Media

Hal yang wajib kamu tahu soal TensorFlow
By Maria Yuniar - 24 August 2018
4 min read 1374 Views

Beberapa waktu lalu, Google meluncurkan machine learning TensorFlow yang selama ini digunakan secara internal sebagai program open source. Tujuannya, untuk membantu banyak orang memperoleh tool yang tepat dalam riset, coding, maupun pengembangan machine learning. Sebenarnya, apa sih TensorFlow itu, dan bagaimana cara kerjanya?

 

TensorFlow kerangka machine learning canggih

TensorFlow adalah kerangka machine learning yang mungkin bisa menjadi teman barumu jika kamu memiliki banyak data, atau ingin mempelajari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) secara mendalam. Bahkan, TensotFlow telah digunakan untuk mencegah kebutaan. Caranya, dengan membantu dokter melakukan filter terhadap retinopati diabetes. TensorFlow juga ternyata membantu penyelamatan hutan, dengan memberi peringatan dini terhadap potensi aktivtas deforestasi ilegal. 

 

Memberikan kemudahan interaksi

Sebelumnya, TensorFlow akan memintamu melakukan coding layaknya seorang akademisi, bukan developer. Dengan versi terbarunya, TensorFlow memungkinkanmu berinteraksi dengannya layalnya programmer Python. Semua penulisan dan debugging baris demi baris akan terasa lebih mudah dan efisien. Jadi, tentu saja pekerjaan developer dan programmer akan menjadi lebih mudah.

 

Andalan Google

TensorFlow sendiri menjadi tool andalan Google setelah generasi pertama DistBelief, untuk sejumlah aplikasi seperti pengenalan suara di aplikasi Google dan foto di Photos. Ia juga berada di balik fitur penjawab email Smart Reply yang baru-baru ini diluncurkan. TensorFlow sendiri dipastikan kini berlisensi Apache 2.0, bekerja dengan baik di perangkat komputer maupun smartphone. Ia dirancang untuk berjalan dengan baik pada prosesor, grafis, desktop, server dan platform komputasi mobile yang ada.

 

Bukan hanya Python

Jika biasanya kamu mengeluh tentang monomania Python TensorFlow, sekarang ada kabar baik untukmu. TensorFlow bukan hanya untuk Pythonistas lagi, karena bisa diaplikasikan dalam banyak bahasa, mulai dari R, Swift, hinga JavaScript. Hal ini tentunya mempermudah programmer serta IT developer dalam proses coding. 

 

Tak perlu memulai dengan scratch

Tahukah kamu hal yang paling menyebalkan untuk memulai machine learning? Halaman baru kosong untuk editor dan tanpa adanya contoh coding. Dengan TensorFlow Hub, kamu bisa mempelajari coding dari orang lain. Tentunya hal ini akan bermanfaat, terutama bagi software engineer.  

Sekarang, setelah mengetahui berbagai hal tentang TensorFlow tertarik kah kamu mencobanya? Tentunya akan membuatmu bekerja dengan lebih efisien.

 

Rekomendasi bacaan:
Hati-hati, hal ini akan membunuh kariermu setelah resign
Menyesal setelah resign? Lakukan tips berikut!
Apa saja 10 pertanyaan umum dalam interview kerja?

 

Sumber:
hackernoon.com
dailysocial.id
infoworld.com
medium.com
medium.com

Tags:

  • developer
  • software engineer
  • Google
  • coding
  • open source
  • machine learning
  • TensorFlow
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang