Published on

Careers

11 Skills Graphic Designer ini wajib kamu miliki agar sukses

Tsalis Annisa

graphic-designer-EKRUT.jpg

Profesi Graphic Designer terus dibutuhkan dalam dunia media digital yang semakin berkembang. Pekerjaan ini pun memiliki jenjang karir yang jelas dan sangat menjanjikan hingga kamu bisa menjadi seorang art director.

Agar daya saingmu semakin kompetitif di pasar lapangan kerja, ada beberapa hard skills dan soft skills yang perlu kamu miliki untuk menjadi Graphic Designer yang baik.

Hard skills

graphic designer EKRUT 
Salah satu hard skills yang perlu dikuasi oleh Graphic Designer yakni typography-EKRUT

Berikut ini adalah beberapa hard skills yang perlu kamu tingkatkan sebaga seorang Graphic Designer.

1. Typography

Meski  terdengar tradisional, nyatanya keterampilan  di bidang tipografi yang satu ini tetaplah penting. Meski saat ini kamu bisa memilih beberapa font secara online dan mengunduhnya, tetap saja akan lebih baik jika kamu juga bisa membuatnya sendiri. Dengan begini, desain yang kamu buat bisa menjadi lebih berkarakter.

2. Menguasai prinsip desain

Seorang graphic designer tentu harus menguasai prinsip-prinsip dalam desain seperti hierarchy, contrast, repetition, alignment, balance, dan lain-lain. Semua prinsip desain ini harus kamu kuasai dan gunakan untuk membuat desain yang menarik secara visual dan terstruktur dengan baik.

3. Aplikasi adobe creative

Dunia visual digital sangat penting bagi seorang Graphic Designer. Maka dari itu, skill untuk menyunting gambar sangat diperlukan. Minimal, kamu harus ahli dalam menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Ligtroom.

Software desain lain seperti Adobe Illustrator dan InDesign juga sebaiknya kamu mengerti. Apalagi bila kamu ingin menggunakan model 3D, software Blender bisa menjadi pilihan. Bila belum bisa, segera ambil kelas, baik offline maupun online.

4. Time management

graphic designer EKRUT 
Mereka juga perlu memili manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan project tepat waktu-EKRUT

Seorang Graphic Designer berhubungan erat dengan klien sehingga ketepatan waktu dalam mengerjakan suatu project sangat penting disini.

Maka dari itu, kamu harus dapat mengatur waktu agar pekerjaan selesai sesuai jadwal. Ketepatan waktu pun akan dapat menilai tingkat profesionalitasmu di dunia kerja.

Baca juga: Ingin sukses? Kuasai dulu kiat manajemen waktu berikut ini

5. Kemampuan presentasi

Sebagai seorang Graphic Designer, pasti akan ada saatnya kamu harus mempresentasikan hasil karyamu kepada klien, atau bahkan perekrut.

6. Menguasai bahasa pemrograman

Sebagai tambahan seorang Graphic Designer juga dapat memiliki nilai tambah jika dapat menguasai bahasa pemrograman. Kamu memang tidak perlu mahir untuk mengerti bahasa pemrograman seperti Java, HTML ataupun C++. Namun, penting bagi kamu untuk mengetahui dasar-dasar ilmu tersebut.

Sebuah survey menunjukkan jika sekitar 36 persen perusahaan lebih tertarik pada Graphic Designer yang mengerti sedikit tentang HTML atau bahasa pemrogram.

Terlebih dengan mengerti bahasa pemrograman, kamu akan mengerti apa yang perlu dilakukan untuk membuat tampilan sebuah situs menjadi menarik. Kamu pun dapat menyesuaikan desain dan pekerjaanmu menjadi lebih cepat selesai.

Baca juga: 10 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2020

Soft skills

graphic designer EKRUT 
Kemudian untuk soft skills yang diperlukan Graphic Designer yakni komunikasi antar tim-EKRUT

Selain memiliki beberapa hard skills di atas, guna dapat mengerjakan pekerjaamu dengan baik soft skills di bawah ini juga perlu dimiliki oleh seorang Graphic Designer.

1. Komunikasi

Seorang Graphic Designer memerlukan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat sukses. Pasalnya, kamu perlu bekerja dengan berbagai klien dan tim dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Maka dari itu, untuk dapat menerangkan ide-idemu, tanpa menjelaskannya terlalu teknis, kamu membutuhkan kemampuan komunikasi yang handal. Saat komunikasi tepat, produk yang dibuatpun akan sesuai dan pekerjaanmu menjadi lebih mudah. Memiliki skill ini akan membuat daya saingmu semakin meningkat.

2. Kreatif

Sebagai seorang Graphic Designer, kamu akan banyak berhubungan dengan beragam permintaan klien. Oleh karena itu kamu perlu memiliki pemikiran yang kreatif. Karena dengan begini, kamu akan lebih mampu dalam menemukan serta menyampaikan ide, dan memberikan solusi kepada klien.

3. Kemampuan menyelesaikan masalah

graphic designer EKRUT 
Desainer akan mengerjakan revisi sesuai permintaan klien jadi sebaik mungkin mereka harus memiliki sikap problem solving-EKRUT

Sebagai seorang Graphic Designer artinya kamu akan mengerjakan hal sesuai dengan permintaan klien. Meski begitu, terkadang klien justru tidak tahu ingin membuat desain seperti apa untuk dapat menyampaikan pesan yang ingin ia sampaikan melalui gambar.

Itulah mengapa, akan lebih baik jika seorang Graphic Designer mampu memberikan jalan keluar atas hal ini, dan membantu klien menemukan desain yang tepat.

4. Dapat bekerja cepat dan efisien

Saat mendapatkan permintaan dari klien, kamu pasti akan diberikan tenggat waktu untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, sebagai seorang Graphic Designer, kamu perlu mampu bekerja dengan cepat dan efisien.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

5. Gigih

Kenapa soft skil ini perlu disampaikan? Sebab menjadi desainer akan selalu dihadapkan pada berbagai revisi atau perbaikan materi yang diberikan oleh klien atau atasanmu. Oleh sebab itu, seorang Graphic Desainer harus gigih menerima dan mengerjakan berbagai macam revisi tersebut. 

Selain itu, mereka juga tentunya harus menjadi sosok yang mau mendengarkan terkait revisi-revisi itu agar project dapat berjalan dengan lancar. 

Menjadi Graphic Designer mungkin bukan suatu hal yang mudah. Agar lebih memudahkan langkahmu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas yang terdapat Graphic Designer di dalamnya, seperti komunitas Digital Marketing agar kamu memiliki teman untuk berbagi ilmu, dan pengalaman. Tak hanya itu, tentu kamu dapat memperluas jaringan, bukan?

Namun, berkarir serius di bidang ini cukup menjanjikan dan akan semakin mudah bila kamu juga menyukainya.

Agar lebih memudahkanmu dalam mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Graphic Designer, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Pasalnya, dengan begini kamu akan lebih membuka peluang untuk dilirik oleh perusahaan tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Selamat mencoba!

Graphic designer - EKRUT

 

 



Last update: 21 August 2020

Sumber:

Tags

Share