Published on

Lainnya

Kamu Berkepribadian Alpha? Simak Ulasan Tipe Kepribadian Menurut Abjad Yunani di Sini!

Detty Risetya

cover.jpg

Pernah tebersit pikiran mengapa kita  punya tipe kepribadian menarik yang sangat disukai teman-teman? Namun, terkadang ada juga tipe kepribadian tertentu yang membuat orang terdekat kita jengkel? Jawabannya sederhana, ini karena setiap kepribadian orang itu unik. Salah satu tipe kepribadian yang sangat populer adalah istilah Alpha Male atau Alpha Female.

Kalau kamu punya tipe kepribadian Alpha, biasanya menunjukkan karakteristik orang yang tangguh, kuat, ambisius, berprestasi, menawan, tapi sekaligus disegani dan dihormati. Tertarik untuk tahu apakah kamu termasuk tipe kepribadian Alpha? Atau termasuk tipe kepribadian lainnya? Baca lebih lanjut artikel berikut ini, ya!

Apa itu kepribadian?


Apa tipe kepribadianmu? (Sumber: Unsplash.com)

Sebagian orang mungkin menganggap kepribadian adalah sifat atau karakter bawaan sejak lahir. Akan tetapi, sebenarnya kepribadian bisa dipengaruhi banyak aspek. Secara umum, kepribadian merupakan suatu pola perilaku dari segi perasaan maupun pikiran yang membuat suatu identitas unik dan tiada duanya.

Dapat dibilang, kepribadian adalah suatu cara individu berpikir atau berperilaku yang khas mengenai suasana hati, pendapat, sikap atau ekspresinya saat berinteraksi dengan orang lain.

1. Kepribadian secara umum

Secara umum, kepribadian mengacu pada pola kebiasaan atau sifat yang mendorong seseorang agar berpikir, merasakan, dan berperilaku secara konsisten dan khas. Kepribadian inilah yang membuat manusia menjadi individu unik.

2. Kepribadian menurut psikologi

Sementara, dari segi psikologi, kepribadian dapat meliputi perilaku, mood, dan pemikiran yang diperoleh dari lingkungan, maupun sifat bawaan. Sehingga, dari kepribadian inilah dapat dibedakan antara satu individu dengan yang lainnya.

3. Kepribadian menurut ahli

  • Freud

Menurut Sigmund Freud, kepribadian manusia sangat kompleks dan memiliki lebih dari satu komponen. Dalam teori psikoanalitiknya yang terkenal, Freud menyatakan bahwa kepribadian terdiri dari tiga elemen yang dikenal sebagai identitas, ego, dan superego. Elemen-elemen ini bekerja sama untuk menciptakan perilaku manusia yang kompleks.

  • Jung

Menurut Carl Jung, setiap orang memiliki sikap hidup yang dominan dan fungsi utama. Inilah yang dibagi menjadi beberapa tipe kepribadian tertentu. Dengan menggabungkan sikap dan fungsi hidup yang berbeda, maka seseorang akan memiliki tipe kepribadiannya masing-masing.

  • Adler

Adler percaya bahwa urutan kelahiran memiliki dampak pada kepribadian individu. Semua perilaku manusia berorientasi pada tujuan hidup dan dimotivasi oleh perjuangan agar bisa menjadi yang terbaik/ kompetitif. Setiap individu akan memiliki tujuan hidup dan cara berbeda untuk mencapainya.

Baca juga: 7 hal yang perlu disiapkan sebelum pindah kerja

Tipe kepribadian menurut abjad Yunani


Tipe kepribadian menurut abjad Yunani (Sumber: Unsplash.com)

Terdapat 6 tipe kepribadian berdasarkan huruf-huruf abjad Yunani. Di antaranya: Alpha, Beta, Delta, Omega, Gamma, dan Sigma. Manakah kira-kira tipe kepribadianmu?

1. Alpha

Umumnya, seorang Alpha adalah pemimpin dengan karakter yang percaya diri, tangguh, kuat, dan yakin dalam setiap langkah yang dijalani. Tipe kepribadian Alpha adalah panutan yang cenderung mengarahkan dan memimpin tim dengan kuat ketika bekerja.

Contoh yang paling mudah menggambarkan sosok Alpha adalah CEO atau Manager. Para pemimpin bisnis ini berjuang menjadi terbaik dan senang menaklukkan tantangan. Meskipun, faktanya juga banyak individu Alpha yang akhirnya mudah stres karena terlalu banyak tekanan dan tuntutan kerja. Serta, sulit menyeimbangkan antara karir dan kehidupan pribadi.

