Lainnya

7 Fasilitas Kerja yang Wajib Karyawan Ketahui dan Manfaatkan

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

1._7_Fasilitas_kerja_yang_wajib_untuk_karyawan_ketahui_dan_manfaatkan.jpg

Setiap kantor membutuhkan beberapa fasilitas kerja untuk menunjang kinerja karyawannya. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat dan macam-macam fasilitas kerja yang dibutuhkan karyawan di kantor. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa itu fasilitas kerja? 

Apa itu fasilitas kerja?
Fasilitas kerja fisik yang nyaman di sebuah kantor - EKRUT

Fasilitas kerja adalah fasilitas pendukung dalam aktivitas fisik suatu kantor atau organisasi, dan sedang digunakan dalam kegiatan normal kantor, memiliki masa manfaat yang relatif permanen dan memberikan manfaat untuk masa depan (Auliyah & Artaya, 2019). 

Moenir (1989:197) menyebutkan bahwa fasilitas adalah segala sesuatu yang digunakan, dipakai, ditempati, dan dinikmati oleh pegawai baik dalam hubungan langsung dengan pekerjaan maupun untuk kelancaran pekerjaan. 

Tersedianya fasilitas kerja yang dapat diakses dengan mudah dan tidak terbatas akan memaksimalkan hasil kerja pegawai serta penyelesaian pekerjaan dalam waktu yang lebih cepat (Aditya Irawan, 2018). Sehingga fasilitas kerja yang nyaman bisa menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang produktivitas karyawan. 

Baca juga: 8 Cara tepat meningkatkan produktivitas karyawan 

Manfaat fasilitas kerja untuk karyawan 

Manfaat fasilitas kerja untuk karyawan
Fasilitas kerja membantu produktivitas karyawan - EKRUT

Fasilitas kerja adalah alat atau sarana untuk membantu pegawai lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas kerja (Robertson, 2000; Roelofsen, 2002). 

Adjib dan Oktarina (2015:10) juga menyebutkan bahwa sarana kantor yang tersedia dalam keadaan baik dan memadai akan berbanding lurus dengan kinerja pegawai. Sedangkan Dole dan Schroeder (2001) berpendapat bahwa pegawai yang puas dengan lingkungan fisik di sebuah tempat kerja, biasanya akan memproduksi hasil kerja yang lebih baik. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Makassar kepada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan hasil bahwa fasilitas kerja yang tersedia sudah sangat baik, sehingga pekerjaan pegawai sangat terbantu dengan adanya fasilitas kerja yang sesuai dan memadai. 

Baca juga: 6 Tips ini ampuh membuat karyawan betah di kantor 

7 Fasilitas kerja yang wajib untuk karyawan

7 Fasilitas kerja yang wajib untuk karyawan
Fasilitas kerja yang nyaman untuk karyawan - EKRUT

1. Wifi

Hampir semua pekerjaan yang dilakukan karyawan di bidang apa pun di tahun 2021 ini, pasti membutuhkan akses internet, seperti untuk mencari informasi, mengakses data pekerjaan secara online, dan berkomunikasi. Sehingga wifi adalah salah satu fasilitas yang wajib diberikan kepada karyawan sebagai penunjang utama dalam pekerjaan mereka. 

2. Akses 24/7

Waktu kerja tradisional pukul sembilan pagi hingga lima sore kini mulai memudar. Sekarang orang-orang di berbagai belahan dunia beradaptasi dengan cara kerja baru. Pola tersebut memahami bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan komitmen yang berbeda dalam hidup sehingga waktu bekerja seseorang menjadi lebih bervariasi. 

Dengan cara baru ini, sebuah kantor sebaiknya memberikan akses untuk bekerja dan membuka kantor setiap hari selama 24 jam, sehingga karyawan bisa datang dan pergi, bekerja lebih awal atau lebih lambat tergantung preferensi mereka masing-masing. 

3. Meeting Room

Setiap kantor setidaknya membutuhkan satu atau dua ruang rapat. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat diskusi proyek, wawancara hingga pengarahan tim. Ruangan meeting berfungsi sebagai tempat pribadi di mana orang dapat bertemu dan mendiskusikan proyek rahasia tanpa harus diketahui oleh seluruh karyawan di kantor. Hal ini membuat kebutuhan ruang rapat menjadi sangat penting. 

4. Dapur

Dapur adalah fasilitas penting lainnya yang dibutuhkan setiap kantor karena karyawan pasti butuh makan. Dengan adanya fasilitas dapur, karyawan jadi punya pilihan untuk membawa makanan sendiri atau membuat makanan dengan cepat di dapur. Beberapa fasilitas penunjang lainnya di dapur yang dibutuhkan antara lain lemari es, freezer, microwave, ketel, pemanggang roti hingga mesin pembuat kopi. 

5. Tempat Istirahat

Tempat istirahat adalah ruangan yang dikhususkan untuk memberikan karyawan sedikit waktu untuk beristirahat atau bersantai sejenak saat mulai merasakan penat. Karyawan yang mendapatkan cukup istirahat dapat mengurangi tingkat stres mereka, menyegarkan pikiran serta mengatur ulang pikiran mereka untuk langkah pekerjaan selanjutnya. 

Sebaiknya tempat istirahat berada cukup jauh dari tempat bekerja dan perlu juga dipikirkan untuk memberikan pilihan bagi karyawan untuk istirahat keluar ruangan dan mencari udara segar.  

6. Printer

Di zaman digital seperti sekarang, tetap ada beberapa dokumen yang perlu dicetak, sehingga printer tetap menjadi kebutuhan.  Pastikan untuk memilih printer dengan kualitas baik sehingga nyaman digunakan dan meletakkannya di sudut kantor yang terbuka agar mudah diakses oleh siapa pun. 

7. WC dan kamar mandi

Fasilitas dasar, paling penting dan wajib dimiliki sebuah kantor adalah WC. Demi menjaga kesehatan para karyawan yang harus cukup terhidrasi terutama di ruangan ber-AC, WC sangat dibutuhkan karena mereka akan minum banyak air. WC tidak perlu mewah, namun harus bersih dan perlu diperbanyak agar mudah diakses. 

Beberapa kantor bahkan mulai menyediakan kamar mandi agar karyawan dapat menyegarkan diri misalnya setelah bersepeda menuju ke kantor. 

Baca juga: 10 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitas 

Kamu ingin bekerja di kantor dengan fasilitas yang lengkap? Coba daftarkan dulu diri kamu di talent marketplace EKRUT.
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga di Daftar sekarang di EKRUT!!

Semoga kamu termasuk karyawan beruntung yang memiliki fasilitas-fasilitas kerja yang disebutkan di atas. Namun untuk jadi produktif, gak hanya dengan bantuan fasilitas kerja, cara di video ini juga bisa membantu kamu lebih produktif, yuk tonton di sini.  

sign up EKRUT

Sumber: 

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Leaderless_Group_Discussion.jpg

    Careers

    Leaderless Group Discussion: Definisi, Kompetensi, hingga Tips Menjalaninya

    Algonz D.B. Raharja

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(4).jpg

    Careers

    Pentingnya Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

    Detty Risetya

    05 October 2022
    6 min read
    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read

    Video