Published on

Technology

Panduan Membuat Infografis dan 5 Rekomendasi Platform untuk Membuatnya

Lita Lia

H1-Panduan_Membuat_Infografis_dan_5_Rekomendasi_Platform_Untuk_Membuatnya.jpg

Saat ini, informasi terhadap sesuatu bisa disampaikan dalam berbagai macam cara. Infografis adalah salah satu cara yang banyak dikenal. Melalui infografis, segala bentuk informasi disampaikan dengan jelas dan padat. Nah, tahukah kamu apa itu infografis? Berikut ulasan selengkapnya dari pengertian infografis, panduan membuat, hingga rekomendasi platform membuat infografis.

Baca juga: 6 kunci desain grafik untuk non-desainer

Apa itu infografis?


Infografis adalah gabungan dari visual dan grafis (Sumber: Pexels)

Menurut situs Visme, infografis adalah sebuah informasi yang disampaikan dengan tampilan mencolok dan menarik. Infografis biasanya dijadikan pilihan untuk menyampaikan berbagai info yang efektif dan cepat. Tujuannya sebagai pendukung yang berharga dalam komunikasi visual.

Untuk membuat sebuah informasi yang kompleks, infografis adalah pilihan yang tepat. Hampir di setiap industri sudah menggunakan media satu ini sebagai pemberi informasi. Infografis sendiri merupakan gabungan dari visual grafis dengan pengetahuan untuk menyajikan informasi secara cepat.

Representasi sebuah infografis bisa disajikan dalam bentuk pesan, penyajian data yang sederhana, pola dan hubungan data, hingga variabel yang bisa dipantau dari waktu ke waktu. Bentuk infografis bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Misalnya peta kereta, skor musik, grafik cuaca, sampai rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Manfaat infografis


Salah satu manfaat infografis adalah mudah diingat (Sumber: Pexels)

Hadirnya infografis memberikan banyak manfaat di kehidupan. Sebagai bentuk penyedia informasi, ada sejumlah hal yang membuat media satu ini sangat berguna. Dilansir dari Edrawsoft, diantara manfaat infografis adalah sebagai berikut.

  • Mempermudah mendapatkan informasi secara visual, karena infografis disajikan dalam bentuk yang atraktif. Pada dasarnya otak manusia lebih mudah memproses dari segi visual dibanding teks
  • Sebagai alat pemasaran konten yang kuat
  • Media untuk menautkan sesuatu. Biasanya beberapa web atau blog menggunakan infografis untuk menautkan otomatis ke suatu situs
  • Memudahkan orang lain membagikan informasi, sehingga berpeluang viral
  • Membantu meningkatkan penjualan secara lebih praktis
  • Membantu meningkatkan kesadaran merek, karena logo biasanya ditempatkan di dalamnya
  • Berguna untuk membangun hubungan media dengan audiens
  • Mendidik dan menawarkan wawasan tentang sesuatu
  • Bentuk komunikasi yang efektif, di tengah segala hal yang dituntut serba cepat
  • Ilustrasi data secara lebih efektif
  • Media untuk menggambarkan perbandingan

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Jenis-jenis infografis


Sebelum membuat infografis tentukan dulu jenisnya (Sumber: Pexels)

Sebagai media dalam penyampaian informasi, ternyata infografis hadir dalam beberapa jenis. Mengenali sejumlah jenisnya akan mempermudahmu dalam membuatnya, sesuai kebutuhan yang hendak disampaikan. Diantara beberapa jenis infografis adalah sebagai berikut.

  • Infografis berbasis lokasi
  • Infografis resume visual
  • Infografis anatomi
  • Infografis hierarki
  • Infografis garis waktu
  • Proses infografis
  • Infografis informasi
  • Infografis perbandingan
  • Infografis daftar

Baca juga: Desainer grafis: Tanggung jawab, skill-set, dan proyeksi karier 2022

Panduan membuat infografis


Tentukan dulu garis besar informasi sebelum membuat infografis (Sumber: Pexels)

Membuat infografis adalah pekerjaan yang rumit, terutama buat kamu yang belum terbiasa. Tetapi, kamu bisa mengikuti panduan membuat infografis berikut seperti yang ditulis situs Venngage.

1. Buat garis besar informasi

Konten akan lebih efektif jika informasi yang disampaikan tidak bertele-tele. Kamu bisa membuat garis besarnya terlebih dahulu sebelum membuat infografis lebih lanjut. Cara agar efektif menentukan garis besar informasi diantaranya:

  • Menentukan takeways utama dari konten yang dimaksud
  • Selain itu, tentukan tajuk, subjudul, fakta, serta tagline
  • Pertimbangkan panjang paragrafnya
  • Jangan lupa sertakan catatan untuk desainer

2. Pilih template yang sesuai

Setelah materi siap, lanjut ke proses pemilihan template. Template merupakan media siap pakai yang akan membuat infografis menjadi lebih menarik. Kamu bisa memilih menggunakan salah satu platform yang menyediakan banyak template dengan sejumlah tema.

3. Sesuaikan infografis

Setelah menentukan template, kamu bisa menyesuaikannya sesuai tujuan. Menentukan tujuan infografis adalah hal paling penting. Sayangnya, banyak yang bingung bagaimana agar desain infografis tetap menarik dan efektif pesan yang tersampaikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat infografis:

  • Saat mendesain, pakai garis, batas, serta bentuk untuk mengelompokkan informasi yang terkait
  • Selain itu, gunakan warna kontras untuk memandu perhatian para audiens
  • Jangan lupa, pilih satu warna kontras dengan yang lain khusus untuk grafik, atau untuk menonjolkan informasi penting
  • Pakai font yang jelas, agar tidak muncul salah persepsi
  • Jangan lupa bubuhkan gambar sebagai visual utama dari infografis

Baca juga: 11 Skills Graphic Designer ini wajib kamu miliki agar sukses

5 Rekomendasi platform terbaik untuk membuat infografis


Ada berbagai platform untuk membuat infografis (Sumber: Pexels)

Langkah-langkah membuat infografis seperti di atas, bisa kamu lakukan dengan platform khusus. Ada banyak platform yang bisa mengover kebutuhan pembuatan infografis. Diantara platform infografis adalah sebagai berikut.

1. PiktoChart

Salah satu daya tarik PiktoChart adalah tampilan template yang cukup bersih dan informatif. Cocok untuk membuat infografis yang sifatnya resmi dan to the point. Infografis dengan template dari platform ini terkenal dengan bentuknya yang mudah dikenali. Stok elemennya juga memiliki jangkauan luas. Resolusi gambar yang dihasilkan juga normal, bahkan bisa mendukung format PNG. Penggunaannya juga mudah, karena hadir dengan navigasi yang sederhana.

2. Visme

Membuat infografis menjadi semakin menyenangkan menggunakan Visme. Ragam font, icon, grafik, gambar pilihan, sampai template bisa kamu pakai sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan pilihan tools yang kian beragam, pengguna bisa memakai fitur premium.

Jika hendak memakai fitur gratis, kamu tetap bisa mendapatkan beragam tools, hanya saja tidak bisa dipakai semuanya. Sebaliknya, jika menggunakan fitur premium, pilihan alatnya lebih banyak, bisa membuat sampai 5 proyek, sampai mendapatkan akses penyimpanan hingga 100 Mb.

3. Snappa

Banyak yang menganggap membuat infografis prosesnya lama. Padahal dengan Snappa, membuat media satu ini bisa hanya dalam hitungan menit. Sejumlah tools pendukung tersedia, memanjakan para penggunanya. Kamu bisa memakai sejumlah template, dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. Proses editing template tidak hanya merubah bentuk, teks, hingga warna dasar. Kamu bisa juga merubah ukurannya sehingga bisa dipakai untuk sejumlah kebutuhan.

4. Adobe Spark

Poster, posting media sosial, pamflet, dan sejenisnya bisa dibuat lebih mudah menggunakan Adobe Spark. Platform satu ini mengusung nuansa old school yang sangat menarik. Jangan khawatir untuk tools yang tersedia, karena sangat lengkap. Adobe Spark juga menyediakan beragam template yang tersedia dalam beberapa tema. Mulai dari membuat timeline sederhana, sampai sejumlah lembaran fakta kompleks, bisa dengan mudah memakai Adobe Spark ini.

5. Infogram

Jika kamu ingin membuat infografis dalam bentuk bagan, situs Infogram adalah pilihan tepat. Situs pembuat infografis ini menyediakan bagan siap pakai. Pengguna hanya perlu memasukkan informasi serta mengeditnya hingga selesai. Biasanya grafik yang cukup rumit memerlukan effort lebih untuk membuatnya. Akan tetapi, tidak berlaku jika kamu memakai Infogram sebagai media. Cukup siapkan data dan informasi yang tersedia, pilih bagannya, dan infografis sudah bisa dipakai.

Baca juga: 10 Bisnis Online Tanpa Modal beserta Kisaran Penghasilannya

Infografis adalah salah satu bentuk penyampaian informasi yang menarik. Kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • liputan6.com
  • venngage.com
  • visme.com
  • edrawsoft.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video