Published on

Technology

15 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli, Tersedia di Netflix!

Nurina Ulfah

H1_studio_ghibli.jpg

Studio Ghibli adalah sebuah studio film animasi yang berasal dari Jepang. Film-film animenya mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional, dan telah mendapatkan pujian yang luas dari seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1985, Studio Ghibli dipimpin sutradara ternama Hayao Miyazaki bersama dengan rekannya yang juga pembimbingnya, Isao Takahata. Bagi kamu penggemar anime, berikut adalah 15 rekomendasi film animasi Studio Ghibli yang tersedia di Netflix!

Baca juga: Mungkin Kamu Melewatkannya, Inilah 10 Film Terbaik 2021 Beserta Platform untuk Mengaksesnya!

1. Spirited Away


studio ghibli spirited away. (sumber: netflix)

Spirited Away menjadi rekomendasi utama bila kamu ingin menonton karya terbaik Studio Ghibli. Sinema ini berhasil memenangkan Academy Awards atau Oscars dan sering diputar di berbagai negara. Anime dengan banyak pelajaran kehidupan ini banyak menampilkan berbagai jenis makhluk mistis asal Jepang.

Kisah bermula dari keluarga Chihiro yang melakukan perjalanan menuju kampung halamannya. Di tengah perjalanan, mereka mampir ke sebuah kuil yang terlihat terlantar. Karena berperilaku tidak sopan, orang tuanya dikutuk menjadi babi dan terjebak di dalam dunia mistis. Chihiro pun harus berjuang mengembalikan orang tuanya ke wujud semula dan mencari jalan pulang.

2. My Neighbor Totoro


studio ghibli my neighbor totoro. (sumber: netflix)

Tokoh Totoro dari My Neighbor Totoro digambarkan sebagai sosok makhluk mistis yang menggemaskan. Film animasi tersebut mengisahkan kakak beradik yang harus menemani ibunya saat dirawat di rumah sakit. Di dekat rumah mereka, terdapat pohon besar tempat tinggal Totoro. Dua bersaudara tersebut saat menyukai Totoro yang baik hati. Bahkan, saat sang adik menghilang, hanya Totoro yang tahu cara terbaik untuk menemukannya.

3. Howl’s Moving Castle


studio ghibli howl’s moving castle. (sumber: netflix)

Howl’s Moving Castle merupakan anime dengan kisah penuh imajinasi. Film ini menceritakan Sophie Hatter, putri tertua dari tiga bersaudara pembuat topi untuk orang-orang di Ingary. Ingary merupakan nama sebuah kota yang penuh dengan kekuatan sihir. Sophie dan seluruh wanita muda yang ada di kota itu diperingati untuk tidak keluar dari rumah. Jika tidak menurut, mereka akan dibawa oleh Howl, seorang penyihir jahat yang memiliki istana berjalan. Namun, Sophie malah pergi dari rumah dan melakukan petualangan bersama Howl dan istananya.

4. Ponyo


studio ghibli ponyo. (sumber: netflix)

Ponyo merupakan film yang ringan dan menyenangkan, sehingga cocok untuk kamu yang sedang butuh refreshing. Berkisah tentang seekor ikan mas ajaib yang berusaha untuk kabur dari ayahnya, lalu berteman dengan anak manusia dan berusaha hidup di daratan. Film ini memiliki visual yang detail dan mengagumkan. Kamu pun bisa jatuh hati dengan karakter Ponyo dalam film ini.

5. Kiki’s Delivery Service


studio ghibli kiki’s delivery service. (sumber: netflix)

Animasi ini berkisah tentang anak penyihir bernama Kiki yang harus menjalankan tradisi saat ia menginjak usia 13 tahun. Tradisi itu mengharuskannya untuk meninggalkan rumah dan berpetualang ke dunia luar buat melatih kekuatan sihirnya. Ia pun memilih sebuah lokasi dan memutuskan menjadi pembuat roti di sana. Kamu akan disuguhi petualangan sekaligus kehidupan sehari-hari Kiki di dunia barunya. Dengan sapu terbangnya, ia mengantarkan kue yang dibuat di sebuah toko roti pinggiran kota.

6. Princess Mononoke


studio ghibli princess mononoke. (sumber: netflix)

Princess Mononoke adalah film animasi yang memadukan genre action dan fantasy. Alur ceritanya seru dan menegangkan dengan cukup banyak memperlihatkan adegan pertarungan, luka, dan pertumpahan darah. Karena itu, film ini pas bila kamu menginginkan hiburan dengan sentuhan sensasi ketegangan dari unsur gore.

Film ini berkisah tentang perjuangan Pangeran Ashitaka untuk mencari kesembuhan dari kutukan yang menimpanya. Pangeran Ashitaka pun pergi meninggalkan desanya dan bertemu San atau Putri Mononoke. Mereka pun terlibat dalam situasi menegangkan, yaitu peperangan antara warga desa dan para roh hewan penghuni hutan.

7. Castle in the Sky


studio ghibli castle in the sky. (sumber: netflix)

Castle in the Sky menceritakan kisah Pazu yang bertemu dengan Sheeta, seorang anak perempuan yang jatuh dari langit membawa kristal ajaib. Mereka berpetualang mencari istana dibalik awan. Sheeta mengatakan bahwa dirinya dikejar oleh seorang bajak udara dan pemerintah karena dirinya mempunyai kalung dengan kristal ajaib. Kristal tersebut mempunyai hubungan dengan kota di langit yang bernama Laputa. Bajak udara dan pemerintah ternyata berhasil melacak posisi Sheeta yang memaksa Sheeta dan Pazu untuk melarikan diri dan menemukan Kota Laputa sebelum musuh menemukan mereka.

