Technology

Pengertian Digital Branding beserta Manfaat dan Strateginya yang Efektif

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_digital_branding.jpg

Digital branding adalah upaya membangun nama dan image sebuah brand atau produk di dunia digital. Digital branding merupakan kunci sukses utama dalam dunia bisnis online. Ketahui pengertian digital branding beserta manfaat dan strateginya yang efektif.

Apa itu digital branding?


Digital branding merupakan proses membangun dan mendesain brand. (sumber: pexels)

Digital branding merupakan proses membangun dan mendesain brand secara online melalui berbagai platform digital seperti dengan menggunakan website, aplikasi, media sosial, dan lain-lain. Digital branding merupakan salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menyampaikan nilai produk dan membangun koneksi dengan konsumen. Memaksimalkan digital branding dapat membantumu dalam mempromosikan dan menjalankan berbagai strategi marketing.

Keberhasilan membangun digital branding akan membawa dampak positif bagi sebuah bisnis, salah satunya meningkatkan omset penjualan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Contoh penerapan digital branding, yaitu menghadirkan sebuah website yang nyaman untuk digunakan.

Baca juga: Email Marketing Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Strategi Agar Email Marketing Efektif

Manfaat digital branding


Digital branding bermanfaat untuk membangun ikatan dengan konsumen. (sumber: pexels)

Peran digital branding begitu penting karena dengan digital branding, maka kamu mampu membangun ikatan yang erat dengan konsumen. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari digital branding.

1. Menciptakan interaksi yang baik dengan konsumen

Teknik digital branding akan memberikan kesempatan untukmu dalam membangun interaksi yang baik dengan masyarakat. Contoh cara sederhananya adalah dengan menciptakan konsep storytelling. Nantinya, calon konsumen akan memilih sendiri brand mana yang paling dekat dengan tingkat emosional mereka.

2. Lebih mudah diingat

Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial dalam memasarkan brand-mu agar lebih mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, kamu juga bisa mengadopsi berbagai tren internet yang saat ini sedang berlangsung agar masyarakat bisa lebih mengingat brand-mu.

3. Membuat produk lebih menonjol

Sebagai daya tarik, kamu bisa menggunakan sisi unik tersendiri dari brand milikmu sehingga brand-mu akan lebih terlihat menonjol dari brand lainnya.

4. Memperluas networking

Jika konsep digital branding-mu berhasil, maka kamu akan lebih mudah dalam memperluas networking bisnismu. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan beragam platform online yang sudah populer demi memperluas networking bisnismu.

5. Membuat bisnis makin dikenal

Dalam dunia digital seperti saat ini, membuat konten viral merupakan hal yang biasa. Meskipun tidak bisa direncanakan secara menyeluruh, namun bukan hal yang mustahil bila bisnismu bisa viral. Kuncinya adalah konsisten. Publikasikanlah berbagai konten menarik sesering mungkin dan sebanyak mungkin. Lalu, perkuat strategi marketing-mu. Makin besar upayamu dalam mempopulerkan bisnis, maka akan makin besar juga tingkat kesempatan untuk bisa viral.

Baca juga: 14 Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia beserta Daftar Layanannya

Strategi digital branding yang efektif


Logo merupakan salah satu strategi digital branding yang efektif. (sumber: pexels)

Berikut ini adalah berbagi strategi digital branding yang efektif untuk brand-mu.

1. Logo

Logo merupakan suatu hal yang penting karena komponen ini merupakan identitas visual dari suatu brand. Dengan adanya logo, maka brand-mu akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang. Logo juga bisa dijadikan sebagai identitas utama dari seluruh platform dan channel marketing yang akan kamu gunakan.

2. Website

Jika logo bisa diartikan sebagai sebuah simbol dari bisnismu, maka website bisa diartikan sebagai platform digital yang berguna sebagai etalase brand-mu. Saat konsumen ingin lebih banyak mengetahui tentang brand-mu, maka mereka bisa membuka halaman informasi terkait melalui website. Selain itu, mereka akan lebih mudah mencarinya di Google saat mengetik brand milikmu.

3. Brand messaging

Brand messaging merupakan pesan yang ingin brand-mu sampaikan pada calon konsumen. Contohnya, bila kamu membuka usaha toko buku vintage dengan kumpulan buku-buku langka, maka pesan ini harus disampaikan pada brand message-mu. Selain itu, pesan yang disampaikan pun harus sesuai dengan visi dan misi serta kegiatan yang bisnismu tekuni.

4. SEO

SEO (search engine optimization) akan memastikan brand dan produkmu menjadi sangat mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari dan meriset kata kunci pada artikelmu adalah Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool dari Google.

5. Media sosial

Manfaatkan media sosial untuk melakukan digital branding yang menarik agar mampu memikat lebih banyak konsumen. Namun saat menggunakannya, kamu harus memiliki sikap seperti para influencer, artinya kamu harus menjadwalkan waktu posting konten, memperhatikan komentar, dan merespons pesan yang masuk. Selain itu, pantau juga perkembangan konten media sosialmu secara berkala.

6. Email marketing

Email marketing merupakan cara mudah dalam menjangkau konsumen, terutama untuk mereka yang anti atau tidak aktif menggunakan media sosial.

7. Content marketing

Content marketing merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam membangun ikatan yang erat antara calon konsumen dengan brand-mu. Selain itu, content marketing juga bisa membuat branding terlihat lebih hidup. Jika pada digital marketing penerapannya lebih fokus pada penjualan, maka content marketing akan lebih fokus pada keterlibatan audiens dengan kontenmu. Suatu iklan content marketing yang sukses mampu membuat calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian dan membuat mereka antusias terhadap brand-mu.

8. Online ads

Online ads bisa dijadikan sebagai salah satu strategi digital branding yang sangat ampuh karena memiliki banyak sekali format yang lebih terukur. Saat ini, kamu bisa memanfaatkan begitu banyak media untuk beriklan di dunia digital, seperti search engine ads, display ads, social media ads, dan lain-lain.

9. Influencer marketing

Influencer marketing merupakan strategi digital branding yang menggunakan jasa mereka yang memiliki followers atau pengikut yang banyak untuk posting brand-mu. Proses pemilihan influencer marketing pun tidak terlalu susah. Kamu hanya perlu memilih seorang influencer yang sesuai dengan visi dan misi serta bisnismu. Proses marketing-mu akan terasa lebih organik jika dilakukan oleh orang yang tepat. Walaupun para influencer memang dibayar untuk mempromosikan brand-mu, namun mereka akan membuat konten khusus yang sesuai dengan gaya serta kreativitas yang biasa mereka bangun. Dengan begitu, tugas tim marketing-mu akan menjadi lebih ringan.

Baca juga: Campaign Adalah: Manfaat, Jenis, Cara Membuat, dan 4 Contoh Marketing Campaign

Di era digital yang memanfaatkan segalanya dengan teknologi seperti saat ini, memahami pengertian digital branding dan menerapkannya merupakan hal yang penting dalam upaya memperkenalkan brand bisnismu secara online. Itulah informasi mengenai pengertian digital branding beserta manfaat dan strateginya yang efektif. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • accurate.id
  • 99designs.com
  • digitalbrandinginstitute.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read

    Video