Published on

Technology

Panduan download Windows 11 tanpa perlu menunggu update serta berbagai fitur terbarunya

Nurina Ulfah

H1_Windows_11.jpg

Mulai 5 Oktober lalu, sistem operasi (OS) Windows 11 sudah dapat diunduh secara gratis bagi pengguna perangkat Windows yang kompatibel. Selain melalui update gratis dan legal, Microsoft mengatakan, Windows 11 juga dapat dibeli untuk PC atau perangkat komputer baru. Untuk itu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Apa saja persyaratan untuk download Windows 11?


persyaratan yang harus dipahami sebelum download windows 11. (sumber: the verge)

Sebelum mempelajari cara download Windows 11, ada beberapa persyaratan yang wajib kamu pahami. Hal ini diwajibkan oleh pihak Microsoft supaya tidak terjadi error atau keterlambatan pada device saat kamu hendak mengunduh Windows 11. Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu kamu miliki sebelum download OS Windows 11.

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan dua atau lebih inti pada prosesor atau sistem 64-bit yang kompatibel pada sebuah chip (SoC).
  • RAM: 4 gigabyte (GB) atau lebih besar.
  • Penyimpanan: 64 GB atau lebih besar diperlukan untuk menginstall Windows 11.
  • Ruang penyimpanan tambahan mungkin diperlukan untuk mengunduh pembaruan dan mengaktifkan fitur tertentu.
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru, dengan driver WDDM 2.0.
  • Firmware sistem: UEFI, mampu Boot Aman.
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.
  • Untuk update, device setidaknya harus menjalankan Windows 10, versi 200 atau yang lebih baru.

Baca juga: Microsoft Minta Pemerintah AS Atur Sistem Pengenalan Wajah

Cara download Windows 11 melalui device


cara download windows 11 melalui device. (sumber: the verge)

Ada dua cara untuk download Windows 11. Pertama, kamu bisa langsung melakukan update di device bila memang sudah tersedia. Kedua, jika pilihan update tidak ditemukan, kamu bisa langsung unduh via situs resmi milik Microsoft. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa kedua cara tersebut memiliki persyaratan yang serupa. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memenuhi syarat-syarat yang telah dijabarkan sebelumnya.

1. Klik start dan buka settings. Cara untuk download Windows 11 melalui update dimulai dengan membuka menu start yang terdapat di pojok kiri bawah layar desktop. Selanjutnya, pilih opsi settings yang bisa kamu temukan secara langsung seusai membuka start.

2. Klik update & security dan windows update. Langkah berikutnya adalah kamu perlu memilih opsi update & security yang tersedia di dalam kolom settings. Setelah itu, langsung klik windows update. Di dalamnya, kamu akan menemukan opsi untuk melakukan update dan download Windows 11 seperti gambar di atas. Untuk memulai proses download, kamu perlu menekan tombol bertajuk download and install.

3. Baca persyaratan dan install. Cara download Windows 11 dengan proses update diakhiri dengan pengumuman license terms. Pastikan kamu membacanya dengan saksama sebelum memulai proses instalasi. Jika kamu sepakat, proses download Windows 11 akan dimulai setelah kamu menekan tombol accept and install.

Baca juga: Revolusi Industri 4.0 dan Segala Hal Tentang Seluk Beluknya

Cara download Windows 11 melalui website Microsoft


cara download windows 11 melalui website microsoft. (sumber: kompas tekno)

Apabila opsi update tidak ditemukan dalam device, kamu tetap bisa download Windows 11 langsung dari situs Microsoft. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu laman resmi Microsoft.
  2. Setelah itu, kamu akan menemukan banyak opsi download pada laman utama situs.
  3. Untuk mengunduh Windows 11, pilih “Windows 11 Installation Assistant” dan klik opsi download.
  4. Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses instalasi.

Baca juga: 4 Cara Scan Dokumen Melalui Android, iOS, Windows, dan macOS

Fitur terbaru di Windows 11


berbagai fitur terbaru windows 11. (sumber: pc world)

Fitur-fitur dalam Windows 11 diciptakan Microsoft untuk menunjang kinerja para karyawan yang wajib bertugas dari rumah. Tak sekadar perubahan dalam UI, Microsoft pun telah melakukan banyak perbaikan supaya pengguna bisa merasakan fitur yang lebih interaktif dan segar. Nah, berikut ini beberapa fitur Windows 11 yang dapat kamu gunakan.

1. Start menu baru


tampilan start menu windows 11. (sumber: the verge)

Tampilan start menu baru yang sekarang terletak persis di tengah layar desktop. Live tiles akhirnya ditiadakan dan diganti dengan ikon warna-warni yang dapat kamu personalisasi. Uniknya, start menu Windows 11 hadir dengan cloud khusus yang bisa tampilkan aplikasi favorit para pengguna. Akan tetapi, jika kamu kurang menyukai posisi start menu yang baru, tersedia opsi untuk mengembalikannya di pojok kiri bawah laman.

2. Snap layout dan snap group


snap layout dan snap group windows 11. (sumber: pure info tech)

Fitur berikut ini membuat banyak orang penasaran untuk download Windows 11 lebih cepat. Sebab, kedua fitur ini sangat mendukung keperluan multitasking. Cara menggunakannya juga cukup simpel. Pengguna tinggal menekan tombol minimize atau maximize untuk memilih snap layout yang berbeda berdasarkan ukuran layar device mereka. Contoh, apabila ada tiga aplikasi yang terbuka, Windows 11 secara otomatis akan menawarkanmu opsi untuk membaginya secara merata. Kamu juga bisa meminta satu aplikasi untuk mengambil setengah layar dan dua lainnya masing-masing mengambil seperempat. Menarik, bukan?

3. Perbaikan pada fitur “Teams


fitur “teams” windows 11. (sumber: microsoft)

Selanjutnya, kamu bisa nikmati aplikasi “Teams” baru yang sudah diperbaiki oleh pihak Microsoft. Perbaikan yang mereka gencarkan sebenarnya tidak terlalu banyak, namun proses integrasi dalam aplikasi membuat “Teams” menjadi lebih mumpuni untuk keperluan komunikasi kerja. Bagi kamu yang belum tahu, ikon aplikasi “Teams” dapat kamu temukan di taskbar dan bisa langsung digunakan untuk melakukan panggilan ke sesama pengguna aplikasi. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mengirim pesan layaknya dalam sebuah messenger.

Baca juga: 5 Teknologi Online Ini Permudah Kebutuhan Manusia

Itulah panduan download Windows 11 serta berbagai fitur terbarunya. Kedua cara download ini cukup mudah untuk dilakukan. Namun, jangan lupa untuk cek persyaratan device sebelum memulai proses pengunduhan, ya.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • microsoft.com
  • tekno.kompas.com

Tags

Share