Published on

Careers

14 Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia beserta Daftar Layanannya

Nurina Ulfah

H1_digital_marketing_agency.jpg

Dalam sebuah bisnis, marketing atau pemasaran adalah suatu hal yang amat penting. Hal ini harus berjalan lancar agar tujuan bisnis bisa tercapai, salah satunya adalah meningkatkan penjualan. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan pun harus mulai melakukan pemasaran di dunia digital. Umumnya, perusahaan membutuhkan peran digital marketing agency untuk melakukan pemasaran di dunia digital tersebut. Dengan adanya digital marketing agency, kegiatan pemasaran di sebuah perusahaan atau bisnis pun bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Influencer marketing: Pengertian, jenis, dan 6 tren sepanjang 2022

Peran digital marketing agency


digital marketing agency berperan untuk melakukan pemasaran produk. (sumber: pexels)

Digital marketing agency adalah sebuah agen yang berperan sebagai pihak ketiga dalam melakukan pemasaran suatu produk. Dengan demikian, digital marketing agency adalah sebuah jasa yang membantu klien dalam membuat, merumuskan, dan mengelola kegiatan pemasaran secara digital.

Perkembangan dunia digital membuat strategi digital marketing semakin diminati. Kini, mengubah kebiasaan masyarakat yang dulunya selalu berbelanja ke supermarket, mall, atau pasar berubah menjadi online shopping baik melalui marketplace maupun media sosial. Dengan tingginya minat konsumen terhadap belanja online, membuat berbagai bisnis digital bermunculan. Sehingga, berbagai upaya pun dilakukan untuk membangun toko online tersebut, termasuk menyewa jasa digital marketing agency.

Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh seorang digital marketing agency meliputi branding, SEO (search engine optimization), SEM (search engine marketing), social media marketing, advertising, content marketing, social media management, dan lain-lain. Adapun peran digital marketing untuk bisnis sebagai berikut.

1. Mengoptimalkan pemahaman terkait target dan medan pasar

Strategi pemasaran digital jadi lebih siap dengan pemahaman audiens dan channel digital. Penggunaan jasa agensi ini memanfaatkan informasi, koneksi, dan pengalaman yang dimiliki klien maupun agensi untuk melangsungkan marketing yang sukses. Maka dari itu, koordinasi kedua pihak sangatlah penting.

2. Menyusun, mengelola, dan mengeksekusi strategi digital marketing

Digital marketing agency akan memberikan masukan terkait strategi, jenis kampanye yang dilakukan, optimalisasi channel dan konten, dan masih banyak lagi. Ketika strategi ini sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan klien, agensi akan lanjut memantapkan dan melaksanakannya.

3. Mengelola channel digital yang digunakan

Penggunaan channel atau platform digital adalah hal krusial dalam pemasaran digital. Layanan jasa dari agensi ini meliputi menjaga akun media sosialmu tetap hidup serta platform lain seperti situs web bebas dari masalah. Selain itu, kegiatan yang secara langsung menggunakan anggaran seperti pengelolaan iklan dengan Google Ads dan Facebook Ads juga akan ditangani oleh digital marketing agency yang kamu gunakan.

4. Membuat konten yang dibutuhkan

Konten yang mereka buat telah disesuaikan dengan niche klien dan strategi, termasuk content plan. Agency akan menangani aspek verbal dan virtual konten tersebut hingga waktu pengunggahan. Selain konten reguler, ada kemungkinan di mana mereka juga akan membuat konten untuk kampanye khusus sesuai permintaan klien.

5. Melaporkan hasil eksekusi strategi secara berkala

Peningkatan dan penurunan sales, engagement, audiens, dan lainnya merupakan hal yang perlu dilaporkan secara kontinu kepada klien dalam selang waktu 3-6 bulan. Laporan ini berfungsi bagi kamu untuk melihat efektivitas strategi dan kinerja agensi yang kamu gunakan, serta dapat menjadi bahan pertimbangan perbaikan.

Baca juga: Ingin Bekerja di Agency? Kenali Dulu Seluk Beluk Dunia Kerjanya Berikut Ini!

Pertimbangan sebelum menggunakan digital marketing agency


pertimbangan penting sebelum menggunakan digital marketing agency. (sumber: pexels)

Terdapat beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus menggunakan jasa digital marketing agency. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum menggunakan digital marketing agency.

