Technology

Apa Itu Edabu? Berikut Fungsi, Fitur, 3 Cara untuk Mendaftar, dan Manfaatnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

unnamed.png

Bagi kamu pengguna BPJS Kesehatan tentu akrab dengan penggunaan kepesertaan JKN-KIS atau Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat. Bagi peserta perorangan, jaminan kesehatan ini dapat dilakukan pembayaran premi mandiri atau lewat pembayaran keluarga. Namun, tahukah kamu bahwa ada fasilitas Edabu yang kini memudahkan peserta BPJS yang merupakan pemilik usaha? Nah, untuk mengenal lebih lanjut tentang Edabu ini, mari kita simak ulasan berikut ini.

Definisi Edabu


Edabu atau e-Dabu merupakan aplikasi BPJS Kesehatan untuk perusahaan dengan sifat input data massal (Sumber: BPJS Kesehatan)

Dilansir Kumparan, layanan Edabu merupakan fasilitas Elektronik Data Badan Usaha milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan Edabu ini merupakan terobosan di bidang teknologi yang menyasar badan usaha dan bertujuan untuk memudahkan mereka dalam melakukan pengecekan data maupun perubahan data JKN-KIS para karyawannya.

Edabu atau e-Dabu merupakan aplikasi untuk pendaftaran BPJS Kesehatan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, aplikasi Edabu ini memang diperuntukkan kepada perusahaan atau pemilik usaha dengan jumlah karyawan banyak.

Sebagai aplikasi khusus untuk pendaftaran dan pengurusan keanggotaan BPJS Kesehatan massal, tentu Edabu amat penting dan berguna bagi berbagai proses administrasi di sebuah perusahaan, institusi, atau organisasi. Adapun keunggulan dari Edabu ini adalah pengusaha atau bagian sumber daya manusia di suatu perusahaan tidak lagi perlu mendaftar atau mengurus keanggotaan karyawannya secara manual di kantor BPJS Kesehatan.

Baca juga: 4 Cara Cek BPJS Kesehatan dengan Cepat dan Mudah

Fitur dan fungsi yang ditawarkan aplikasi Edabu


Edabu memudahkan pemilik usaha untuk mendaftarkan para karyawannya untuk BPJS Kesehatan (Sumber:djponlinepajak.com)

Selain membantu perusahaan atau pemilik usaha untuk mengurus administrasi keanggotaan BPJS Kesehatan, aplikasi Edabu memiliki beberapa fitur dan fungsi khusus yang membuatnya makin efektif dan efisien. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Input data dalam jumlah besar

Sebagai aplikasi dengan tujuan mempermudah administrasi secara massal, tentu saja Edabu memiliki fitur input atau mengunggah data keanggotaan dalam jumlah besar. Secara khusus, data karyawan dengan jumlah besar ini diharuskan terdata dalam format Microsoft Excel untuk nantinya akan dilakukan input otomatis. Fitur ini cukup menghemat waktu dan tenaga bagi bagian administrasi sumber daya manusia di suatu perusahaan.

2. Pengecekan status data

Edabu juga memiliki fitur pengecekan status data sebagai tindak lanjut dari proses pengunggahan data keanggotaan. Lewat fitur ini pengusaha atau pihak administrasi perusahaan dapat masuk melalui akun Edabu mereka dan memverifikasi status keanggotaan para karyawan.

Baca juga: Ragam Fitur dan Cara Menggunakan Aplikasi Mobile JKN BPJS

3. Pelaporan premi peserta

Seperti halnya aplikasi Mobile JKN, aplikasi Edabu juga memiliki fitur pelaporan pembayaran premi untuk para anggotanya. Lewat Edabu, pelaporan pembayaran ini dapat dicek secara massal lewat satu akun untuk sejumlah besar anggota.

4. Pengecekan nomor kepesertaan dan approval

Selain bisa digunakan untuk mengecek pelaporan premi, aplikasi Edabu juga dapat melihat nomor peserta BPJS. Tak hanya itu, aplikasi Edabu dapat mempermudah administrasi persetujuan (approval) dari pihak sumber daya manusia suatu perusahaan terhadap seluruh data kepesertaan BPJS para karyawan baru.

5. Menyunting data dan mencetak kartu BPJS

Selain mempermudah proses pengecekan data, Edabu juga memudahkan administrasi anggota untuk menyunting dan mengubah hingga menambahkan informasi. Hal ini dapat dilakukan saat terjadi perpindahan karyawan, mutasi, atau penambahan jumlah tanggungan BPJS dalam satu keluarga karyawan. Selain itu, Edabu juga dapat memudahkan peserta untuk mencetak kartu BPJS secara praktis.

Baca juga: Syarat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara mendaftar Edabu BPJS


Aplikasi Edabu dapat memudahkan pengecekan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan (Sumber: Pexels)

Untuk dapat mendaftar pada aplikasi Edabu ini perlu dilakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Lengkapi data diri

Langkah pertama dalam mendaftar Edabu adalah menyiapkan beberapa dokumen data diri yang meliputi:

  • KTP
  • Kartu Keluarga

Data diri ini disiapkan dalam format Microsoft Excel jika hendak diakses dalam jumlah besar.

