Published on

Technology

7 Rekomendasi Game NFT yang Dapat Menghasilkan Uang

Algonz D.B. Raharja

H1_Game_NFT.jpg

Beberapa bulan terakhir kita tentu mendengar kehebohan NFT dan bagaimana orang berbondong-bondong menjual karya atau apa saja demi mendapatkan NFT di berbagai platform. Viralnya NFT tentu lebih tepat jika diimbangi dengan pengetahuan tentang NFT itu sendiri.

NFT atau non-fungible token yang merupakan token kriptografi digital untuk item unik blockchain ini ternyata juga memiliki game NFT yang menghasilkan uang. Mau tahu apa itu game NFT? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu game NFT?


Game NFT merupakan permainan digital berbasis token kripto (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut di atas, NFT atau non-fungible token merupakan token kriptografi digital yang mewakili item unik di blockchain. NFT memiliki banyak penggunaan berbasis aset digital dalam karya seni, koleksi unik, hingga game NFT. Dengan adanya NFT ini pengguna konten digital dapat menciptakan kolektibilitas dan kepemilikan digital terpusat.

Dilansir Binance, game NFT merupakan permainan digital yang menggunakan aturan, mekanisme, dan interaksi pemainnya menggunakan NFT. Game NFT dapat mewakili karakter atau avatar unik pengguna sebagai NFT dan kemudian dapat saling tukar atau memperdagangkan NFT dengan pemain game NFT lainnya.

Game NFT secara umum menggunakan model play-to-earn yang lebih baru dan memungkinkan pengguna untuk menghasilkan uang dari game NFT. Secara umum, game NFT dapat menghasilkan uang bagi pemain atau penggunanya dengan bentuk koin kripto atau Altcoin.

Baca juga: Cryptocurrency Resmi Jadi Komoditas di Indonesia

Bagaimana cara kerja game NFT?


Penghasilan dari bermain game NFT didapat dari transaksi dalam permainan menggunakan mata uang kripto (Sumber: Pexels)

Game NFT secara umum bekerja dengan metode play-to-earn yang memberikan kesempatan untuk menghasilkan aliran pendapatan bagi para pemainnya. Melalui permainan ini seorang pemain game NFT bisa berpotensi mendapat token atau koin kripto seiring lama waktu bermain.

Metode token dipakai karena lebih stabil dalam proses pembuatan game NFT. Game NFT sendiri menawarkan cara lain bagi pengguna untuk menghasilkan pendapatan melalui bermain dengan mengoleksi item berdasarkan kelangkaan atau kegunaannya.

Game NFT secara umum menghasilkan uang dengan mekanisme game atau permintaan pasar dalam game NFT itu sendiri. Uang yang dihasilkan akan berasal dari pengguna atau pemain game NFT lainnya. Uang ini pun dihargai selaras dengan besaran mata uang kripto yang diperoleh dalam game NFT. 

Seorang pemain game NFT perlu menguangkan item unik dengan menjual barang-barangnya dalam sebuah game NFT dalam pasar, bursa, atau rumah lelang sesuai basis penggemar tertentu. Spekulasi harga disesuaikan dengan fluktuasi nilai item atau utilitas sebuah item dalam game NFT.

Secara umum, pemain game NFT dapat menghasilkan uang dalam bentuk koin kripto ketika dia mendapatkan untung dari margin pembelian dan penjualan item dalam sebuah game NFT seperti item unik, karakter, dan sebagainya.

Baca juga: Cryptocurrency Adalah: Fungsi, Cara Kerja, Plus-Minus, dan Jenisnya

7 rekomendasi game NFT terbaik


Berbagai game NFT tersedia di internet dan dapat dimainkan dengan mudah (Sumber: Pexels)

Adapun beberapa game NFT yang dapat dimainkan untuk menghasilkan uang dalam bentuk koin kripto adalah sebagai berikut.

1. Dragonary

Dragonary merupakan game NFT yang berbasis pengembangbiakan hewan untuk kemudian bertarung dan menjelajahi berbagai tempat. Pemain game NFT ini mulanya akan mendapatkan tiga karakter naga untuk digunakan dalam pertarungan.

Token kripto yang digunakan dalam game NFT ini adalah Coinary Token (CYT). Di samping itu, pendapatan token dari game NFT ini dapat ditukarkan dengan uang tunai lewat beberapa aplikasi seperti Binance dan Tokocyrpto.

Kamu bisa mengunduh Dragonary lewat situs berikut ini.

2. Evolution Land

Game NFT yang lain adalah Evolution Land yang berbasis token koin KTON atau Darwinia Commitment Token. Game NFT ini dimainkan dengan proses penambangan, konstruksi, dan kompetisi melawan pemain game NFT lainnya. Per satu koin KTON kini dihargai sekitar satu juta rupiah lebih.

Kamu bisa mengunduh Evolution Land lewat situs berikut ini.

