Published on

Careers

Entrepreneur adalah: Pengertian, tugas, 4 tipe, dan karakteristik yang dimiliki

Sylvia Rheny

Entrepreneur_adalah_Pengertian__tugas__4_tipe__dan_karakteristik_yang_dimiliki.jpg

Istilah entrepreneur ini tidak jarang menjadi pembahasan umum ketika sedang sharing bersama teman saat menginjak usia produktif. Bukan tanpa sebab, ini terjadi karena banyak sekali orang yang berminat menjadi seorang entrepreneur. Namun, apa kamu tahu pengertian entrepreneur dan apa saja karakteristik yang harus dimilikinya?

EKRUT Media kali ini akan membahas mengenai pengertian, tugas, tipe, dan karakteristik yang sebaiknya dimiliki oleh seorang entrepreneur. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ingin menjadi entrepreneur muda? Ini 6 tips suksesnya!

Apa itu entrepreneur?

Apa itu entrepreneur?
Entrepreneur adalah orang yang mau dan mampu mengubah ide atau penemuan baru menjadi inovasi yang berhasil. (Gambar: pexels.com)

Jika diterjemahkan, entrepreneur adalah wirausahawan, dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, entrepreneur adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya

Sedangkan dilansir dari Investopedia, entrepreneur adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Entrepreneur umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, dan bisnis/atau prosedur baru.

Joseph Alois Schumpeter sebagai bapak kewirausahaan dan orang yang memperkenalkan konsep kewirausahaan mendefinisikan entrepreneur adalah orang yang mau dan mampu mengubah ide atau penemuan baru menjadi inovasi yang berhasil. Inovasi tersebut dapat berupa produk, organisasi, cara berproduksi, dan penggunaan bahan baku baru.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk mendirikan, mengelola, dan berhasil dalam suatu usaha rintisan beserta risiko yang menjadi haknya, untuk memperoleh keuntungan. 

Entrepreneur sering dikenal sebagai sumber ide atau inovator baru, dan membawa ide-ide baru di pasar dengan mengganti yang lama dengan penemuan baru. Entrepreneur memainkan peran kunci dalam ekonomi apa pun, menggunakan keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan dan membawa ide-ide baru yang bagus ke pasar. 

Baca juga: 8 Cara membuat startup yang sukses dan terus berkembang

Perbedaan entrepreneur dengan pengusaha 

Perbedaan entrepreneur dengan pengusaha
Entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan metode anti-mainstream dalam bisnis. (Gambar: pexels.com)

Istilah entrepreneur dan pengusaha seringkali diartikan sama, namun kenyataannya terdapat perbedaan dari kedua istilah ini. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara entrepreneur dan pengusaha yang dilansir dari Voffice:

Aspek Entrepreneur Pengusaha
Ide bisnis Menjalankan ide bisnis yang unik dan berbeda dengan orang lain. Melakukan bisnis dengan konsep yang sudah matang dan dipraktikkan oleh pengusaha lain.
Pangsa pasar Melakukan upaya agar dia bisa membentuk pangsa pasar tersendiri. Mengikuti apa yang diinginkan oleh pasar. 
Cara pengambilan keputusan Proses pengambilan keputusan berdasarkan intuisi. Memiliki perhitungan yang matang dalam setiap pengambilan keputusannya.
Tujuan bisnis Keuntungan bukan yang utama, tetapi lebih memperhatikan kondisi karyawan, pelanggan, serta masyarakat umum. Untuk memperoleh keuntungan.
Tingkat kompetisi Tingkat persaingan rendah. Tingkat persaingan tinggi.
Risiko Berupaya memanajemen risiko dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan.  Berusaha menjalankan bisnis yang minim risiko.
Metode pelaksanaan bisnis Menjalankan metode anti-mainstream dalam menjalankan bisnis. Sering memilih metode konvensional.

Baca juga: 5 Karakter karyawan intrapreneurship yang untungkan bisnis

Apa tugas entrepreneur?

Apa tugas entrepreneur?
Entrepreneur adalah seseorang yang berupaya membentuk pangsa pasar tersendiri. (Gambar: pexels.com)

Dibalik kesuksesan seorang entrepreneur, terdapat berbagai pekerjaan atau tugas yang harus mereka lakukan setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa contoh tugas seorang entrepreneur:

  1. Mengawasi dan mengkoordinasikan setiap bagian bisnis, mulai dari keuangan, budget, produksi, dan pemasaran.
  2. Mengatur pekerjaan pegawai dan melakukan review kinerja.
  3. Merencanakan dan menjalankan strategi marketing.
  4. Maintain hubungan baik dengan supplier dan memastikan agar kualitas tetap terjaga. 
  5. Melakukan evaluasi hasil penjualan secara rutin untuk mengukur pencapaian perusahaan. 
  6. Keep up with trends, salah satunya dengan cara melakukan riset secara rutin.
  7. Networking untuk membuka kesempatan kerja sama dengan pihak lain.

Baca juga: Technopreneurship: Pengertian, peluang, dan 4 tips membangunnya

4 Tipe entrepreneur

4 Tipe entrepreneur
4 Tipe entrepreneur adalah the world changer, the visionary, the strategist, dan the survivor. (Gambar: pexels.com)

Tipe entrepreneur ini sebenarnya sangat beragam, namun bersumber dari BusinessTown, terdapat 4 tipe entrepreneur. Apa saja? 4 Tipe entrepreneur adalah sebagai berikut:

1. The world changer

Tipe entrepreneur satu ini bercita-cita untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. The world changer ini memahami konsep masyarakat, harmoni, dan empati. Mereka didorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Salah satu contoh the world changer entrepreneur adalah Andrew Carnegie. Dialah yang memperluas industri baja serta sistem perkeretaapian Amerika dan mengubah infrastruktur masyarakat Amerika serta menciptakan banyak pekerjaan dalam prosesnya. 

2. The visionary

Tipe entrepreneur ini seringkali berpikir out of the box. Mereka dikenal karena inovatif, kreatif, dan pengabdian mereka pada ide-ide mereka. Mereka juga dikenal karena keterampilan pemasaran dan branding mereka. Mereka ini memperkenalkan ide-ide baru dan meyakinkan orang bahwa itu akan mengubah hidup mereka selamanya. 

Salah satu contoh the visionary entrepreneur adalah Steve Jobs.Dia memelopori serangkaian teknologi revolusioner sebagai salah satu pendiri Apple, dan selama bertahun-tahun, mereknya dikenal berani beda dan melawan arus.

3. The survivor

Tipe entrepreneur ini adalah mereka yang memiliki pengalaman profesional yang buruk di masa lalu dan memutuskan untuk melawan sistem serta mengambil kendali atas hidup mereka sendiri. Mereka memulai bisnis mereka sendiri untuk tujuan kebebasan dan kemandirian finansial.

Salah satu contoh the survivor entrepreneur adalah Jan Koum, pendiri aplikasi perpesanan terkenal "WhatsApp".

4. The strategist

Tipe entrepreneur ini tahu segalanya tentang bisnis mereka, tidak ada sudut yang belum mereka pertimbangkan atau batu yang mereka lewatkan. Uang adalah motivasi utama mereka dan keterampilan berpikir strategis dan pikiran analitis mereka pasti akan memberi hasil yang baik.

Salah satu contoh the strategist entrepreneur adalah Elon Musk, yaitu salah satu pendiri Tesla Motors.

Karakteristik yang harus dimiliki entrepreneur

Karakteristik yang harus dimiliki entrepreneur
Salah satu karakteristik yang harus dimiliki entrepreneur adalah percaya diri. (Gambar: pexels.com)

Karakteristik pertama yang harus dimiliki ialah sikap percaya diri merupakan modal yang kuat untuk sebuah permulaan menjadi seorang entrepreneur. Bersikap percaya diri berarti siap untuk terjun dan menghadapi tantangan dalam entrepreneurship. Namun, sikap percaya diri ini tidak boleh berlebihan karena akan memunculkan sikap yang arogan. Berikut beberapa karakteristik lainnya yang harus dimiliki entrepreneur.

1. Memiliki mindset positive

Berpikiran positif akan membantu untuk melihat segala sesuatu secara positif, dari pikiran yang positif ini tentunya akan mendorong kamu untuk bertindak positif dan menciptakan mental yang optimis. Selain itu, kamu akan memandang setiap rintangan yang ada menjadi sebuah tantangan positif untuk bisa kamu lewati.

2. Niat dan tekad yang kuat

Niat dan tekad yang kuat akan membuat seorang entrepreneur mampu menjalani semua kegiatan dan merealisasikan rencana bisnis yang telah dibuat. Hal ini juga bisa dilihat dari keseriusan dan totalitas waktu yang diluangkan seorang entrepreneur untuk menjalankan bisnisnya.

3. Tertarik mempelajari hal-hal baru

Sebagai seorang entrepreneur, kamu harus memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Hal ini akan sangat berguna untuk memajukan bisnis. Oleh karena itu, seorang entrepreneur dituntut untuk banyak belajar hal – hal baru. Selain itu juga berguna untuk mengikuti perkembangan zaman dan tren yang berganti.

4. Berani mengambil resiko

Seorang entrepreneur pasti akan dikelilingi berbagai tantangan, salah satunya ketika harus menentukan segala keputusan yang akan menentukan masa depan bisnis. Seorang entrepreneur juga harus memiliki mental yang tahan banting alias tidak mudah menyerah dan berani mengambil resiko.  Risiko dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh siapapun, oleh karena itu bagi sebagian entrepreneur, mereka menerapkan prinsip "high risk, high return".

Baca juga: Ketahui 5 karakteristik entrepreneur dan cara untuk mencapainya

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa menjadi entrepreneur tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Dibutuhkan mental yang tangguh dan tekad yang kuat untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses, selain itu mereka harus totalitas dalam meluangkan waktu dan memaksimalkan usahanya.

Tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba menjadi entrepreneur, namun harus diketahui bahwa jalan menuju kesuksesan tidak hanya menjadi entrepreneur saja, kamu juga bisa bergelut dalam bidang profesional dan mengembangkan kariermu di sana.

Jika kamu tertarik untuk membuka kesempatan kerja di perusahaan baru impianmu, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT. Di sini terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. 

Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Kesalahan yang sebaiknya dihindari dalam karier” di bawah ini.

https://www.ekrut.com/signup?utm_source=blog&utm_medium=media&utm_campaign=artikel

Sumber:

  • Investopedia
  • Byjus
  • Oberlo
  • Voffice.co.id

Tags

Share