Baca juga: 18 Serial Netflix Terbaik yang Seru dan Asyik untuk Ditonton Saat Ini

8. Porco Rosso


studio ghibli porco rosso. (sumber: netflix)

Porco Rosso adalah seorang veteran Perang Dunia I yang secara misterius berubah menjadi babi saat perang. Mahir menerbangkan pesawat, ia menjadi pilot paling berani yang menghadapi para pembajak di langit Italia. Tak sendirian, ia ditemani oleh ahli mekanik, Fio Piccolo dan Madame Gina teman lamanya. Porco Rosso merupakan salah satu film yang dikerjakan oleh Miyazaki yang menggemari pesawat. Film animasi bergenre magical realism ini mengandung unsur politik, petualangan, dan komedi yang menghibur.

9. From Up on Poppy Hill


studio ghibli from up on poppy hill. (sumber: netflix)

Untuk kamu yang menyukai kisah berlatar kehidupan di sekolah, From Up on Poppy Hill mungkin tontonan yang tepat untukmu. Anime ini memiliki latar waktu pada tahun 1963, satu tahun sebelum dimulainya Tokyo Olympics. Berkisah tentang dua siswa SMA yang memperjuangkan gedung ekskul di sekolah.

Umi dan Shun merupakan anggota ekskul jurnalis. Di tengah berbagai persoalan, mereka berjuang bersama untuk merawat dan mempertahankan gedung ekskul mereka. Konflik pun bertambah pelik karena Shun ternyata menyimpan sebuah rahasia menyangkut hubungannya dengan Umi.

10. Whisper of the Heart


studio ghibli whisper of the heart. (sumber: netflix)

Whisper of the Heart adalah salah satu cerita fantasi dengan bumbu romansa yang ringan. Tokoh utamanya, yaitu Shizuku Tsukishima, merupakan seorang anak yang gemar membaca. Pertemuannya dengan Seiji Amasawa pun mengukuhkan tekadnya untuk mencari jati diri.

Namun, apa yang sebenarnya dilakukan oleh Seiji sehingga kehadirannya begitu berperan dalam kehidupan Shizuku? Selain menemukan jawabannya di dalam anime ini, kamu juga akan melihat betapa indahnya imajinasi Shizuku. Film ini pas untuk kamu yang saat ini tergolong berusia remaja agar makin semangat menghadapi masa depan.

11. The Tale of the Princess Kaguya


studio ghibli the tale of the princess kaguya. (sumber: netflix)

Film Studio Ghibli terbaik lainnya adalah The Tale of the Princess Kaguya. Selain visual watercolor art-nya yang membuat kagum, ceritanya pun menyentuh hati. Tokoh utamanya merupakan seorang gadis kecil yang ditemukan dari dalam bambu oleh sepasang suami istri tua pemotong bambu. Lambat laun, sang anak tumbuh menjadi gadis cantik yang memikat dan harus siap menghadapi takdir dan hukuman.

12. Arrietty


studio ghibli arrietty. (sumber: netflix)

Arrietty menceritakan kisah orang-orang yang berukuran sebesar ibu jari. Tokoh utamanya bernama Arrietty, hidup bersama keluarganya yang juga berukuran mini. Arrietty dan keluarganya bertahan hidup dengan meminjam barang-barang secara diam-diam dari rumah manusia. Pada suatu hari, ibunya tertangkap oleh manusia yang tinggal di rumah itu. Arrietty pun harus bekerja sama dengan Sho, salah satu manusia penghuni rumah tersebut untuk menyelamatkan ibunya.

13. The Wind Rises


studio ghibli the wind rises. (sumber: netflix)

The Wind Rises menggunakan latar waktu Perang Dunia II. Tokoh utamanya bernama Jiro yang ingin membuat desain pesawat terbang yang kuat dan mumpuni. Film garapan Hayao Miyazaki ini merupakan film motivasi untuk mengejar cinta dan cita dalam waktu yang sama.

14. The Cat Returns


studio ghibli the cat returns. (sumber: netflix)

The Cat Returns menceritakan tentang seorang siswi bernama Haru yang tengah menyelamatkan seekor kucing dari tragedi kecelakaan mobil. Rupanya kucing yang Haru selamatkan tersebut bukanlah kucing biasa, melainkan kucing tersebut ternyata Lune, Pangeran Kerajaan Kucing. Petualangan magis dimulai ketika Haru ditawarkan menikah dengan Lune. Rasa bingung yang melanda Haru dianggap sebagai persetujuan.

15. Only Yesterday


studio ghibli only yesterday. (sumber: netflix)

Only Yesterday menceritakan tentang seorang gadis bernama Taeko yang bekerja di Tokyo. Pada suatu hari, Taeko pulang ke kampung halamannya untuk liburan. Selama berlibur di kampung halamannya, Taeko mengenang kembali masa-masa saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Anime ini mengambil latar waktu pada tahun 1982 dan 1966 dengan alur maju dan mundur. Kisah yang penuh nostalgia ini menyenangkan untuk ditonton saat quality time bersama keluarga.

Baca juga: 8 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2022 yang Seru dan Wajib untuk Ditonton

Itulah rekomendasi film Studio Ghibli yang tersedia di Netflix untuk menghiburmu si penggemar anime. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • netflix.com
  • today.line.me
  • my-best.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video