Careers

Ingin izin tidak ngantor karena sakit? Yuk cari tahu prosedurnya

Published on
Min read
3 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Ingin_izin_tidak_ngantor_karena_sakit_EKRUT.jpg

Kamu memiliki tenggat waktu atau deadline yang ketat, tapi ternyata sakit dan izin tidak masuk kerja karena  harus beristirahat di rumah? Akhirnya kamu pun mau tidak mau harus meminta izin sakit dan libur bekerja pada atasan. Nah, untuk meminta izin tersebut, kamu perlu mengikuti prosedur sebagai karyawan. Tujuannya, tentu saja agar absensimu tidak dipersoalkan. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Hubungi atasan & rekan kerja

Selain menelepon, kamu pun bisa mengirim email maupun pesan singkat kepada atasan. Cari cara terbaik untuk memberitahukan atasanmu mengenai ketidakhadiranmu ini. Jangan lupa sertakan alasannya ya.

Selain kepada atasan, ada baiknya kamu menyampaikan ketidakhadiranmu kepada rekan-rekan kerja sesegera mungkin. Kamu tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Yang penting, rekan-rekanmu mengetahuinya. Jadi, teman-temanmu di kantor bisa menyusun strategi untuk menyelesaikan proyek yang pada awalnya membutuhkan peranmu juga. 

Baca juga: 5 tips tetap sehat saat musim hujan untuk pekerja

Delegasikan tugas

Jika memungkinkan, delegasikan tugasmu kepada teman-teman satu tim. Jangan lupa minta maaf atas ketidakhadiranmu. Yakinkan mereka kamu akan segera masuk setelah pulih. Jika ada informasi maupun data yang bisa dibagikan, sebaiknya kamu segera membagikannya kepada teman-teman satu tim.

Ikuti prosedur perusahaan

Selanjutnya, pastikan kamu mengetahui setiap prosedur perusahaan jika kamu ingin mengajukan izin tidak masuk kerja karena sakit. Misalnya, persyaratan untuk menyertakan surat keterangan dokter saat kamu kembali bekerja nantinya. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan diri saat berkonsultasi dengan dokter. 

Hati-hati dengan media sosial

Gunakan waktu izinmu untuk benar-benar beristirahat. Termasuk beristirahat dari aktivitasmu di dunia maya dan media sosial. Apa jadinya jika atasan dan teman-temanmu tetap melihatmu aktif posting foto di Instagram, padahal sedang sakit di rumah?

Jangan-jangan, mereka nanti malah bisa curiga kamu hanya berpura-pura sakit. Lagipula, apa gunanya meminta izin tidak bekerja karena sakit, kalau kamu tetap menyibukkan diri dengan medsos? Nanti kamu malah tidak sembuh-sembuh karena kurang beristirahat.

Baca juga: 7 Penyakit yang sering muncul akibat bekerja berlebihan

Nah, ingat-ingat ya tips dan langkah-langkah di atas. Jika suatu saat kamu harus beristirahat karena sakit, pastikan tugas-tugas di kantor tidak terbengkalai ya.

Ingin izin tidak ngantor karena sakit EKRUT

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • wikihow.com
  • usnews.com
  • rd.com
  • thegreatofficeescape.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video