3. ChainZ Arena


ChainZ Arena adalah salah satu game NFT dengan basis tiga koin kripto yaitu Ethereum, EOS, dan Tron (Sumber: medium,com)

ChainZ Arena merupakan game NFT yang dimainkan dengan tema role playing game (RPG). Pemain dapat mengumpulkan karakter atau hero untuk melawan musuh di dalam sebuah ruang virtual bernama Legendary Arena. Pemain game NFT ini juga memiliki kebebasan untuk menjual hero demi mendapat penghasilan lebih banyak.

ChainZ Arena dimainkan dengan basis penambangan koin kripto seperti Ethereum, EOS, dan Tron. Kamu bisa mengunduh game NFT ini lewat tautan berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Blockchain, Teknologi di Balik Bitcoin dan Crypto

4. My Defi Pet

Hampir serupa dengan Dragonary, game NFT berbasis hewan lainnya adalah My Defi Pet. Game NFT ini dilakukan dengan permainan menggunakan hewan peliharaan virtual. Game NFT yang satu ini dikombinasikan dengan metode decentralized finance dan blockchain untuk menyimpan token NFT.

My Defi Pet merupakan game NFT berbasis token DPET yang dapat ditukarkan dengan koin kripto. Pemain harus mempunyai hewan peliharaan virtual serta dompet kripto untuk dapat bermain My Defi Pet. Kamu bisa mengunduh game NFT ini lewat tautan berikut ini.

5. CryptoKitties

Game NFT yang satu ini cukup populer karena berbasis pada peliharaan virtual berupa kucing. Para pemain menyebutnya sebagai “kucing digital”. Kucing digital ini memiliki beberapa kepribadian unik yang beragam dan hal ini menjadi salah satu nilai jual dari game NFT CryptoKitties ini.

Game NFT ini dapat mendukung transaksi dengan jual beli dengan sistem lelang. Mata uang yang digunakan dalam game NFT ini adalah GWEI dan nantinya dapat ditukar dengan Ethereum. Kamu bisa mengunduh CryptoKitties lewat tautan berikut ini.

Baca juga: Seperti Apa Peluang Bitcoin di tahun 2022 Ini?

6. Binamars

Game NFT lainnya adalah Binamars yang juga berbasis RPG dengan metode play to earn. Game NFT ada dalam Binance dan dapat dimainkan dengan proses mengembangkan karakter serta bertarung melawan musuh. 

Pemain dapat menjual item unik untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk koin BMARS. Namun, dalam tiap transaksi penukaran dengan uang terdapat potongan 5 persen. Kamu bisa memainkan game NFT ini dengan mengakses tautan berikut ini.

7. Axie Infinity


Axie Infiinity merupakan game NFT berbasis pengembangbiakan hewan virtual (Sumber: phonesable.com)

Axie Infinity merupakan game NFT yang serupa dengan Dragonary karena sifatnya adalah memainkan karakter hewan tertentu untuk dikembangbiakkan dan bertarung serta melakukan penjelajahan.

Game NFT yang satu ini menggunakan Ethereum sebagai basis transaksi antar pemain. Jika kamu ingin memainkan game NFT ini, maka kamu perlu membeli tiga karakter Axies terlebih dahulu. Pemain akan mendapatkan SPL atau Smooth Love Potion ketika memenangkan pertarungan atau menyelesaikan misi tertentu.

Kamu bisa mengunduh dan memainkan Axie Infinity lewat tautan berikut ini.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Bitcoin dengan Mudah

Itulah tadi berbagai game NFT yang bisa kamu mainkan dan kamu gunakan untuk transaksi jual beli item berbasis koin kripto. Kamu bisa mengasah keterampilanmu dalam bermain game sekaligus berinvestasi dalam ranah koin kripto dengan game NFT ini. 

Jika kamu ingin bermain game NFT ini, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki mata uang kripto dan siap berinvestasi dalam ranah blockchain ini. Bila kamu ingin mulai menabung untuk dapat membeli token atau koin kripto, maka langkah terbaik bagimu saat ini adalah mencari penghasilan yang tepat untuk kariermu.

Sebelum berinvestasi, ada baiknya kamu membuat dirimu mapan dengan pekerjaan sesuai kemampuan dan kualifikasimu. EKRUT bisa menjadi tempat yang tepat bagi penyediaan informasi terkait karier dan kesempatan kerja bagi insan-insan pencari kerja seperti kamu. Caranya amat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu daftarkanlah dirimu lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • academy.binance.com
  • phonesable.com
  • filemagz.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Kenali_Investasi_Reksa_Dana_Pendapatan_Tetap_(RDPT)_beserta_Kelebihan_dan_Kekurangannya.png

    Lainnya

    Kenali Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) beserta Kelebihan dan Kekurangannya

    Sylvia Rheny

    28 June 2022
    6 min read
    H1_Honorarium.jpg

    Lainnya

    Honorarium: Definisi, Ketentuan Hukum, dan Bedanya dengan Gaji

    Algonz D.B. Raharja

    27 June 2022
    5 min read
    H1_Total_Cost_Definisi__Manfaat__Jenis__Hingga_Rumus_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Total Cost: Definisi, Manfaat, Jenis, hingga Rumus dan Contohnya

    Sartika Nuralifah

    22 June 2022
    5 min read

    Video