Kemudian, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Edabu yang dapat diunduh di sini atau jika sudah memiliki akun dapat diakses lewat situs berikut. Jika belum memiliki akun, maka diperlukan registrasi peserta dengan langkah sebagai berikut:

  • Pilih “Daftar Peserta”
  • Klik “Tambah Peserta”
  • Mengisi data diri calon peserta BPJS Kesehatan sesuai informasi yang tercantum dalam KTP
  • Pilih  “Fasilitas Kesehatan” untuk memilih faskes terdekat dengan domisili
  • Pilih “Unit Kerja” untuk menambahkan informasi karyawan yang didaftarkan
  • Pilih “Tambah Keluarga” untuk menambahkan anggota keluarga
  • Klik “Simpan”

2. Cek persetujuan (approval) dan tiket pengiriman

Setelah data diisi dengan lengkap, pengguna hanya perlu mengklik pilihan “Approval”, untuk peserta baru klik “Approval Peserta Baru”. Setelah itu klik “Jenis Mutasi” dan pilih opsi “Baru”. Langkah selanjutnya adalah memilih “Lihat Data” untuk melihat data dan tanggal penyimpanan data atau informasi peserta yang baru diisikan.

Setelah dipastikan benar, maka pengguna perlu memberi tanda centang pada kotak nomor dan klik “Cek dan Approval” untuk menyelesaikan proses pendaftaran peserta. Setelah proses selesai, maka pengguna bisa mengecek tiket pengiriman pada “Home”. Pengguna bisa mengunduh tiket pengiriman untuk mendapatkan rincian keterangan pendaftaran.

3. Pengecekan nomor BPJS Kesehatan

Untuk dapat mengecek nomor BPJS Kesehatan lewat aplikasi Edabu dapat dilakukan dengan cara memilih “Data Peserta” dan klik “Mutasi Peserta”. Setelah itu, masukkan nama peserta yang telah didaftarkan sesuai KTP dan klik “Cari”. Nomor peserta berikut datanya akan keluar dan dapat dicetak lewat kartu elektronik.

Baca juga: Plus Minus tentang BPJS Kesehatan

Manfaat menggunakan aplikasi Edabu


Aplikasi Edabu secara umum bermanfaat untuk proses monitoring keanggotaan BPJS Kesehatan untuk seluruh karyawan perusahaan (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut sebelumnya, aplikasi Edabu secara umum memiliki manfaat untuk efisiensi dan efektivitas pendataan anggota BPJS Kesehatan dalam sebuah perusahaan atau institusi.

Dengan mengunduh aplikasi Edabu Mobile, pengguna bisa menikmati beberapa fitur penunjang seperti:

  • Fitur total tagihan premi/iuran
  • Fitur cek peserta untuk status dan data kepesertaan
  • Fitur riwayat pembayaran premi/iuran
  • Fitur tren pembayaran
  • Fitur data mutasi 
  • Fitur konten kesehatan lewat Jamkesnews

Manfaat utama dari aplikasi Edabu ini meliputi beberapa hal pokok seperti:

  • Memudahkan pihak administrasi atau bagian pengembangan sumber daya manusia di perusahaan untuk mendata karyawan peserta BPJS Kesehatan
  • Membantu rekapitulasi data peserta dan iuran premi BPJS Kesehatan untuk seluruh karyawan
  • Memudahkan akses pengubahan data dan pengecekan riwayat pembayaran peserta BPJS Kesehatan dalam jumlah besar
  • Memudahkan proses pengubahan data dan mutasi keanggotaan BPJS Kesehatan untuk karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja
  • Membantu administrasi perusahaan untuk mengakses informasi kesehatan terkini lewat Jamkesnews

Baca juga: 10 Fasilitas yang Diharapkan dan Wajib Ditanyakan Selain Gaji

Itulah tadi beberapa hal penting mengenai aplikasi Edabu dari BPJS Kesehatan yang perlu dipahami oleh para pemilik usaha. Lewat adanya aplikasi Edabu ini diharapkan pemilik usaha dapat melakukan pendataan para karyawannya dan memastikan jaminan kesehatan bagi mereka secara menyeluruh dan efisien.

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang pengembangan sumber daya manusia atau human resources and development (HRD), tentu perihal aplikasi Edabu ini penting untuk kamu ketahui. Dan jika kamu baru akan berkarier serta mencari lowongan pekerjaan di bidang tersebut, EKRUT bisa menjadi jalan bagimu.

Kamu bisa mencari kesempatan kerja lewat EKRUT dengan sekali daftar. Kamu juga dapat berpotensi direkrut oleh berbagai perusahaan bonafide yang tengah mencari kandidat baru lewat EKRUT. 

Caranya gampang, kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu dan lantas klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT. Temukan karier masa depanmu lewat EKRUT!

Sumber:

  • kumparan.com
  • ocbcnisp.com
  • edabu.bpjs-kesehatan.go.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read
    H1_seo_youtube.jpg

    Technology

    Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

    Nurina Ulfah

    23 November 2022
    6 min read
    Cover.png

    Technology

    Mengenal Asana, Project Management Tools untuk Memudahkan Pekerjaan

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video