Published on

Technology

4 Aplikasi ini hadirkan fitur spesial Ramadan

Nur Lella Junaedi

fitur-spesial-ramadan-EKRUT.jpg

Penambahan fitur spesial Ramadan biasanya akan mulai banyak dibuat oleh berbagai aplikasi, baik itu aplikasi e-commerce, ride hailing, pembayaran dan lain-lain. Hal ini karena di bulan Ramadan, kebutuhan akan transaksi masyarakat mengalami peningkatan.

Tak heran bila banyak aplikasi membuat berbagai inovasi untuk menarik konsumen dengan memberi keuntungan seperti tawaran layanan tambahan hingga diskon. Berikut 4 aplikasi yang menawarkan fitur-fitur menarik selama Ramadan.

1. Fitur spesial Ramadan e-Badah dari Gojek

fitur spesial ramadan EKRUT 
Gojek luncurkan program Ramadan yang diberi nama e-Badah- EKRUT

Dalam rangka menyambut Ramadan 1441 Hijriah, Gojek pada 27 April 2020 lalu meluncurkan program yang diberi nama e-Badah. Apa itu fitur e-Badah?

Ini adalah salah satu fitur yang dirancang Gojek dengan menawarkan  5 layanan, di antaranya: 

  • e-Sedekah, adalah fitur yang digunakan untuk melakukan donasi lewat platform GoGive di masa krisis Covid-19 ini. Gojek bekerja sama dengan KitaBisa.com mengumpulkan donasi dari para dermawan untuk nantinya disalurkan melalui berbagai organisasi seperti Rumah Zakat, IndoRelawan, Lazis Muhammadiyah dan lain-lain
  • eNgabuburit, berisi tentang konten yang dihadirkan oleh Gojek untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa, dengan melakukan pembelian tiket online melalui GoTix untuk acara-acara berupa event online keagamaan seperti kultum online 
  • eParsel, yakni layanan pengantaran dalam GoSend untuk mengirim berbagai macam barang kepada keluarga atau paket donasi kepada orang yang membutuhkan seperti yatim piatu dan sebagainya
  • eBukber, fitur spesial Ramadan yang dihadirkan oleh Gojek untuk memudahkan pelanggan dalam mencari menu sahur dan berbuka melalui layanan GoMart, GoFood dan GoShop
  • eRezeki. Layanan berbagi rezeki dengan cara mengirim saldo GoPay bagi anggota keluarga

Semua layanan ini bisa kamu temukan di halaman utama aplikasi Gojek dalam fitur e-Badah. 

2. #SiapAntarRamadanmu dan GrabAssistant dari Grab

fitur spesial ramadan EKRUT 
Grab juga meluncurkan kampanye #SiapAntarRamadanmu selama bulan puasa kali ini-EKRUT

Aplikasi saingan Gojek yakni Grab juga tidak ingin ketinggalan. perusahaan turut mengkamapnyekan program Ramadan. Beberapa kampanye tersebut meliputi: 

  • Kampanye #SiapAntarRamadanmu, di dalamnya berisi tentang kampanye pengantaran nasional tanpa kontak
  • #SiapAntarBerjutaMenu dari GrabFood yang memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mencari menu berbuka dan sahur dan pemesanan terjadwal sejak dua jam sebelumnya hingga dua hari sebelumnya
  • Bukber Maya, juga termasuk dalam program GrabFood dengan menghadirkan rangkaian acara yang diisi oleh public figure berupa live streaming bagi pelanggan 
  • Pasar Ramadan Online dan Beduk Ramadan GrabKitchen, layanan GrabFood yang mendukung industri kuliner lokal 

Grab juga menambahkan fitur berbagi, dimana layanan ini memberi kesempata bagi pelanggan untuk dapat memesan menu bagi mitra driver pengantaran sebagai bentuk apresiasi kepada mereka. 

Sebelumnya, perusahaan juga sempat meluncurkan fitur GrabAsistant yang akan membantu pelanggan dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. 

Keistimewaan dari GrabAssistant ini adalah pelanggan bisa berbelanja di mana pun termasuk toko kelontongan yang bukan termasuk merchant resmi Grab, asalkan memiliki alamat dan nomor toko yang jelas. Hingga saat ini layanan itu sudah terdapat di 10 kota di Indonesia.

3. Shopee Barokah dari Shopee

fitur spesial ramadan EKRUT 
Aplikasi Shopee meluncurkan fitur Shopee Barokah dalam rangka bulan puasa-EKRUT

Tidak hanya layanan ride hailing saja yang membuat berbagai macam fitur spesial Ramadan. Aplikasi e-commerce Shopee pun juga meluncurkan fitur serupa melalui program Shopee Barokah. 

Program ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada November 2019 lalu, sebagai salah satu respon dari besarnya antusias masyarakat dengan layanan atau produk muslim di tanah air. Adapun layanan Shopee Barokah yakni:

  • Zakat dan donasi melalui kerja sama dengan mitra strategis seperti Baznas, ACT, Rumah Zakat, Dhompet Dhuafa dhuafa dan sebagainya
  • Produk kecantikan, fesyen muslimah dan makanan halal dari berbagai macam brand 
  • Jadwal sholat dan imsakiyah
  • Promo Jumat, produk-produk yang mendapatkan promo atau diskon di hari Jumat
  • Games 
  • Promo bank, produk yang mendapatkan promo atau diskon melalui bank tertentu

4. Semangat Ramadan dan Tokopedia Salam

fitur spesial ramadan EKRUT 
Tokopedia meluncurkan fitur Semangat Ramadan-EKRUT

Tokopedia juga tidak mau ketinggalan meluncurkan fitur spesial Ramadan melalui program Semangat Ramadan dan Tokopedia Salam. 

Melalui Semangat Ramadan Tokopedia, pelanggan bisa mendapatkan diskon hingga 99 persen di jam-jam tertentu untuk mendapatkan berbagai macam produk misalnya, produk kebutuhan rumah tangga, fashion, ibu & anak, dan kecantikan. 

Nah, bagi pelanggan yang beruntung mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan kupon THR senilai Rp 1 juta lho

Sama seperti halnya Shopee Barokah, Tokopedia pun pada November lalu meluncurkan fitur Tokopedia Salam. Terdapat berbagai macam fitur di dalamnya meliputi Zakat maal, zakat fitrah, kotak amal, jadwal sholat, Al-Quran Digital. 

Lewat ekosistem Tokopedia Salam ini, perusahaan menyediakan produk muslim mulai dari fesyen hingga makanan halal melalui kerja sama dengan badan yang menyediakan sertifikat produk halal. 

Di dalam aplikasinya, Tokopedia juga menyediakan pengalaman live shopping dan ceramah online di Tokopedia Play.  

Dengan berbagai macam inovasi fitur spesial Ramadan di atas, tentunya memberikan banyak kemudahan bagi pelanggan selama menggunakan aplikasi tersebut. 

Lantas dari empat aplikasi itu, kira-kira aplikasi mana saja yang selalu kamu pakai di bulan Ramadan ini?

fitur spesial ramadan EKRUT

Sumber: 

  • Kompas.com
  • Antara.com
  • Tirto.id
  • Tokopedia
 

Tags

Share