2. Beta

Individu Beta biasanya suka membantu, ramah, dan berusaha menghindari konflik serta mudah menyesuaikan diri. Pada intinya, sosok Beta selalu membantu orang di sekitarnya dan mengutamakan teman-temannya. Sayangnya, terkadang justru membuat Beta jadi mudah tersakiti atau malah dimanfaatkan kebaikannya.

3. Gamma

Kepribadian Gamma sangat terorganisir, termotivasi, mandiri, dan percaya diri. Gamma tahu bahwa dia sangat bernilai dan bangga dengan tindakannya. Hebatnya lagi, dia tidak mau bergantung pada orang lain dan lebih suka mengandalkan diri sendiri.

4. Omega

Kamu tipe orang yang cerdas, romantis, dan kadang terlalu sensitif? Kalau iya, maka kamu adalah tipe Omega. Biasanya, sosok Omega adalah orang yang paling nyaman ketika sendirian. Omega juga memiliki kepribadian senang membaca atau kutu buku. Belajar adalah hobi favoritnya. Meski cenderung penyendiri, namun kalau Omega berani membuka diri atau berteman, ia bisa sangat mudah diajak bekerja sama.

5. Delta

Punya tipe kepribadian Delta, akan membuatmu jadi seorang komunikator hebat. Delta cenderung mirip seperti seorang Alpha, akan tetapi ia sering menyimpan segala impiannya sendiri. Ia takut gagal dan kecewa, karena lebih mengutamakan logika.
Delta memiliki cara unik dan berempati ketika berkomunikasi. Meski sedikit pemalu, Delta pandai mengambil hati dan senang membantu orang lain.

6. Sigma

Individu Sigma adalah orang yang emosional, mengintimidasi, dan kadang sulit dipahami. Sigma terkadang juga mirip Alpha, tapi sangat temperamental. Selain itu, Sigma punya kepribadian yang menarik dan kuat. Ketika menjalin hubungan, ia sangat setia dan loyal.

Manfaat mengetahui tipe kepribadian


Manfaat jika kita tahu tipe kepribadian (Sumber: Unsplash.com)

Ada banyak manfaat jika kita bisa tahu apa tipe kepribadian kita sebenarnya. Berikut di antaranya:

1. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri

Dengan mengetahui tipe kepribadianmu, kamu bisa mengenali apa kekuatan dan kelemahanmu. Contohnya, ketika bekerja, kamu tahu bahwa kamu adalah orang yang fokus dan teliti. Maka itu, kamu bisa memilih jenis pekerjaan seperti akuntansi atau guru matematika.

Sedangkan, bila kamu punya kelemahan gampang lupa atau sulit mengorganisir jadwal, kamu bisa menyiasati dengan membuat atau mencatat jadwal di aplikasi/ buku agenda.

2. Mudah memahami perasaan dan sikap diri

Mengenal tipe kepribadian akan membantu diri sendiri dan orang lain. Misalnya, kamu mungkin heran, kenapa ya, selalu gugup saat presentasi atau bicara di depan umum? Padahal, teman-teman satu tim lainnya terlihat santai?

Dengan mengetahui tipe kepribadianmu, kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu suka dan tidak suka. Kamu juga lebih terbuka dan nyaman dengan diri sendiri, maupun orang lain.

3. Belajar mengendalikan emosi

Setiap orang pasti pernah emosi. Tapi, kalau kita mengetahui tipe kepribadian diri, maka akan lebih mudah menghadapi situasi atau konflik tertentu. Contohnya, buat kamu yang tipe ekstrover, saat stres, mungkin kamu lebih suka hangout atau jalan-jalan dengan teman.

Sementara, tipe penyendiri atau introver, akan lebih suka meluangkan waktu “me time”. Seperti pergi ke salon, menonton film favorit di rumah, berkebun, dan lainnya.

Baca juga: Bagaimana caranya dapat pekerjaan yang selalu bikin bahagia?

Manakah tipe kepribadianmu? Alpha, Beta, Delta, Gamma, Omega, atau Sigma? Mengetahui karakteristik diri akan membantumu belajar mengenal diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Terutama, bila kamu ingin lebih sukses berkarier, kamu perlu tahu tipe kepribadian agar bisa memahami perasaan orang lain dan mengendalikan emosi di setiap situasi yang berbeda.

Ingin karier semakin melejit dan mendarat di perusahaan impian? Ini saatnya untuk kamu mendaftar di EKRUT!

Sumber:

  • yoursay.suara
  • britannica

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read
    H1_(4).JPG

    Lainnya

    Berapa Biaya Hidup di Bali 2022? Berikut Rinciannya untuk Lajang dan Keluarga!

    Mentari Nurmalia

    14 September 2022
    6 min read

    Video