1. Kredibilitas digital marketing agency

Kredibilitas suatu perusahaan adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan ketika hendak menggunakan jasa digital marketing agency. Sebagai agency yang bergerak di bidang teknologi, perusahaan tersebut tentunya memiliki website dan dapat diakses secara bebas. Kunjungi halaman website resmi mereka untuk melihat profilnya secara lengkap. Website bisa diibaratkan seperti portofolio yang menggambarkan bagaimana personality serta karakteristik suatu agency.

Kredibilitas serta kualitas kinerja digital marketing agency juga bisa diamati dari klien yang telah bekerja sama menggunakan jasa mereka. Biasanya, agency menunjukkan siapa saja klien mereka. Nama-nama perusahaan besar yang terpampang pada profil agency bisa menjadi bukti bahwa kinerja perusahaan itu dapat diandalkan. Testimoni dari klien juga bisa dijadikan tolok ukur kredibilitas agency.

2. Ketersediaan layanan digital marketing agency

Pilihlah agency yang menyediakan layanan secara lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Pasalnya, tidak semua agency menawarkan jasa yang sama persis. Di samping itu, pastikan juga kamu bekerja sama dengan agency yang responsif dan solutif atas berbagai pertanyaan dan juga kendala. Sebabnya, hal ini akan memudahkanmu untuk memonitor pekerjaan mereka.

3. Metodologi yang digunakan digital marketing agency

Untuk menghasilkan strategi yang tepat dalam kegiatan marketing, dibutuhkan berbagai aspek seperti riset dan analisis. Riset serta analisis akan menghasilkan output akurat apabila dijalankan dengan metodologi yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu apa metodologi yang mereka gunakan dan bagaimana cara penerapannya. Manfaat dari metodologi tersebut adalah berupa strategi-strategi, yaitu strategi meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan audiens, meningkatkan engagement dengan followers, menghasilkan konversi, hingga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk.

4. Model bisnis digital marketing agency

Setiap agency memiliki cara kerja atau model bisnis yang berbeda. Perusahaan mempunyai karakter masing-masing dan mungkin sangat berlainan. Kamu perlu mencari tahu bagaimana model bisnis yang dijalankan oleh suatu agency sebelum menggunakan jasanya. Mengetahui model bisnis agency sangat penting karena nantinya akan berkaitan dengan bujet yang perlu dialokasikan. Selain bujet, model bisnis setiap perusahaan juga berdampak pada workflow.

Baca juga: 8 Tren digital marketing 2022 yang patut pemilik brand ketahui

14 Digital marketing agency terbaik di Indonesia


daftar digital marketing agency terbaik di Indonesia. (sumber: pexels)

Berikut ini merupakan digital marketing agency terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidangnya.

1. Definite

Definite (PT Definite Maji Arsana) masuk sebagai salah satu agency terbaik di Jakarta, yang telah berkembang sebagai web agency dan menjadi digital marketing agency yang dinamis.

2. Ogilvy Indonesia

Ogilvy Indonesia merupakan bagian dari Ogilvy Worldwide, salah satu jaringan marketing terbesar di dunia. Ogilvy telah mengelola berbagai brand ternama Indonesia dan multinasional. Pengalaman dalam mengelola klien-klien besar di Indonesia telah membawa Ogilvy Indonesia beberapa penghargaan bergengsi di seluruh dunia.

3. Leo Burnett Indonesia

Leo Burnett Indonesia menekankan bahwa kreativitas memiliki kekuatan untuk mengubah manusia. Salah satu digital marketing agency terbaik ini memiliki prestasi yang gemilang, sehingga dipercaya oleh berbagai perusahaan besar untuk bekerja sama dengannya.

4. TopRank Indonesia

Bukan sekadar layanan agency, TopRank Indonesia merupakan layanan jasa konsultan internet marketing di Indonesia, yang terdiri atas praktisi internet marketer. Selain itu, TopRank Indonesia juga mahir membantu para pebisnis karena memiliki strategi internet marketing yang terbukti bisa meningkatkan omzet penjualan melalui internet.

5. Dentsu Indonesia

Dentsu Indonesia merupakan salah satu digital marketing agency terkemuka yang berbasis di Jakarta, yang meraih berbagai penghargaan dan klien dari berbagai brand ternama.

