Media

Artificial intelligence terbaru microsoft word bantu proses penulisan
By Tsalis Annisa - 10 May 2019
5 min read 196 Views

Perkembangan artificial intelligence (AI) merambah semakin banyak aspek kehidupan. Dahulu identik dengan teknologi mutakhir yang futuristik, AI kini mampu membantu manusia mengatasi tantangan yang lebih spesifik, salah satunya dalam menulis. Inilah yang ditawarkan oleh artifical intelligence terbaru Microsoft Word.

Penerapan AI dalam proses penulisan digadang-gadang dapat mengoptimalkan ide menulis, penyusunan kata, hingga pemilihan tata bahasa. Kecerdasan buatan juga disinyalir dapat meminimalkan error ataupun masalah lain yang sering ditemui selama proses menulis.

Peran artificial intelligence terbaru Microsoft dalam penulisan

artficial intelligence microsoft word EKRUT
Artificial intelligence microsoft word dapat membantu dalam memperbaiki tata bahasa - EKRUT

Berikut adalah beberapa andil AI dalam membantu proses penulisan:

1. Memperbaiki tata bahasa

Microsoft kini mengembangkan sebuah fitur pada Word versi online untuk mengatasi masalah terkait tata bahasa. Fitur tersebut mencakup deteksi tata bahasa yang error serta saran untuk perbaikan tata bahasa yang keliru.

Fitur yang ditawarkan Microsoft juga dirancang untuk merekomendasikan frasa dan diksi yang lebih baik kepada pengguna. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejelasan dan gambaran spesifik suatu tulisan agar lebih mudah dipahami.

2. Menyempurnakan ide

Ide yang bagus akan menghasilkan artikel yang berkualitas. Jika sebelumnya kamu hanya mencari ide berdasarkan pengamatan sendiri atau menilik topik yang sedang populer, AI bisa membantu kamu dalam menyempurnakannya.

Kemampuan machine learning yang dimiliki AI memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya mampu memperkirakan berapa kali suatu konten dibaca, menjelaskan suatu singkatan, serta hingga mengambil poin inti dari suatu teks.

Baca juga: Pemula, ini 6 cara membuat artikel yang baik dan benar

3. Membuat kalimat menjadi lebih efektif

Salah satu kendala terbesar dalam menyusun sebuah tulisan adalah memilih padanan kata dan frasa yang padu. Dampaknya, tulisan kamu terisi oleh kalimat yang tidak efektif atau terlalu rumit untuk dimengerti.

Kemampuan AI dalam machine learning akan membantu kamu mengatasi masalah ini. Bahkan, AI dapat berperan sebagai editor yang memberikan alternatif kata-kata baru sehingga pilihan yang kamu gunakan semakin bervariasi.

4. Menyaring ide pokok dari satu teks utuh

Kamu tentu akan menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan poin penting dari dokumen yang berisikan puluhan lembar teks. Bahkan, kamu mungkin perlu membaca setiap lembar secara saksama agar bisa memahami suatu teks secara menyeluruh.

Melalui teknologi AI, Microsoft mencoba menawarkan cara baru untuk mengatasi kendala ini. AI dapat menemukan ide pokok dari sebuah dokumen secara otomatis berdasarkan kata kunci dan variabel sejenisnya. Dengan begitu, waktu yang digunakan untuk menyaring ide pokok dari suatu dokumen menjadi lebih singkat.

5. Merancang berbagai komponen dokumen

Selain berisikan teks naratif maupun deskriptif, sebuah dokumen biasanya juga mengandung tabel, chart, atau grafik untuk memvisualisasikan data. Maka dari itu, fitur AI yang dimiliki Microsoft juga perlu menyentuh aspek ini.

Microsoft akan turut menyertakan fitur yang disebut Word Designer. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengatur gaya setiap komponen yang terdapat pada dokumen, misalnya tabel yang sering digunakan untuk menyajikan data.

Kapan teknologi ini dapat dijamah oleh semua orang?

artificial intelligence microsoft word - EKRUT
Teknologi artificial intelligen yang dinamai Ideas akan diluncurkan sekitar pertengahan tahun 2019 - EKRUT

Teknologi artificial intelligence yang dinamai ‘Ideas’ ini telah dikembangkan secara bertahap berdasarkan beberapa pendahulunya seperti Microsoft 365, Microsoft Search, dan Microsoft Graph. Ideas diharapkan menjadi terobosan canggih yang mampu mengatasi berbagai kendala yang lebih rumit.

Nah, kamu mungkin harus sedikit lebih bersabar sebelum bisa mencobanya. Pasalnya, fitur-fitur berbasis AI pada Microsoft Word baru akan dirilis dalam Office Insider pada bulan Juni. Fitur-fitur ini ini pun baru akan tersedia untuk umum pada bulan September mendatang.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • kepintaran buatan
  • teknologi
  • artificial intelligence
  • artificial intelligence terbaru microsoft word
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang