Published on

Careers

Ingin jadi Data Analyst? Ini 10 skills yang kamu butuhkan

Tsalis Annisa

skill-yang-dibutuhkan-data-analys-EKRUT.jpg

Data Analyst merupakan salah satu profesi baru yang cukup populer di Indonesia. Profesi ini memiliki peran dalam menerjemahkan angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen.

Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan, dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Untuk itu, tentunya seorang data analyst membutuhkan berbagai skill mumpuni yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan.

Hard skills yang dibutuhkan untuk menjadi Data Analyst

data analyst - EKRUT
Data Analyst harus memiliki kemampuan matematika yang baik - EKRUT

Untuk menjadi seorang Data Analyst, kamu harus memiliki kemampuan yang bersifat lebih kepada teknis pekerjaan atau biasa disebut hard skills. Berikut ini beberapa kemampuan yang dibutuhkan profesi ini:

1. Memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Oracle, dan Python

Mengetahui bahasa pemrograman dengan baik akan bermanfaat penting bagi seorang Data Analyst, apalagi jika kamu sedang mengerjakan proyek baru yang sama sekali belum pernah diketahuinya.

Mempelajari cara membuat kode juga penting bagi data analyst untuk melakukan analisis numerik, dan statistik dengan set data besar.
SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengelola data dalam basis data relasional dan merupakan metode yang paling umum untuk mengakses data dalam database saat ini.

SQL memiliki beragam fungsi yang memungkinkan penggunanya untuk membaca, memanipulasi, dan mengubah data. Untuk menjadi seorang Data Analyst, memahami serta memiliki pengalaman dalam SQL adalah hal yang wajib. Begitu juga bahasa pemrograman lainnya.

Baca juga: 10 Bahasa pemrograman yang paling banyak dicari tahun 2020

2. Kemampuan matematika

Sebagai seorang Data Analyst, kamu pasti akan banyak berhubungan dengan data. Oleh karena itu, kamu akan memerlukan kemampuan matematika, dan statistik yang sangat baik. Kamu juga perlu memiliki kemampuan dalam menjabarkan angka ke dalam grafik, tabel, dan elemen grafis lainnya.

3. Menganalisa, menyajikan, dan menginterpretasi data

Seorang Data Analyst bertugas untuk menganalisa, dan menerjemahkannya ke dalam laporan yang dapat dipahami demi kepentingan bisnis. Oleh karena itu, tentu kamu harus mampu menganalisa, dan menginterpretasikan data dengan sangat baik.

4. Kemampuan dalam menggunakan Adobe Campaign

Adobe Campaign merupakan serangkaian solusi yang membantu mempersonalisasi, dan mengirimkan campaign ke jaringan online dan offline. Untuk menjadi Data Analyst yang sukses, kamu perlu memahami software Adobe Campaign dengan baik untuk memungkinkanmu mengelola data dan memungkinkanmu memantau campaign antar jaringan.

5. Data warehousing 

Data warehousing adalah proses pembuatan data warehouse atau tempat penyimpanan virtual dan sistem organisasi untuk data perusahaan. Seringkali tidak jarang tempat penyimpanan data ini akan dikelola oleh data analyst dengan tugas utamanya untuk memantau data dan memelihara pengamanan dan akses yang sesuai. 

Soft skills yang harus dimiliki Data Analyst

data analyst - EKRUT
Seorang data analyst harus memiliki kemampuan berpikir kritis untuk mendukung pekerjaannya - EKRUT

Selain hard skills, untuk bisa menjadi data analyst handal juga diperlukan soft skills yang mumpuni. Beberapa soft skills Data Analyst yang harus kamu miliki yaitu:

1. Akurasi dan detail

Dalam hal menganalisis, dan menyajikan data, kamu harus bisa memerhatikan data dan hasilnya dengan sangat teliti serta memastikan keakurasiannya.

Pasalnya, kesalahan dalam informasti yang diterima dari data yang kamu olah dapat menyebabkan kesimpulan yang salah, dan dapat membuang-buang waktu serta uang.

2. Dapat bekerja sama tim

Dalam suatu tim, untuk mencapai tujuan bersama diperlukan suatu kerjasama dari anggota-anggota yang ada di dalamnya. Pentingnya menjalin kerjasama dalam organisasi akan berdampak positif terhadap kinerja yang efektif sehingga seorang data analyst juga dituntut untuk dapat bekerja sama tim dengan baik.

Baca juga: Semakin diminati, begini cara menjadi Data Analyst handal

3. Mampu berpikir logis dan metodis

Seorang Data Analyst harus mampu berpikir logis, dan metodis guna memudahkannya dalam menganalisis data-data yang ia miliki dengan rapih serta teratur.

4. Memiliki kemampuan analisis yang baik dan kreatif

Pengumpulan data di era digital akan berdampak pada data set yang sangat besar. Kamu tentunya harus memiliki teknik analisis yang baik dan kreatif agar mampu mengelolanya dengan efisien.

5. Perhatian terhadap detail 

Perhatian yang cermat terhadap detail adalah keterampilan yang penting bagi Data analyst. Sebab kamu harus menganalisa kode atau detail teknisnya dengan membaca dan menilai coding yang rumit atau struktur yang teknikal.  

Nah, setelah mengetahui skills data analyst yang diperlukan, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal? Atau kamu justru sudah memiliki pengalaman di bidang analisis data? Cobalah untuk bergabung dengan situs talent marketplace, dengan begini kamu akan membuka lebar peluangmu untuk dilirik oleh perusahaan yang cocok dan membantumu untuk terus mengembangkan karier.

data analyst - EKRUT
Last update: 21 August 2020

Sumber;

 

Tags

Share