Published on

jobs

Kenali forum group discussion dan tips melakukannya

Nur Rosita Dewi

focus-group-discussion-adalah-EKRUT.jpg

Saat hendak mengembangkan suatu produk ada beberapa metode survei yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah FGD atau Forum Group Discussion. Jika kamu tertarik untuk melakukannya, kamu perlu memahami apa itu FGD dan bagaimana cara menerapkannya. 

Pengertian focus group discussion

focus group discussion adalah - EKRUT
Topik yang akan dibahas saat FGD haruslah sesuai dengan produk yang akan dikembangkan - EKRUT

Focus group discussion adalah wawancara semi terstruktur yang topiknya ditentukan sebelumnya dan dipimpin oleh moderator ahli. Diskusi jenis ini adalah metode penelitian kualitatif dalam ilmu sosial.

Topik yang dibahas beragam dan bisa apa saja, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya atau sesuai dengan produk yang akan dikembangkan. Diskusi akan diawali dengan moderator mengajukan pertanyaan umum yang kemudian akan ditanggapi dan didiskusikan di antara peserta.

Hadirnya moderator dalam focus group discussion sangat penting. Moderator berfungsi untuk menghasilkan diskusi yang bermanfaat dan opini yang maksimal dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: 5 Cara membuat survei online dengan mudah

Kelebihan focus group discussion

forum group discussion adalah - EKRUT
FGD juga dapat membantu untuk merancang kuesioner -  EKRUT

Kelebihan FGD bertumpu pada hasil jawaban diskusi dari peserta. Entah hasilnya pro atau kontra, keduanya akan memberikan wawasan baru kepada peserta bagaimana sebuah kelompok berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah.

Focus group discussion dapat digunakan untuk menggali arti dari temuan survei yang tidak dapat dijelaskan secara statistik. Bisa juga digunakan untuk menemukan berbagai pendapat/pandangan tentang suatu topik yang diminati dan untuk mengumpulkan berbagai macam istilah lokal.

Dalam menjembatani penelitian dan kebijakan, FGD berguna untuk memberikan wawasan tentang perbedaan pendapat di antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses perubahan.

Hasilnya, kemungkinan proses tersebut dapat diterima dengan lebih lancar. FGD juga merupakan metode yang baik untuk digunakan sebelum merancang kuesioner.

Bagaimana cara melakukan focus group discussion?

focus group discussion adalah - EKRUT
Pastikan kamu menyiapkan pertanyaan yang jelas dan tidak terlalu banyak - EKRUT

Focus group discussion adalah metode yang paling umum digunakan dalam perangkat partisipatif. Prosedurnya bisa berbeda-beda, tetapi umumnya merupakan gabungan sekelompok orang yang berbeda, kemudian diberi kesempatan untuk melakukan percakapan satu sama lain dalam suasana yang nyaman.

Di dalam penelitian partisipatif, FGD biasanya diadakan, dimediasi, dan direkam oleh tim yang terdiri dari sedikitnya dua orang, termasuk fasilitator dan pencatat.

Saat melaksanakan FGD, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kamu telah merencanakan pertanyaan dengan sangat baik. Sebab, pertanyaan yang bias, canggung, atau justru kurang tepat dapat memengaruhi kualitas data yang kamu dapatkan. 

Selain itu, pastikan pertanyaanmu singkat, padat, jelas, serta tidak lebih dari 10 pertanyaan. Pasalnya, pertanyaan yang terlalu banyakk dapat membuat partisipan menjadi lelah dan bingung sepanjang diskusi. 

Ada beberapa tipe pertanyaan di dalam Forum Group Discussion, beberapa di antaranya seperti:

  • Follow-up questions: Jenis pertanyaan FGD ini menggali lebih jauh pendapat peserta dan topik diskusi. 
  • Probe Questions: Pertanyaan ini dapat membuat peserta lebih nyaman saat berbagi pendapat dengan kelompok karena cenderung menggali pengetahuan peserta mengenai topik diskusi. Contoh pertanyaannya seperti, "Apakah kamu familiar dengan program kami?", "Apa program favorit kamu?". 
  • Exit questions: Pertanyaan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tidak ada informasi yang terlewatkan selama diskusi. 

Selain beberapa hal di atas, pastikan juga kamu memilih partisipan yang sesuai dengan topik yang ingin kamu angkat. Misalnya seperti, usia, gender, ketertarikan, dan sebagainya. 

Baca juga: Ketahui cara melakukan riset pasar dengan tepat

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai focus group discussion.. Pastikan kamu menerapkan tips melakukan FGD di atas, ya! Agar kamu dapat mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasimu. 

Semoga berhasil!

focus group discussion - EKRUT

Sumber: 

  • atlan.com
  • odi.org
  • participatorymethods.org

Tags

Share