Published on

Careers

10 Bisnis Online Tanpa Modal beserta Kisaran Penghasilannya

Lita Lia

H1-10_Bisnis_Online_Tanpa_Modal_Beserta_Kisaran_Penghasilannya.jpg

Kebanyakan orang selalu mengeluhkan modal ketika hendak memulai bisnis. Padahal modal tidak hanya uang saja, ide, keberanian, jejaring juga merupakan modal. Apalagi di era internet seperti sekarang, ada banyak ide bisnis online tanpa modal. Penghasilannya juga sangat menggiurkan. Apa saja ide bisnis tersebut?

Baca juga: Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

Bisnis online tanpa modal bisa dikerjakan di rumah


Uniknya, bisnis online tanpa modal bisa dilakukan dimana saja termasuk dari rumah (Sumber: Pexels)

Sejak ditemukan pada tahun 1992, internet berhasil mengubah berbagai lini kehidupan. Cara berkomunikasi, membangun hubungan, hingga berbisnis, semuanya menggunakan platform di internet. Cukup hanya dengan memiliki perangkat yang terhubung dengan internet, kamu bisa membangun bisnis online dari mana saja. Tak terkecuali dari rumah. Kamu juga bisa mengatur waktu sendiri apakah akan banyak bekerja atau hanya beberapa jam saja. Tak perlu pengalaman apapun untuk membangun bisnis online.

Hebatnya lagi, tidak seperti bisnis batu bara atau bengkel, kamu bisa membangun bisnis online tanpa modal. Sebabnya, ada begitu banyak layanan di internet yang memfasilitasi kamu membangun bisnis online. Kamu bisa membuat situs web atau blog gratis menggunakan WordPress, memanfaatkan situs jual beli layaknya Amazon atau eBay tanpa biaya apapun.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula dan Relevan yang Bisa Dicoba di Tahun 2022

10 Bisnis online tanpa modal beserta kisaran penghasilannya


Pendapatan dari bisnis online ternyata sangat menggiurkan (Sumber: Pexels)

Jika kamu belum menemukan ide paling tepat bisnis online tanpa modal apa yang akan kamu tekuni, berikut beberapa pilihan terbaik yang sudah terbukti. Semua diulas lengkap dengan kisaran penghasilannya.

1. Dropshipping

Berjualan tanpa modal tetap memungkinkan. Ide bisnis online tanpa modal ini, seperti ditulis Thebalancesmb adalah dengan bekerja tanpa menyetok produk apapun. Selain itu, kamu tidak perlu repot menangani pengiriman ke pelanggan. Fokus kerja hanya di bidang pemasaran sampai menjual produk. Risiko bisnis ini cukup kecil.

Kamu tidak perlu memikirkan stok, gudang inventaris, dan sebagainya. Untuk kisaran penghasilannya per bulan variatif. Biasanya pihak supplier akan memberikan diskon ke dropshipper 10-15% per produk. Jika kamu menjual barang seharga Rp200.000 dan bisa memasarkan minimal 20 pcs per bulan, kisaran pendapatan berarti Rp500.000.

2. Pengembangan aplikasi

Bisnis online tanpa modal bisa datang dari bidang teknologi. Menjadi developer aplikasi adalah pilihan menarik. Proyeksi bisnis satu ini di tahun 2022, tumbuh sekitar 285 miliar unduhan, seperti yang ditulis oleh Wedevs. Tentu menjadi hal menarik untuk dicoba. Mencari orderan aplikasi sangat mudah. Anda cukup mendaftar di website khusus freelancer. Berdasarkan range harga rata-rata yang ditawarkan di laman freelancer, untuk pengembang aplikasi bisa meraih pendapatan Rp10.000.000 hingga lebih.

3. Affiliator

Bisnis online tanpa modal satu ini sangat menjanjikan dan aman. Tergantung produk atau jasa apa yang kamu afiliasikan. Metode kerjanya cukup meraih konsumen untuk membeli barang atau jasa melalui link yang kamu sebar. Sistem penghasilannya menggunakan metode komisi.

Untuk besaran komisinya bervariasi. Ada pihak yang memberi 5% sampai 20% setiap pembeli yang bertransaksi lewat link yang kamu berikan. Kisaran penghasilannya bervariasi, tergantung jenis produk dan jasa. Bisa mulai ratusan ribu rupiah, bahkan puluhan juta rupiah.

4. Influencer di media sosial

Menjadi influencer merupakan bisnis online tanpa modal paling menarik yang diminati banyak orang. Cara kerjanya cukup menggaet banyak followers di akun media sosial. Influencer bertugas mempromosikan barang dan jasa, dengan bayaran per posting atau melalui kontrak endorse.

