Published on

Technology

Hati-hati, kebocoran data Facebook ke puluhan perusahaan dan developer!

Widyanto Gunadi

eye-1553789__340.jpg

Sebagai bagian dari kemitraan Facebook, sudah bukan rahasia bahwa data penggunanya dibagikan pula ke produsen software, dan smartphone. Anda juga tentunya tahu kasus skandal penyalahgunaan data oleh Facebook beberapa waktu yang lalu. Nah, sekarang ini, Anda nampaknya tetap harus waspada dalam membagikan data di Facebook. Pasalnya, Facebook dikabarkan telah membuka data penggunanya ke 52 perusahaan. Berikut ini ulasannya untuk Anda! 

Bagi data ke 52 perusahaan 

Berdasarkan laporan yang diajukan kepada House Energy & Commerce Committee di Amerika Serikat, ada kebocoran data pengguna Facebook ke 52 perusahaan. Sebanyak 38 dari 52 perusahaan yang menerima data pengguna Facebook, telah mengakhiri kerja sama dengan Mark Zuckerberg. Selanjutnya, pada bulan Juli 2018 ini serta Oktober mendatang, ada tujuh perusahaan yang akan menyusul melakukan hal serupa. Dengan demikian, nantinya 45 perusahaan akan mengakhiri kerja sama mereka dengan Facebook di akhir 2018.  

Daftar perusahaan yang terlibat 

Sebagian besar perusahaan yang terlibat skandal data baru ini didominasi dari industri teknologi. Menurut dokumen setebal 747 halaman dari House Energy & Commerce Committee, daftar rincian 52 perusahaan yang terlibat adalah: Accedo, Acer, Airtel, Alcatel/TCL, Alibaba, Amazon, Apple, AT&T, Blackberry, Dell, DNP, Docomo, Garmin, Gemalto, HP/Palm, HTC, Huawei, INQ, Kodak, LG, dan MediaTek/ Mstar. Selanjutnya, ada Microsoft, Miyowa /Hape Esia, Motorola/Lenovo, Mozilla, Myriad, Nexian, Nokia, Nuance, O2, Opentech ENG, Opera Software, OPPO, Orange, Pantech, PocketNet, Qualcomm, Samsung, Sony, Sprint, T-Mobile, TIM, Tobii, U2topia, Verisign, Verizon, Virgin Mobile, Vodafone, Warner Bros, Western Digital, Yahoo, dan Zing Mobile. 

Para mitra Facebook 

Meskipun ada 45 perusahaan yang berhenti bekerja sama dengan Facebook, sisanya masih terus bermitra. Berdasarkan laporan Facebook, setidaknya ada tiga kemitraan yang masih akan berlanjut. Ketiga perusahaan tersebut adalah Alibaba, Mozilla, dan Opera. Kerja sama yang terjalin berlangsung untuk mengaktifkan notifikasi Facebook di browser. Dengan bermitra bersama Facebook, ketiga perusaaan Internet ini dapat mengakses data pengguna di jejaring sosial tersebut. Selanjutnya, ada perusahaan bernama Tobii. Perusahaan pembuat aplikasi pelacakan mata ini justru belum, dan ingin menjalin kerja sama dengan Facebook. Alasan mereka sederhana. Mereka ingin dapat mengakses Facebook untuk pasien penderita Amyotropic Lateral Sclerosis (ALS).  

Buka data juga ke developer aplikasi

Ternyata, Facebook tak hanya membagikan data pengguna ke 52 perusahaan. Facebook juga dikabarkan membuka data ke 61 developer aplikasi pihak ketiga. Spotify termasuk salah satu di antaranya. Selain Spotify dan 60 developer, disebut-sebut ada lima pengembang lain yang tak diketahui identitasnya dan turut berbagi data pengguna Facebook. Kelima pengembang tersebut mendapat akses ini melalui uji beta. Kerja sama Facebook dengan mereka telah berlangsung sejak 2014. Namun, semua kontrak kerja sama ini akan diakhiri dalam waktu enam bulan mendatang.  

Mengenai hal ini, ada kekhawatiran bahwa Facebook telah melanggar aturan yang ditetapkan Federal Trade Commission (FTC). Semoga Anda semakin bijak dalam menggunakan Facebook ya.

 

Sumber:

  • katadata.co.id
  • techcrunch.com

Tags

Share

Artikel Terkait

pexels-cottonbro-4861355.jpg

Lainnya

8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

Chrissila Jessica

25 May 2022
5 min read
H1_1._Simak!_Cara_Mencari_Median__Mean_dan_Modus_Dengan_Mudah.jpg

Careers

Simak! Cara Mencari Median, Mean, dan Modus dengan Mudah

Anisa Sekarningrum

25 May 2022
5 min read
H1_ISTJ_adalah.jpg

Lainnya

11 Pekerjaan yang Sesuai untuk Tipe Kepribadian ISTJ (2022)

Alvina Vivian

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read