Published on

Expert's Corner

Mengenal profesi enumerator, perannya bagi perusahaan, tanggung jawab, dan kualifikasi kemampuannya

Algonz D.B. Raharja

H1_Enumerator.jpg

Jika kalian pernah bersinggungan dengan survei atau penelitian kuantitatif, tentunya profesi enumerator tidak asing lagi bagi kalian. Namun, bagi mereka yang belum pernah mendengarnya tentu istilah ini masih asing. Nah, untuk mengenal beberapa hal tentang apa itu profesi enumerator, mari simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: UX Researcher: Tugas, Skill-set, dan Proyeksi Kariernya

Apa itu enumerator?


Enumerator merupakan petugas pengumpul data lapangan dalam sebuah riset (Sumber: Pexels)

Profesi enumerator atau sering disebut petugas enumerator adalah petugas pencacah atau periset yang bertugas mengumpulkan data kolektif atau wawancara dari pintu ke pintu. Menurut The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), enumerator adalah petugas survei yang bertugas melaksanakan bagian pencacahan yang terdiri dari penghitungan dan pencatatan orang atau membantu responden menjawab pertanyaan dan mengisi kuesioner.

Umumnya, petugas enumerator bertugas pada urusan riset bersifat kuantitatif terkait kependudukan atau dengan subjek penelitian dengan jumlah besar. Karena pada dasarnya bekerja dalam ranah riset dan pengembangan, tentunya profesi enumerator juga relevan dengan bagian research and development (R&D) dalam perusahaan komersial. 

Baca Juga: Apa itu Data Scientist? Berikut Cakupan Kerja dan Keahliannya

Peran penting enumerator dalam perusahaan


Enumerator juga berperan penting dalam riset dan pengembangan produk di perusahaan (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, profesi enumerator umum dipakai untuk kepentingan riset atau pengumpulan data terkait banyak hal. Selain utusan kebijakan, ekonomi, kependudukan, dan urusan terkait pemerintah, enumerator juga dipakai untuk perusahaan dalam bidang atau departemen research and development.

Profesi enumerator memiliki peran penting dalam perusahaan atau kepentingan komersial untuk beberapa tujuan pokok yang tentunya memiliki relevansi dengan kepentingan produksi. Adapun beberapa peran enumerator dalam perusahaan komersial adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data untuk mendapatkan insight terhadap rencana pengembangan produk
  • Melakukan wawancara perorangan untuk mendapatkan informasi tentang minat atau selera konsumen
  • Mengumpulkan data kuesioner sesuai arahan dan tujuan riset

Baca Juga: 6 Macam Metode Analisis Data yang Penting

Tanggung jawab enumerator


Seorang enumerator bertanggung jawab atas pengumpulan, pengamanan, dan pelaporan data penelitian (Sumber: Pexels)

Berdasarkan perannya, seorang enumerator memiliki tanggung jawab tertentu dalam urusan riset dan pengumpulan data untuk kepentingan bisnis. Berbeda dengan peran peneliti utama yang bertugas menganalisis data, enumerator memiliki tugas garda depan sebagai ujung tombak riset karena bertindak selaku pengumpul data di lapangan. Adapun tanggung jawab seorang enumerator antara lain adalah sebagai berikut:

  • Melakukan koordinasi tentang tema, tujuan, dan strategi riset
  • Melakukan koordinasi dengan tim enumerator untuk menyelaraskan kuesioner dan pengembangan pertanyaan riset
  • Memastikan pertanyaan atau kuesioner mendapat jawaban yang relevan dari responden/subjek riset
  • Mengembangkan pertanyaan secara mengalir dan akurat untuk pengumpulan data dengan wawancara
  • Memastikan semua pertanyaan kuesioner terjawab dengan baik dan akurat untuk pengumpulan data dengan kuesioner baik lembaran fisik maupun daring
  • Menghimpun semua data dan laporan riset untuk diberikan pada bagian peneliti atau analis riset

Secara umum, profesi enumerator memiliki tanggung jawab untuk memberikan masukan berupa data dan laporan riset kepada peneliti utama atau analis data hasil riset untuk kemudian diolah.

Baca Juga: Riset Pasar: Manfaat, Jenis, 4 Metode Umum dan Caranya

Skill dan kualifikasi enumerator


Seorang enumerator diharuskan memiliki latar pendidikan yang memiliki subjek metode penelitian dan pengalaman riset tertentu (Sumber: Pexels)

Untuk dapat memenuhi peran dan tanggung jawabnya, seorang enumerator diharapkan memiliki kemampuan dan kualifikasi yang cakap agar tugasnya dapat dijalankan dengan lancar. Secara umum seorang enumerator diharuskan memiliki kemampuan dan kualifikasi sebagai berikut:

  • Memiliki latar belakang pendidikan tinggi relevan dengan tugas riset, baik kuantitatif maupun kualitatif
  • Memiliki kemampuan wawancara dan public speaking yang mumpuni, atau minimal dapat membangun pembicaraan secara efektif
  • Mampu mengerjakan soal pada saat seleksi enumerator (jika ada tes enumerator)
  • Mengetahui job desk enumerator dan batasannya dalam sebuah tim riset
  • Memiliki kemampuan observasi dan analisis terhadap orang lain sebagai responden atau subjek riset
  • Mampu membangun komunikasi dan menerima informasi dengan baik dan akurat
  • Memiliki kecakapan dalam implementasi prosedur riset dan penerapan etika dalam memasukkan, menyalin, merekam, menyortir, dan memelihara data dalam bentuk tertulis maupun soft file.

Baca Juga: 5 Faktor Produksi yang Berpengaruh pada Pengembangan Bisnis

Itulah tadi ulasan singkat tentang profesi enumerator dalam dunia riset dan pengembangan, Meski umumnya dipakai untuk kepentingan pemerintah maupun riset kebijakan bersifat akademis, namun enumerator juga amat diperlukan dalam dunia riset produk perusahaan. Adanya enumerator dalam departemen riset di perusahaan membuka potensi pengembangan produk dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat terwujud karena enumerator bertugas untuk mengumpulkan data di lapangan terhadap para calon konsumen maupun masyarakat umum untuk menyerap saran dan keinginan pasar terhadap suatu produk.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dan pengalaman sebagai peneliti atau memiliki latar ilmu metode pengumpulan data, tentunya posisi sebagai enumerator dalam perusahaan cocok denganmu. Kamu bisa memulai kariermu dengan mendaftar lewat EKRUT untuk dapat ditemukan oleh berbagai perusahaan yang sedang mencari kandidat pegawai dengan kemampuan tertentu. Siapa tahu, kemampuanmu sesuai dengan lowongan yang tersedia di berbagai perusahaan itu. Tunggu apa lagi? Silakan klik tautan di bawah ini untuk mulai mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Sumber:

  • https://www.greatsampleresume.com/job-description/examples/statistics/enumerator
  • https://stats.oecd.org/glossary/detail.asp?ID=3029
  • https://www.greatsampleresume.com/job-description/examples/statistics/enumerator

Tags

Share