Semakin followers bertambah, nilai jual jasa influencer akan tinggi. Tarif endorse dari pegiat media sosial bervariasi. Ada pegiat media sosial yang endorse-nya jutaan rupiah per posting, bahkan ada yang mencapai belasan juta rupiah. Tentu jika dikalikan satu bulan, pendapatannya antara Rp10.000.000 sampai ratusan juta rupiah.

5. Kursus online

Memiliki kemampuan di bidang tertentu merupakan keuntungan tersendiri. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang penghasilan dengan membuka kursus online. Ilmu seperti copywriting, SEO, akuntansi, dan sejenisnya sangat dibutuhkan banyak orang.

Buat forum khusus sebagai tempat kursus online. Jangan lupa pasarkan di media sosial atau platform online lain. Semakin banyak peminat ilmu yang kamu ajarkan, penghasilan juga akan meningkat. Minimal penghasilan yang diperoleh dari kursus daring ini sebesar Rp1.000.000 per bulan.

Baca juga: Strategi pemasaran online yang efektif di tahun 2022

6. Asisten virtual

Ada beragam job description yang bisa kamu kerjakan di bidang asisten virtual. Misalnya, mengelola akun bisnis media sosial. Asisten virtual bertugas mengelola akun mulai dari posting, mengatur konten, berinteraksi dengan audiens, dan sejenisnya. Ide dasar bisnis online tanpa modal ini adalah memanfaatkan mereka yang super sibuk dan kesulitan mengatur jadwal, sementara kamu termasuk orang yang terorganisir. Ini seperti yang ditulis dalam situs Score.

Pekerjaan ini sangat sederhana secara teknis. Kamu dapat mengerjakannya di rumah, berbekal smartphone. Asisten virtual ini bisa kamu jadikan lahan bisnis menjanjikan. Bayangkan untuk pendapatan per bulannya, ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah bisa dihasilkan.

7. Bekerja di jaringan iklan blog

Blog merupakan media menarik untuk beriklan. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai wadah mengiklan beberapa produk. Kelola blog secara baik sehingga menghasilkan traffic menarik. Traffic yang bagus akan menarik audiens besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka space iklan dari pihak lain. Banyak yang sukses berbisnis di jaringan ini. Kisaran pendapatannya menarik hingga jutaan rupiah.

8. Bisnis desain web

Selain desain aplikasi, kamu juga bisa mencoba ide bisnis online tanpa modal ini. Desain web cocok dikerjakan bagi yang sudah paham ilmu coding dan sejenisnya. Mengingat website adalah media penting dalam pemasaran saat ini, tentu bisnis ini sangat menjanjikan.

Modal utama yang dibutuhkan bukanlah uang. Kamu memerlukan pengetahuan tentang desain web. Untuk memasarkan jasa ini, bergabunglah dengan website khusus freelancer. Kisaran pendapatan yang diperoleh mulai dari jutaan sampai puluhan juta rupiah per bulan.

9. Berjualan ritel daring

Jualan di era saat ini tidak harus memiliki toko. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli toko. Pasarkan produk yang dimiliki secara daring, baik melalui blog atau media sosial. Jenis produknya bervariasi, tergantung yang dimiliki. Misal memiliki banyak barang preloved, hasil kerajinan tangan, dan sejenisnya, memasarkan secara online akan memperluas prospek pembeli. Mungkin dengan penjualan konvensional kamu hanya memperoleh profit Rp1 jutaan, dengan online, profit akan berkali lipat.

10. Menjadi desainer grafis

Tanpa mengeluarkan modal, kamu bisa membangun bisnis desainer grafis. Jangan berpikir untuk mengadakan alat cetak dan perlengkapan lain terlebih dahulu. Gunakan sarana daring untuk memasarkan jasa ini. Cari pekerjaan desainer grafis di platform online.

Produk hasil desain grafis online ada beragam. Baik itu undangan virtual, poster, pamflet, atau desain iklan. Beberapa situs pencari kerja online menampilkan gaji desainer grafis per job dengan jumlah menarik. Mulai dari Rp100.000 sampai Rp10.000.000, tergantung pekerjaannya.

Baca juga: 6 Strategi internet marketing yang berguna untuk bisnis Anda

Bisnis online tanpa modal yang disebutkan di atas memang tidak 100% bebas modal. Kamu tetap memerlukan waktu, tenaga, dan pikiran. Hanya saja tidak perlu keluar uang banyak untuk membangunnya. Pilihlah sesuai keahlian dan minat agar enjoy dalam menjalankannya.

Apakah sudah siap memulai bisnis online tanpa modal? Temukan juga artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • wedevs.com
  • thebalancesmb.com
  • score.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video