6. Future Creative Network (FCN)

Future Creative Network (FCN) menjadi salah satu digital marketing agency dengan nama yang bersinar di kancah industri periklanan indonesia. Reputasinya yang baik membuat FCN dipercaya oleh para brand besar di Indonesia. Untuk mencapai tujuannya, mereka memiliki tiga pilar penting, yaitu creative storytelling, technology, dan content creation.

7. Havas Indonesia

Digital marketing agency terbaik selanjutnya adalah Havas Indonesia. Perusahaan ini memiliki visi dan misi mengembangkan agency dengan menciptakan hubungan yang baik antara masyarakat dengan brand melalui kreativitas, media, dan inovasi. Melalui visi dan misi ini, Havas dipercaya oleh banyak brand besar di Indonesia untuk bekerja sama dengan mereka.

8. Blackstone Digital Agency

Blackstone Digital Agency telah beroperasi sejak 2009 dan berbasis di Jakarta. Agency ini memberikan beragam layanan seperti manajemen kampanye, pembuatan konten, pengelolaan media sosial, SEO, dan lainnya. Kampanye dan klien yang telah mereka tangani di antaranya adalah Sinarmas Land, BMW, Inter Milan, Starbucks, Fashion TV, Tesla, dan lain-lain. Layanan mereka terbukti berperforma tinggi dan membuat klien puas.

9. Imogen PR Agency

Telah berjalan selama 16 tahun, Imogen PR Agency memiliki keahlian khusus dalam public & government relations, policy, dan manajemen isu. Agency yang masuk dalam jajaran top 5 se-Indonesia ini telah menangani kampanye dan digital marketing Intel, Grohe, serta Unilever untuk Magnum Cafe-nya.

10. SAB Digital Marketing Agency

Dikenal dengan strategi digital marketing-nya yang unik dan berdampak, SAB Digital Marketing Agency menawarkan berbagai layanan seperti SEO, iklan berbayar, manajemen media sosial, dan email marketing. Telkom Indonesia, Bosch, Waskita, dan Shopify adalah sebagian kecil dari klien mereka yang telah merasakan pertumbuhan bisnis dengan menggunakan jasa SAB.

11. Growinc Group Indonesia

Growinc Group Indonesia sebenarnya merupakan kesatuan dari agensi dengan layanan yang lebih spesifik: Growmint untuk digital marketing, NATA Software House untuk pengembangan platform dan teknologi, serta Nesvara untuk strategi branding. Maka, pelayanan yang diberikan oleh grup ini termasuk komplet. Agensi yang berlokasi di Jakarta Selatan ini telah menangani berbagai kebutuhan klien dalam dan luar negeri, seperti Laurier, Domino’s Pizza, Aqua, dan Honda. Nesvara sendiri telah menangani festival persembahan Gojek.

12. The Fortuna

Kalau kamu sedang mencari agency yang memberikan layanan solusi digital lengkap, The Fortuna bisa jadi pilihanmu. Agency terkemuka di Jakarta ini menawarkan layanan iklan, PR, perencanaan media digital, konsultasi brand, dan masih banyak lagi. Klien mereka berada di sektor industri yang cukup beragam, seperti TikTok, Allianz, Cadbury, Pertamina, BNI, dan lain-lain.

13. TwoMC

Agency satu ini memiliki pamor yang terjamin karena TwoMC juga telah melebarkan sayapnya sampai ke Toronto, Kanada, dan Hong Kong. Pengalaman lintas negaranya membuktikan performa dan kualitas mereka. McDonald, TedX, dan Manulife merupakan sebagian kecil yang telah merasakan kesuksesan jangka panjang lewat penggunaan tools dan strategi digital marketing oleh TwoMC.

14. Wave Digital

Jasa Wave Digital terbukti dalam meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis kliennya. Agency ini dikenal dengan pelibatan teknologi dan transformasi digital dalam pelaksanaan strateginya. Perusahaan yang telah bekerja sama dengan mereka di antaranya Sari Roti, Sido Muncul, BNI Syariah, Le Minerale, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Kursus digital marketing paling relevan untuk dicoba

Itulah digital marketing agency terbaik di Indonesia beserta daftar layanannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • digitaluncovered.com
  • mediaboom.com
  • yokellocal.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Golongan_PNS.jpg

    Careers

    4 Golongan PNS dan CPNS Beserta Informasi Gaji dan Tunjangan yang Didapatkan

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video