Published on

Careers

Kenali tes DiSC untuk pahami karakteristik kepribadian

Maria Tri Handayani

disc-test-adalah---EKRUT.jpg

DiSC personality test kerap digunakan dalam proses rekrutmen, onboarding atau dalam bagian pelatihan karyawan perusahan. 

Tes kepribadian tersebut  tidak hanya menjadi salah satu cara untuk melihat kecocokan calon karyawan dengan pekerjaan, tapi juga untuk menganalisa kepribadian karyawan demi meningkatkan kerja tim, komunikasi dan produktivitas mereka di tempat kerja. 

Agar kamu lebih mengenali jenis tes kepribadian tersebut, simak ulasan mengenai DiSC test berikut ini. 

Apa itu DiSC test?

disc test adalah - EKRUT
DiSC Test adalah salah satu tes kepribadian yang sering ditemui dalam rekrutmen - EKRUT

DiSC test adalah tes yang digunakan untuk memberikan wawasan tentang kepribadian dan karakteristik perilaku individu. Tes ini dibuat berdasarkan model perilaku yang dikembangkan William Moulton Marston, seorang psikolog fisiologis dari Harvard. 

DiSC test sendiri pada dasarnya  akan mengukur dimensi kepribadian seseorang berdasarkan perilaku mereka dalam berbagai situasi. Misalnya, ketika menghadapi tantangan, menanggapi aturan, lingkungan, orang lain, atau suatu masalah. 

Hasil analisa itulah yang dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh banyak perusahaan untuk lebih mengenal karyawannya dan merancang strategi yang dapat meningkatkan kerja tim, komunikasi, maupun produktivitas di tempat kerja.  

Karena fungsinya tersebut tak heran bila banyak perusahaan yang mengadopsi tes kepribadian tersebut dalam lingkungan kerja mereka. Wikijob bahkan menyebutkan bahwa 70% dari perusahaan yang masuk dalam Fortune 500 telah menggunakan DiSC test.

Baca juga: Jenis-jenis aptitude test yang ada dalam proses perekrutan

Tipe-tipe kepribadian dalam DiSC test

disc test adalah - EKRUT
Tidak ada peniliaan karakterstik yang paling buruk dan bagus dalam tes kepribadian DiSC - EKRUT

Dalam test kepribadian DiSC, peserta biasanya akan menjawab serangkaian pertanyaan dimana hasil jawabannya akan diterjemahkan dalam diagram lingkaran yang menggambarkan empat kategori kepribadian utama. 

Adapun empat kepribadian utama dalam DiSC Test adalah. 

  • D - Dominance

Individu yang masuk dalam kategori kepribadian  "Dominance" adalah mereka yang cenderung ekstrovert, supel dan berorientasi pada tugas. Mereka juga cenderung tegas, bersemangat, nyaman mengambil resiko, serta memiliki motivasi dan percaya diri yang tinggi. 

Sayangnya ketika karakteristik ini berkembang secara berlebihan atau ketika dihadapkan pada stres, biasanya mereka akan menjadi lebih tidak sabar, tidak peka, langsung mengambil tindakan tanpa konsensus dan menggunakan otoritas untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan 

Umumnya karakter kepribadian ini sering ditemukan pada orang-orang yang berada pada posisi kepemimpinan. 

  • I - Influencing

Seseorang yang masuk dalam kategori kepribadian "Influencing" pada DiSC test adalah mereka yang ekstrovert, supel dan berorientasi pada orang. 

Mereka cenderung suka terlibat, lebih interaktif, mudah dipengaruhi dan menginspirasi. Pemimpin yang masuk pada kategori kepribadian ini biasanya akan lebih populer karena keterampilan sosial dan pesona mereka. 

Sebaliknya, beberapa kelemahan pada karakter kepribadian Influencing adalah mereka cenderung takut akan penolakan sosial karena ingin disukai orang lain. Mereka juga bisa menjadi tidak terorganisir karena terlalu berfokus pada orang-orang sehingga mengabaikan detail dan tugas. 

  • S - Steadiness 

Individu yang masuk dalam karakter kepribadian ini cenderung lebih tertutup, pendiam dan berorientasi pada orang. Biasanya mereka pemalu dan tenang namun suka memberikan dukungan, berkolaborasi dan menjaga stabilitas. 

Jika orang dengan karakter ini menduduki posisi kepemimpinan, maka biasanya mereka akan bekerja keras untuk memastikan harmoni dan keseimbangan tercipta. 

Sementara itu, beberapa kelemahan karakter ini adalah mereka cenderung menghindari konflik demi mempertahankan hubungan dan takut akan perubahan. 

  • C - Conscientious 

Orang yang masuk dalam karakter kepribadian ini lebih tertutup, pendiam dan berorientasi pada tugas. Mereka terbilang kompeten, cenderung berhati-hati, penuh perhitungan dan kontemplatif.

Itu sebabnya orang-orang dengan karakteristik ini cocok dalam pekerjaan yang fokus pada analitis dan berorientasi pada detail. Tidak hanya itu, mereka juga biasanya memiliki sikap kritis dan ingin tahu yang tinggi. 

Pemimpin yang memiliki karakteristik ini biasanya cenderung mengharapkan orang-orang untuk  mampu mengikuti standar dan memastikan semua berjalan sebagaimana mestinya. 

Di balik itu beberapa kelemahan yang ada pada karakteristik ini antara lain takut dikritik, suka mengisolasi diri, suka menghindari konflik, dan tidak menyukai tekanan.

Baca juga: 11 Jenis tes asessment yang digunakan di tempat kerja

Itulah penjelasan singkat mengenai tes kepribadian DiSC yang kerap ditemukan di lingkungan kerja. Perlu diketahui bahwa DiSC test adalah tes yang bebas penilaian. Dalam arti, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Tidak ada pula satu jenis kepribadian yang lebih baik atau buruk. 

Karena itu, gunakan hasil dari tes kepribadian tersebut sebatas untuk mempelajari karakter diri atau karyawan dan mengembangkannya dengan tepat.

EKRUT

Sumber:

  • leadx.org
  • discprofile.com
  • wikijob.co.uk

Tags

Share