan Kisaran Gaji 2022

Tips mempresentasikan data


Mempresentasikan data dengan baik butuh latihan dan keterampilan komunikasi. (sumber: pexels) 

Berikut ini adalah tips untuk mempresentasikan data yang bisa kamu terapkan.

1. Berlatih teknik presentasi yang baik

Ada beberapa orang yang belum memahami bagaimana presentasi yang baik. Untuk itu, mungkin beberapa orang memerlukan pelatihan teknis tambahan. Berlatihlah dengan menguasai materi yang ingin kamu sampaikan sehingga presentasi akan berjalan dengan baik.

2. Kekuatan analogi

Gunakanlah analogi untuk menjelaskan ide teknis sehingga memudahkan orang-orang untuk mengingatnya dan membuat mereka merasa tertarik juga terhibur.

3. Gunakan angka seminimal mungkin

Ketika melakukan presentasi, sebaiknya jangan terlalu banyak menampilkan angka-angka yang membuat audiens pusing. Jika ada banyak angka di presentasimu, ubahlah menjadi tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami. Misalnya, gunakan diagram, grafik, gambar, infografis, atau tampilkan satu ide per slide-nya.

Baca juga: Data Analyst: Pengertian, Gaji, Skills, Tools & KPI

Itu dia penjelasan tentang pengertian data driven dan peran pentingnya dalam pengambilan keputusan bisnis. Dari informasi di atas, sekarang kamu memahami betapa pentingnya data bagi segala aktivitas perusahaan, kan? Karena itu, ikuti terus EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi dan tips berharga seputar industri bisnis lainnya. Kamu juga bisa sign up di EKRUT sekarang untuk membuka kesempatan karier dari berbagai perusahaan bonafide di Indonesia sesuai passion-mu!

Sumber:

  • sydle.com
  • equifax.com
  • northeastern.edu

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video