Media

6 Cara tepat meningkatkan produktivitas karyawan
By Tsalis Annisa - 6 February 2019
5 min read 88 Views
Produktivitas karyawan sangat memengaruhi perkembangan perusahaan - EKRUT
Produktivitas karyawan sangat memengaruhi perkembangan perusahaan - EKRUT

Dalam suatu organisasi perusahaan, karyawan merupakan sumber daya yang penting. Karyawan dikatakan produktif apabila mampu bekerja secara konsisten dan mampu menghasilkan kinerja dengan baik bahkan selalu diusahakan lebih baik lagi.

Bagi sebuah perusahaan, produktivitas karyawan akan sangat memengaruhi pada perkembangan perusahaan itu sendiri, karena sebuah perusahaan akan lebih berkembang bila memiliki karyawan yang profesional, terampil dan memiliki etos kerja yang tinggi.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan?

1. Sesuaikan pekerjaaan dengan kemampuan serta minat karyawan

Produktivitas karyawan ditentukan dari pekerjaan yang dilakukan. Karyawan akan sulit bekerja secara produktif ketika mereka diminta mengerjaan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannhya.

Misalnya, karyawan yang memiliki karakter ekstrovert, kreatif dan punya pikiran out of the box mungkin dapat melakukan pitching dengan sangat baik kepada klien. Akan tetapi, mungkin mereka akan kesulitan jika diberi tugas yang berorientasi pada detail atau yang berdasarkan pada peraturan.

2. Menyediakan lingkungan kerja yang baik

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah lingkungan kerja. Dengan memberikan lingkungan kerja yang baik akan berdampak dalam peningkatan produktivitas para karyawan dalam perusahaan.

Lingkungan kerja yang dimaksud disini yaitu berupa fasilitas kerja, suasana kerja, interaksi dengan sesama karyawan, keamanan dan keselamatan kerja. Dengan begitu karyawan akan selalu merasa nyaman dan optimis dalam bekerja.

3. Mengadakan training

Banyak perusahaan yang enggan mengadakan training dengan alasan biaya maupun waktu. Padahal dengan mengadakan training atau pelatihan yang tepat sangat penting bagi produktivitas karyawan.

Jika yang dipermasalahkan adalah biaya terbatas, maka solusinya bisa dengan memberikan pelatihan melalui seminar internal dengan meminta salah satu karyawan dengan skill yang hebat untuk melatih karyawan lainnya. Bisa juga dengan mengadakan cross-training yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Hal ini dilakukan dengan mengizinkan karyawan untuk bertukar kemampuan atau mengajari satu sama lain. Pelatihan ini dapat membuat setiap karyawan menjadi lebih diandalkan. Sebagai contoh, ketika staf keuangan sedang cuti, maka karyawan lain yang sudah mendapatkan cross-training bisa menggantikan pekerjaannya untuk sementara waktu.

Baca juga: 5 Tips untuk Memastikan Karyawan Freelance Tetap Produktif

4. Mengasah kreativitas karyawan untuk berinovasi

Kreativitas berkaitan erat dengan produktivitas. Apalagi di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang produksi, inovasi produk merupakan hal utama yang dilakukan untuk dapat bersaing dalam industri yang dibidangi.

Opini karyawan sangat berguna bagi peningkatan kualitas produk atau jasa, membatasi ruang gerak karyawan hanya akan membunuh kreativitas mereka. Ada baiknya perusahaan bisa meningkatkan kreativitas karyawan dengan membiarkan mereka berkreasi, mengikuti berbagai acara dan seminar dan sebagainya.

5. Buat acara kebersamaan

Produktivitas karyawan juga dipengaruhi oleh bagaimana mereka membangun relasi dan berinteraksi. Karyawan bisa membangun relasi dengan mengikuti acara-acara yang diadakan oleh perusahaan. Dengan ini, perusahaan dapat menyampaikan visi dan misinya serta mendengarkan opini dan saran dari karyawan.

Buatlah acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan. Acara dapat berupa makan bersama, pergi ke tempat wisata maupun outbond. Acara ini tidak perlu anggaran yang besar dan dapat diadakan di hari libur atau akhir pekan.

Sebagai hasilnya, hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara perusahaan dan karyawannya akan semakin lekat sehingga menunjang produktivitas karyawan.

Baca juga: Kata-kata motivasi kerja saja tidak cukup, terapkanlah cara ini

6. Memberlakukan sistem reward dan punishment

Berbagai sumber menyebutkan bahwa reward dan punishment dianggap sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja sekaligus mengedukasi karyawan. Reward atau penghargaan diberikan bagi karyawan yang berprestasi, sedangkan punishment atau hukuman diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan.

Reward dapat berbentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi, kenaikan jabatan, trofi maupun sertifikat. Punishment, di sisi lain, dapat berbentuk penurunan gaji atau jabatan, penambahan jatah lembur, bahkan dapat berujung kepada pemecatan. Dengan adanya sistem reward and punishment karyawan akan semakin terpacu untuk produktif.

Cara meningkatkan produktivitas karyawan ini harus dilakukan dengan strategi yang tepat dan harus dilakukan secara menyeluruh dan saling berintegrasi satu dengan yang lain sehingga akan maksimal hasilnya.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: manajerial, kinerja, produktivitas karyawan

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang