Lainnya

Hidup Sederhana Buat Lebih Bahagia? 5 Tips untuk Memulainya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1.jpg

Hidup di zaman modern memang menimbulkan banyak sekali tuntutan dan kebutuhan. Bagi sebagian orang, ini bisa jadi sumber stres. Beberapa tahun ke belakang, konsep seperti minimalism, frugal living, dan simple living makin digaungkan sebagai solusi menciptakan hidup sederhana yang jauh dari stres.

Mungkin ada sebagian orang yang bahagia dengan mengejar hidup mewah dan kekayaan materi, namun beberapa justru lebih menikmati hidup sederhana dan jauh dari hiruk pikuk duniawi. Jika kamu lebih memilih yang kedua, simak, yuk, tips-tips bermanfaat untuk memulainya di sini!

Apa itu hidup sederhana?


Hidup sederhana intinya memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. (Sumber: Pexels)

Simple living atau hidup sederhana adalah sebuah konsep yang sangat luas dengan berbagai arah penerapan. Namun, tujuan utamanya adalah untuk mencapai hidup yang lebih bahagia tanpa mengejar kekayaan materi. Hidup di desa ketimbang tinggal di apartemen mewah, memilih berkebun daripada gaji tinggi di ibukota, atau hal-hal lain yang lebih simpel.

Intinya adalah dengan memprioritaskan kualitas daripada kuantitas, dan menyimpan hal-hal yang memang berharga ketimbang mengejar status sosial. Artinya, kamu mungkin harus melakukan declutter dan mengubah pola konsumsi serta berfokus pada menjaga kualitas hidup yang jauh dari stres.

Baca Juga: Tren frugal living, gaya hidup masa kini yang cocok diterapkan anak muda

Manfaat hidup sederhana


Salah satu manfaat hidup sederhana adalah hunian yang lebih rapi dan nyaman. (Sumber: Pexels)

Hidup sederhana mungkin kesannya menuntut seseorang untuk membatasi banyak hal, namun dengan mengorbankan beberapa hal sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Berikut ini lima manfaat hidup sederhana yang perlu kamu ketahui.

1. Melatih hidup berdikari atau self-sufficiency

Bagi beberapa orang hidup sederhana berarti terlibat langsung memproduksi kebutuhan pokok seperti menanam sayur dan buah-buahan sendiri, beternak, membuat makanan from scratch bahkan membangun rumah sendiri. Ini tentunya akan meningkatkan self-sufficiency yang artinya kamu tidak perlu bergantung pada sumber lain untuk mendapatkan kebutuhan pokok.

2. Menjaga kelestarian lingkungan

Dengan mengurangi konsumsi, mulai dari makanan, baju, kendaraan pribadi, atau hal-hal sekunder lainnya, pastinya akan mengurangi produksi limbah pula. Selain itu, hidup sederhana juga berarti membeli produk yang diproduksi lokal atau di komunitas yang pada akhirnya juga akan mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

3. Membangun relasi yang lebih baik dengan orang-orang sekitar

Hidup sederhana juga termasuk berfokus pada kualitas bukan kuantitas. Artinya, ketimbang menghabiskan uang untuk benda-benda, kamu lebih memilih menciptakan kenangan atau pengalaman baru bersama keluarga dan teman-teman yang pastinya akan menguatkan relasimu dengan orang-orang terkasih.

4. Hidup makin rapi dan nyaman

Salah satu keahlian yang harus kamu pelajari dalam penerapan hidup sederhana adalah decluttering. Kemampuan untuk menyortir, memilah, dan mengorganisir barang-barang kepunyaanmu akan membuat hidupmu secara keseluruhan terasa lebih rapi, rumah jadi lebih nyaman dan bikin betah, serta orang-orang di dalamnya lebih bahagia.

5. Menghemat pengeluaran

Jika kamu sudah pintar memilah dan menyortir hal-hal yang tidak lagi kamu butuhkan, keinginan untuk membelinya juga berkurang. Hidup sederhana membuatmu fokus membeli hanya hal yang paling penting dan ini secara langsung akan membantumu menghemat pengeluaran dan menambah pundi-pundi tabungan.

Baca Juga: 10 Cara mengatur keuangan yang mudah dan efektif

5 Tips untuk memulai hidup sederhana


Mulai hidup sederhana dari decluttering. (Sumber: Pexels)

Kamu tidak perlu menerapkan hal-hal ekstrim untuk memulai hidup sederhana seperti pindah ke desa dan jadi petani. Kamu bisa mulai dengan hal-hal simpel yang bisa kamu lakukan kapan saja, seperti lima hal berikut ini.

1. Declutter

Seiring dengan maraknya gaya hidup sederhana atau minimalis, declutter jadi salah satu aspek penting. Tanyakan pada diri sendiri, benda apa yang paling penting bagimu dan mana yang sudah tidak lagi dipakai. Kamu bisa sumbangkan atau bahkan jual barang-barang bekas untuk dapat penghasilan tambahan.

2. Downsizing

Apakah kamu benar-benar butuh 3 macam sepatu atau 3 jaket untuk sehari-hari? Mungkin kamu hanya butuh satu. Daripada mobil, mungkin sebenarnya kamu bisa beralih ke motor atau sepeda saja? Jika masih single, rumah dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi saja sudah cukup, bukan?

3. Kurangi subscription atau membership bulanan

Cari tahu apakah kamu betul-betul memanfaatkan langganan atau keanggotan bulananmu, karena dihitung-hitung totalnya bisa cukup besar, lho. Beralih ke yoga di rumah atau jogging di kompleks ketimbang membership gym yang mahal. Langganan paket internet atau Spotify yang lebih murah jika bisa, dan masih banyak contoh lainnya.

4. Hindari utang dan kartu kredit

Kalau kamu memang belum bisa membelinya, mungkin waktunya memang belum tepat. Jangan sampai kamu gunakan kartu kredit atau justru berutang hanya untuk membeli barang-barang mahal yang belum tentu akan kamu gunakan dalam waktu lama. Ini bisa jadi beban dan justru bikin kamu makin stres.

5. Catat pengeluaran

Mulai hidup sederhana dengan catat pengeluaran supaya kamu bisa mempelajari berapa besar pengeluaran bulananmu dan kamu gunakan untuk apa saja. Dengan demikian, kamu bisa coba temukan pengeluaran yang mungkin tidak penting-penting amat dan menemukan solusi untuk mulai menghemat dan hidup sederhana.

Baca Juga: Tips nabung anti gagal untuk kamu dengan gaji 5 juta

Bagaimana, cara memulai hidup sederhana di atas cukup mudah, kan? Buat goal yang realistis dan mulai perlahan-lahan, niscaya dengan menerapkan tips-tips hidup sederhana ini kamu makin dekat dengan hidup yang lebih bahagia. Bagi para milenial yang berencana KPR rumah, simak, yuk, video berikut sebelum menentukan pilihan.

Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja lainnya? Kamu bisa cari informasi selengkapnya di EKRUT! Daftarkan dirimu di EKRUT untuk mendapatkan info menarik dan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • thesimplicityhabit.com
  • mindbodygreen.com
  • becomingminimalist.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Manfaat_“Me_Time”_bagi_kesehatan_mental_dan_7_kegiatan_yang_bisa_untuk_dilakukan.jpg

    Lainnya

    Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan

    Sylvia Rheny

    14 November 2022
    6 min read
    H1_People_Pleaser.jpg

    Lainnya

    8 Tanda Kamu Adalah People Pleaser Beserta Tips untuk Meminimalisasinya

    Algonz D.B. Raharja

    11 November 2022
    5 min read
    H1_1._10_Rekomendasi_Buku_Sastra_Indonesia_Terbaik_Sepanjang_Masa.jpg

    Careers

    Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

    Anisa Sekarningrum

    11 November 2022
    6 min read

    Video